Home Sosial Media 5 Tips Buat Feed Instagram yang Menarik

5 Tips Buat Feed Instagram yang Menarik

Di era digital ini, salah satu cara “berekspresi” ditampilkan lewat media sosial. Salah satu media sosial yang digandrungi anak muda saat ini adalah Instagram. Berbondong-bondong pemilik akun menyuguhkan feed Instagram yang menarik agar semakin banyak orang yang menjadi followers atau memberikan like pada akun mereka.

Secara psikologis, feed yang tidak rapi sering membuat pemilik akun tidak nyaman. Begitu pula orang-orang yang mengikuti. Hal ini karena Instagram merupakan jenis sosial media yang berupaya untuk “aesthetic pleasure”. Banyak orang berharap bisa terhibur lewat konten visual dari Instagram.

Nah, kali ini, kita akan membantu kalian untuk mempercantik feed Instagrammu agar lebih astetik, cantik, dan menarik. Yuk, simak ya!

1. Menentukan Tema

cara membuat feed instagram menarik
Sumber foto : provoke-online.com

Kalian harus memiliki karakter yang ingin kalian tonjolkan dalam sosial media kalian. Maka, sebelum memposting foto, ada baiknya kalian menentukan tema dari foto-foto koleksimu. Kamu bisa memilih tema dari hal-hal yang kamu sukai, hobimu, atau rutinitasmu.

Misal kamu suka mengikuti kegiatan sosial, kalian bisa memposting event-event sosial yang pernah kalian ikuti. Dalam caption foto, kalian juga bisa menyertakan cerita singkat dari kegiatan tersebut. Atau bisa saja kamu orang yang suka mencoba cafe-cafe baru dan unik. Kalian juga bisa mengunggahnya.

Jika kamu kesulitan untuk menentukan satu tema besar, kamu bisa asal mengunggah foto apapun asalkan dengan filter yang senada.

2. Menggunakan Filter Serupa

cara membuat feed instagram menarik
Sumber foto : bukugue.com

Kalian bisa memadukan tone warna yang kalian sukai. Kunci agar feed Instagram kalian menjadi bagus, dengan tetap konsisten menggunakan tone atau filter yang sama, serupa, atau yang masih saling ‘melengkapi”. Semisal kalian menggunakan tone dengan dominasi warna merah, kuning, dan coklat. Maka kalian harus mendominasi posting dengan ketiga tone warna tersebut.

Baca juga: 10 Aliran Fotografi

Yang perlu diperhatikan adalah tata cara editing yang kalian gunakan juga harus sama. Mulai dari tingkat cahaya, kontras dan eksposure yang hampir sama. Jika kamu kesulitan untuk mengkombinasikan, kamu bisa langsung menggunakan filter yang ada di aplikasi editing seperti VSCO.

3. Menggunakan ukuran foto yang sama

cara membuat feed instagram menarik
Sumber foto : talkdaily.id

Kalian juga harus memperhatikan kesamaan ukuran dari foto-foto yang akan masuk dalam  feed Instagram. Hal ini karena ukuran foto yang tidak sama akan terlihat tidak rapi. Kalian bisa menentukan ukuran seperti apa yang akan konsisten kalian gunakan. Bisa portrait atau ukuran normal yang tersedia di Instagram. Kalian juga bisa memberikan editing berupa frame agar terlihat lebih tertata.

Baca juga: Cara Melakukan Teknik Long Exposure dengan Shutter Speed

Agar foto kalian tidak blur atau pecah saat di zoom in, kalian dapat menggunakan aplikasi Squaready untuk membantu kamu dalam menyamakan ukuran foto sebelum di unggah ke Instagram kamu.

4. Memperhatikan Kualitas Gambar

Ukuran foto ig
Sumber: saung.net

Setelah feed kalian punya ‘konsep’, kalian juga harus memperhatikan kualitas dari foto-foto tersebut. Agar fotomu tak pecah sesuaikan ukuran foto yang di upload ke Instagram.

5. Jangan Membuat Collages Foto

cara membuat feed instagram menarik
Sumber foto : grandegranola.com

Kebanyakan orang memilih untuk menggabungkan foto menjadi satu agar terlihat unik. Namun, hal tersebut justru membuat tampilan feed tidak seimbang. Pada bagian lain, akan terlihat penuh tapi di bagian lain terlihat sepi. Feed kalian justru akan terlihat tidak proporsional.

Baca juga: 7 Macam Komposisi Fotografi

Bagaimana? Tidak sulit bukan memperindah feed-mu? Dengan feed yang lebih rapi dan astetik, semakin besar potensi like dan followers yang akan kamu miliki. Selamat mencoba, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Apa itu HPP (Harga Pokok Penjualan) dan Penjelasannya

Seorang praktisi bisnis perlu memahami apa itu HPP dan bagaimana cara menghitungnya. Ini akan memberikan keuntungan bagi pebisnis tersebut dalam mengatur sumber daya dan...

Mengenal Apa Itu Jurusan Sastra Indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan Pramoedya Ananta Toer, Buya Hamka, Sapardi Djoko Damono, Chairil Anwar, Kridalaksana, atau Gorys Keraf? Nama-nama tersebut tentunya sudah gak...

Mengenal Teori Motivasi dari Para Ahli Psikologi

Motivasi, sebuah kata yang tidak asing lagi di telinga kita. Secara sederhana, motivasi dapat diibaratkan sebagai dorongan, penggerak, pemicu, atau alasan yang dapat mengarahkan...

5 Langkah Praktis Cara Membuat Anggaran Bisnis

Cara membuat anggaran bisnis sering jarang diperhatikan para praktisi usaha. Apalagi ketika masih berupa usaha mikro atau bisnis kecil. Padahal, sebenarnya ini adalah fondasi...