Home Tugas Contoh Motivation Letter Serta Cara Membuatnya

Contoh Motivation Letter Serta Cara Membuatnya

Jika kamu ingin mengajukan suatu beasiswa atau melamar kuliah di kampus tertentu, biasanya kamu disuruh untuk membuat motivation letter sebagai salah satu bentuk persyaratan. Sayangnya, banyak di antara pelamar yang tidak lolos seleksi karena motivation letter yang tidak tepat. Nah, berikut ini adalah cara menulisnya yang bisa kamu ikuti serta beberapa contohnya.

Pengertian Motivation letter

Contoh motivation letter
Sumber: Alexas_Fotos from Pixabay

Motivation letter adalah sejenis surat yang bercerita tentang deskripsi diri sendiri yang menjelaskan mengapa dirimu merupakan kandidat yang sesuai untuk bidang tertentu. Di dalamnya kamu berhak menulis prestasi, organisasi yang diikuti, serta potensi pada bidang tertentu. Selain itu, motivation letter juga berisi latar belakang kehidupan, pendidikan, tujuan hidup, serta kontribusi diri.

Motivation letter harus ditulis dengan percaya diri karena di dalamnya bertujuan untuk mempromosikan diri. Sehingga sebisa mungkin ditulis dengan cara yang unik dan menarik. Meskipun begitu, penulisannya harus memperhatikan prosedur penulisan yang benar, serta ditulis dalam bahasa yang singkat, jelas, dan padat.

Perlu diketahui bahwa motivation letter bukanlah curriculum vitae yang diceritakan dalam bentuk paragraf. Oleh karena itu, tidak perlu menceritakan semua prestasi dan kegiatan yang telah dilakukan, melainkan tulislah motivasi dan minat yang kamu miliki di dalamnya.

Baca juga: Cara Membuat Essay 

Cara Membuat Motivation letter

Sebelum memulai menulis motivation letter, sebaiknya kamu menyediakan waktu untuk melakukan brainstorming ide dan membuat konsep tulisan. Berikut adalah daftar topik yang dapat kamu jadikan arahan yang tepat untuk menulis motivation letter.

  1. Pencapaian terbaik yang pernah diperoleh dan alasan mengapa pencapaian tersebut dianggap sebagai pencapaian terbaik. Pencapaian di sini memiliki arti yang luas. Tidak hanya pencapaian yang mendapatkan penghargaan saja, melainkan yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan kamu.
  2. Keterampilan dan kompetensi yang dimiliki yang berbeda dengan orang lain, serta upaya untuk mengembangkan hal tersebut.
  3. Identifikasi buku-buku, film, atau karya seni yang menjadi favorit kamu dan alasan memilihnya menjadi favorit.
  4. Peristiwa sulit yang pernah dialami dan cara melewatinya.
  5. Peristiwa yang harus membuat kamu berjuang keras untuk mencapai satu tujuan dan akhirnya berhasil.
  6. Kegagalan yang pernah dialami setelah bekerja keras dan alasan mengapa kegagalan itu bisa terjadi.
  7. Impian di masa depan yang ingin dicapai.

Adapun tips dan trik yang dapat digunakan dalam menulis motivation letter yang baik dijelaskan sebagai berikut.

  1. Membuat alur cerita yang baik supaya dapat memberikan kesan yang baik dan mudah dipahami oleh pembaca.
  2. Isi motivation letter menceritakan secara singkat mengenai latar belakang kehidupan dan pendidikan.
  3. Fokus pada satu aspek terbaik yang dimiliki atau cerita terbaik dalam hidup sehingga pembaca benar-benar bisa mengenal kamu melalui motivation letter yang telah dibuat. Di dalamnya penting untuk diketahui bahwa pembaca tahu topik yang ingin diangkat oleh penulis, sehingga sebisa mungkin, alur dari isi motivation letter dibuat runtut dari awal hingga akhir.
  4. Membuat lebih hidup dengan menulisnya semenarik mungkin untuk dibaca.
  5. Tidak hanya bercerita di dalam motivation letter, tetapi juga perlihatkan.
  6. Motivation letter ditulis dengan jujur dan terbuka. Berceritalah di dalamnya seolah-olah sedang berhadapan dengan panitia/dewan juri. Namun, ritme harus diatur dengan baik supaya tulisan mengalir secara alami dan tidak terkesan dibuat-buat.
  7. Maksimalkan jumlah kata yang sesuai dengan syarat yang telah ditentukan.
  8. Terakhir, menyunting motivation letter yang kamu buat sebelum menyerahkannya. Kamu bisa meminta bantuan orang lain untuk menyunting karena orang lain terkadang lebih jeli dalam menangkap kesalahan kecil yang kamu buat.

Contoh Motivation letter

5 contoh motivation letter
Sumber: loufre from Pixabay

Berikut adalah motivation letter contoh yang dapat kamu jadikan referensi dalam membuatnya. Contoh berikut ditulis untuk tujuan yang berbeda-beda.

Contoh motivation letter beasiswa

Berikut adalah contoh motivation letter beasiswa yang biasanya menjadi syarat untuk mengajukan beasiswa.

Kepada Yth.

Panitia Seleksi Beasiswa Mizan 2019/2020

Di tempat.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sebelumnya, izinkan saya mengucapkan terima kasih kepada panitia seleksi beasiswa Mizan 2019/2020 karena telah memberikan kesempatan kepada saya untuk mencoba pengalaman baru bersama mengikuti seleksi beasiswa ini.

Perkenalkan saya Nur Salsabila yang biasanya dipanggil Sasa. Saya berasal dari Banyuwangi, anak keempat dari lima bersaudara. Saya lahir pada tanggal 25 Juli 1999 dari pasangan Suyono dan Siti Aminah.

Saya meniti pendidikan saya selama 12 tahun di Banyuwangi, mulai SD hingga SMA. Alhamdulillah, ketika SMA saya bisa diterima di SMA favorit se-kabupaten Banyuwangi, yaitu SMA N 1Genteng. Saya mulai aktif kegiatan ekstrakurikuler ketika SMA, khususnya di bidang kepramukaan hingga menjabat sebagai kerani putri atau sekretaris.

Saat ini, saya sedang belajar di Universitas Islam Negeri Malang jurusan Manajemen semester V. Selain kuliah, saya juga aktif di organisasi Koperasi Mahasiswa Kampus sebagai anggota. Meskipun aktif berorganisasi, saya juga senang untuk mengikuti lomba menulis essay untuk menyalurkan opini dan mengasah jiwa menulis saya. Alhamdulillah, saya pernah mengukir prestasi sebagai juara 2 lomba esai koperasi se-Kabupaten Malang.

Saya memiliki cita-cita untuk menjadi seorang business women yang bisa menyerap banyak tenaga kerja dan memberdayakan orang-orang sekitar saya. Alasan saya menjadi seorang business women karena selain bekerja saya juga bisa mengembangkan diri saya. Selain itu, saya juga bisa membantu banyak orang yang sedang membutuhkan pekerjaan serta dapat berkontribusi untuk mengurangi pengangguran di Indonesia.

Saya tahu bahwa itu bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan kerja keras, usaha dan doa yang kuat untuk mencapai cita-cita saya. Oleh karena itu, melalui organisasi koperasi kampus yang saat ini saya ikuti, saya bisa banyak belajar tentang pengelolaan sumber daya manusia, keuangan, serta waktu sebagai bekal untuk saya mencapai cita-cita saya.

Berdasarkan hal tersebut, saya percaya bahwa saya adalah kandidat yang layak untuk menerima beasiswa ini. Masa ini adalah masa di mana saya harus aktif melakukan hal-hal bermanfaat. Terus belajar, terus bergerak, terus berusaha, dan terus berdoa. Saya yakin, Allah pasti akan menolong hamba-Nya.

Demikianlah motivation letter ini saya buat untuk dijadikan sebagai pertimbangan. Terima kasih saya ucapkan atas perhatiannya.

Baca juga: Contoh Kata Pengantar

Contoh motivation letter untuk magang

Berikut adalah contoh motivation letter untuk magang yang dapat kamu jadikan referensi.

Kepada Yth.

Tim Penyeleksi Program Magang

Di tempat.

Nama saya Nur Salsabila, mahasiswa manajemen di Universitas Islam Negeri Malang semester 5. Saya lahir di Banyuwangi pada tanggal 25 Juli 1999. Melalui motivation letter ini saya bermaksud untuk mendaftar sebagai calon pemagang online yang diadakan oleh Syncore Indonesia. Saya ingin mengaplikasikan ilmu akuntansi yang pernah saya terima di perkuliahan melalui kegiatan magang online ini.

Saya adalah tipe orang yang sangat ingin tahu tentang hal yang baru. Saya sangat ingin merasakan bagaimana menjalani aktivitas sebagai pemagang. Oleh karena itu, saya mencoba memberanikan diri untuk mengikuti program magang akuntansi online ini agar lebih mengetahui aplikasi ilmu akuntansi lebih dalam lagi.

Apabila saya diterima dalam program magang online ini saya akan berusaha bertanggung jawab menyelesaikan atas tugas yang diberikan kepada saya dan saya akan berusaha melakukan sebaik mungkin berdasarkan kemampuan saya.

Harapan saya setelah program magang ini selesai adalah kemampuan saya dalam menyusun laporan keuangan semakin baik, sehingga saya dapat meningkatkan kualifikasi yang ada pada diri saya yang saya harap dapat berguna untuk kehidupan saya di kemudian hari.

Selain itu saya juga berharap jika program magang ini telah selesai, akan ada program magang seperti ini lagi, karena di tengah persaingan global para pemuda-pemuda perlu untuk meningkatkan kemampuan yang ada pada mereka. Diharapkan dengan adanya program magang seperti ini mereka dapat lebih meningkatkan kemampuan mereka sebagai bekal masa depan.

Demikian motivation letter ini saya buat sebagai bahan pertimbangan. Besar harapan saya untuk dapat diterima pada program magang online ini, atas perhatian Bapak/Ibu saya sampaikan terima kasih.

Contoh motivation letter seleksi perguruan tinggi

Berikut adalah contoh motivation letter Bahasa Indonesia untuk seleksi masuk perguruan tinggi.

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Pimpinan Universitas Brawijaya

Di tempat.

Saya bermaksud melamar dalam program magister Manajemen Bisnis, Universitas Brawijaya tahun akademik 2019/2020 melalui motivation letter ini. Saya lulus dari Jurusan Manajemen, Universitas Islam Negeri Malang.

Fokus saya ketika menempuh kuliah sarjana adalah manajemen sumber daya manusia dan telah berpartisipasi dalam kompetisi seperti esai nasional, program magang online, dan makalah ilmiah. Hal tersebut dibuktikan dengan penghargaan yang telah saya peroleh melalui kompetisi esai nasional pada tahun 2019.

Saya sangat menyukai penelitian di bidang pengembangan manusia untuk meningkatkan sumber daya manusia. Topik skripsi saya juga berkaitan dengan pengembangan sumber daya manusia. Saya juga pernah menjadi bagian organisasi koperasi kampus bidang kaderisasi yang berkaitan dengan pengembangan anggota organisasi. Melalui pengalaman ini saya bisa belajar banyak tentang manajemen sumber daya manusia, bekerja sama di dalam tim, manajemen waktu, dan memimpin tim.

Ketertarikan dan kemauan saya untuk berfokus pada ilmu manajemen yang lebih luas membuat saya ingin melanjutkan studi saya di jenjang magister jurusan manajemen bisnis Universitas Brawijaya. Universitas Brawijaya merupakan salah satu universitas terbaik di jawa timur di bidang ekonomi bisnis. Hal ini memungkinkan saya untuk bisa terus mengembangkan ilmu saya di bidang ilmu manajemen.

Saya mengerti akan ada banyak pesaing yang memiliki tujuan sama dengan saya, tetapi saya yakin dengan izin Allah, serta upaya dan kemampuan yang saya miliki pasti akan ada jalan bagi saya. Karena itu, saya merasa terhormat apabila saya diterima di program magister ini dan saya yakin kemungkinan saya berhasil dalam menyelesaikan program ini sangat tinggi.

Demikian motivation letter ini saya buat sebagai bahan pertimbangan. Saya berharap besar untuk dapat diterima di program magister ini. Terima kasih atas segala perhatian Bapak/Ibu.

Contoh motivation letter volunteer

Berikut adalah contoh motivation letter Bahasa Indonesia untuk mendaftar volunteer

Kepada Yth.

Ketua Panitia Relawan Banyuwangi Ayo Mengajar

Di tempat.

Nama saya Nur Salsabila dan mahasiswa manajemen di Universitas Islam Negeri Malang. Saya menanggapi panggilan untuk menjadi relawan Banyuwangi Ayo Mengajar. Peluang ini menarik bagi saya karena saya memiliki keinginan alami untuk menjadi seorang pengajar.

Saya tumbuh dibesarkan dari ayah seorang guru. Melihat beliau memiliki dedikasi yang tinggi dalam mendidik muridnya, saya menjadi terinspirasi untuk berkontribusi dalam pendidikan suatu saat nanti. Selain itu, saya juga senang mengajari teman-teman saya yang kesulitan dalam belajar. Mereka merasa lebih paham ketika saya yang menjelaskan dibandingkan dengan teman yang lainnya.

Saya tertarik mengikuti program Banyuwangi Ayo Mengajar ini karena saya juga sedang berdomisili di Banyuwangi. Selain itu, karena yang diajar adalah anak-anak sekolah mulai SD hingga SMA, saya ingin membuat mereka termotivasi untuk terus belajar dengan mengenalkan mereka tentang dunia luar sekolah yang semakin modern. Saya ingin anak-anak sekolah di Banyuwangi memiliki pikiran yang terbuka akan hal baru dan memiliki wawasan yang luas.

Melalui kegiatan ini, saya dapat menyalurkan bakat saya dalam mengajar dan dapat ikut berkontribusi dalam dunia pendidikan meskipun hanya sebagai bagian kecil. Saya merasa akan menjadi aset bagi pemerintahan Banyuwangi dalam bidang meningkatkan pendidikan daerah.

Demikian motivation letter ini saya buat sebagai bahan pertimbangan relawan Banyuwangi Ayo Mengajar. Saya berharap bisa menjadi bagian dari relawan ini. Terima kasih.

Contoh motivation letter organisasi

Kepada Yth.

Ketua Organisasi Koperasi Kampus

Di tempat.

Saya, Nur Salsabila, bermaksud mengajukan permohonan untuk mengikuti kegiatan organisasi koperasi kampus sebagai anggota melalui motivation letter ini. Berdasarkan pengalaman dan wawasan yang saya miliki sebelumnya, saya percaya bahwa saya layak untuk menjadi anggota Organisasi Koperasi Kampus.

Saya pernah mengikuti organisasi Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen, sehingga saya memiliki pengalaman dalam dunia organisasi. Dengan menjadi anggota organisasi Koperasi Kampus, saya dapat memperluas wawasan saya serta lingkup pergaulan saya.

Sebagai anggota organisasi koperasi nantinya, saya akan melakukan hal yang terbaik untuk fakultas, organisasi, dan mahasiswanya. Berikut adalah analisis SWOT yang saya miliki sebagai bahan pertimbangan.

Strengths

Memiliki tanggung jawab, tanggap, dan memiliki komitmen yang kuat. Apabila mengalami kesulitan, saya tidak mudah menyerah, sabar, dan telaten. Selalu tepat waktu dan memiliki tingkat kepedulian yang tinggi.

Weakness

Kurang bisa berbicara di depan umum, cenderung suka mengatur berbagai hal, dan tidak mudah mempercayakan pekerjaan kepada orang lain.

Opportunity

Memiliki pergaulan yang luas dalam mengembangkan diri dan mempunyai semangat tinggi untuk terus belajar dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Threat

Adanya sifat moody terkadang membuat rencana tidak berjalan dengan baik.

Demikian motivation letter ini saya buat sebagai bahan pertimbangan untuk menerima saya sebagai anggota. Saya akan memberikan dedikasi terbaik yang saya miliki apabila saya diberi kesempatan untuk bergabung menjadi anggota koperasi kampus. Surat ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan mohon maaf apabila terdapat banyak kesalahan.

Baca juga: Cara Membuat Jurnal yang Benar

Nah, itulah penjelasan tentang motivation letter dan beberapa contohnya yang bisa membantu kamu gunakan untuk menyusunnya dengan berbagai tujuan. Semoga bermanfaat dan sukses!


 Sumber:

Rachmawati, I. 2017. Lolos Beasiswa Unggulan ke Amerika. Jakarta: Bentang Pustaka.

Devi
Devi
Saya adalah mahasiswi dari Universitas Brawijaya. Bisa menulis artikel ilmiah itu menjadi bekal penting dalam dunia pendidikan terutama di perguruan tinggi untuk bisa berprestasi dan mengembangkan diri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Pakaian Adat Banten Serta Pembahasannya

Banten sebagai provinsi yang dulunya menjadi bagian dari Jawa Barat memiliki kebudayaan yang pastinya dipengaruhi oleh budaya Jawa Barat atau Sunda. Seperti pada pakaian...

5 Pakaian Adat Kalimantan Tengah Serta Pembahasannya

Tidak banyak yang tahu jika Kalimantan Tengah merupakan provinsi yang masih menyimpan banyak keragaman hayati di Taman Nasional Tanjung Puting. Selain keragaman hayati yang...

Pakaian Adat Nusa Tenggara Barat Serta Pembahasannya

Nusa Tenggara Barat atau seringkali disingkat menjadi NTB terdiri dari beberapa suku yang mendiami wilayah tersebut. Suku-suku tersebut adalah suku Sasak, suku Bima, dan...

Contoh Cover Makalah

Sebagai siswa atau mahasiswa, mungkin kamu sering mendapatkan tugas untuk membuat makalah, baik secara individu ataupun kelompok. Dan pasti tidak terlepas dari pembuatan cover...

Siklus Batuan Beserta Penjelasannya

Batuan mengalami siklus yang biasa disebut siklus batuan. Batu dikenal sebagai benda yang cukup keras. Ketika kamu menemukan batu di halaman rumah, cobalah untuk...