Home Perkuliahan Tugas Contoh Laporan PKL yang Baik dan Benar

Contoh Laporan PKL yang Baik dan Benar

Jika kamu tidak tahu apa itu PKL, PKL adalah singkatan dari Pelatihan Kerja Lapangan. PKL juga sering disebut sebagai praktik kerja lapangan; seperti namanya pelatihan kerja lapangan adalah kondisi dimana para siswa dilatih untuk terjun langsung di dunia kerja (lapangan kerja).

Pelatihan ini biasanya diterapkan bagi para mahasiswa, namun jika kamu mengambil sekolah menengah kejuruan atau yanng biasa kita sebut dengan SMK, maka kamut juga akan menghadapi praktik kerja lapang ini. Pada tingkatan perguruan tinggi, PKL merupakan suatu bentuk sistematis dan sinkron dari jurusan keahlian yang dipilih oleh setiap mahasiswanya dengan program yang diberikan oleh sekolah.

Nah umumnya setelah melaui pelatihan kerja lapangan ini, maka kamu diharuskan untuk membuat sebuah laporan yang menjelaskan berbagai kegiatan dan tugas yang telah kamu arungi selama masa praktek ini.

Jadi secara garis besar, laporan ini dapat dikatakan hampir menyerupai yang namanya karya atau tulisan ilmiah. Perlu diketahui, laporan ini wajib dibuat dan masuk sebagai penilaian sekolah dalam kegiatan pelitihan. Maka dari itu jika tidak tahu cara membuat laporan PKL, beruntunglah kamu menemukan artikel ini! Karena kali ini, kami akan memberikan contoh laporan PKL.

Tapi Tentunya, kami tidak hanya akan memberikan contoh saja, kamu juga harus dibekali dengan maksud diadakannya pelatihan ini. Jadi kamu tidak bermalas-malasan saat menjalankannya karena mengerti dengan benar maksud atau makna dari PKL.

Tujuan PKL

Pelatihan Kerja Lapangan
Sumber: smkn1pugaan.sch.id

Pada umumnya, jika kita belum pernah memasuki dunia kerja yang sesungguhnya, kita cenderung untuk meremehkan dan menganggap enteng segala sesuatu. Dengan diadakannya PKL, sekolah mengaharapkan para siswanya untuk merasakan “dunia nyata” dengan mengirim mereka langsung menginjak lapangan kerja.

Ingat, dunia kerja memiliki beban yang tak kalah beratnya ketika kamu bersekolah. Berikut adalah tujuan diadakannya PKL:

  • Memperkenalkan para siswa terhadap dunia kerja sesungguhnya.
  • Memupuk sikap profesional dan tanggungjawab yang nantinya sangat diperlukan di lapangan kerja.
  • Memacu daya kreativitas dan produktivitas siswa ketika nantinya mereka masuk ke dalam dunia kerja.
  • Mempelebaar pengetahuan dan wawasan siswa terhadap berbagai hal dalam dunia kerja.
  • Membiasakan para masiswanya untuk belajar berani mengemukakan pemikiran dan pendapat mereka. Tentu saja dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar.
  • Meningkatkan daya kreativitas para siswa dalam menulis suatu karya ilmiah.
  • Sebagai bukti dan pertanggung jawaban para siswa bahwa mereka telah mengukuti dan menyelesaikan PKL.

Contoh Laporan PKL

Sekarang, mari kita masuk ke tema utama kita pada hari, yaitu bagaimana contoh menyusun laporan PKL yang baik dan benar. Cara ini dapat diterapkan oleh para siswa SMK maupun mahasiswa. Pertama-tama yang perlu kamu ketahui adalah beberapa komponen yang pasti selalu ada di dalam sebuah laporan PKL:

  1. Cover atau sampul.
  2. Lembar Pengesahan.
  3. Kata Pengantar.
  4. Daftar Isi.
  5. Isi.
  6. Penutup.
  7. Daftar Pustaka.

Baca juga: Inilah 8 Cara Mudah Membuat Ringkasan

Setelah mengetahui beberapa komponen yang penting di atas, berikutnya kita akan memperlajari secara mendalam mengenai komponen-komponen ini sehingga kamu tidak salah arah saat menulis karya ilmiah satu kali seumur hidup ini.

Cover

Cover laporan PKL.
Sumber: image.slidesharecdn.com

Seperti pada gambar di atas, kamu sekalian bisa melihat bahwa cover atau sampul merupakan salah satu komponen yang selalu ada. Tidak hanya pada laporan PKL saja, semua hal yang menyangkut sebuah media cetak selalu memiliki sampul. Coba bayangkan, bagaimana jadinya jika sebuah novel tidak pernah memiliki sampul? Apakah kamu akan tertarik untuk membacanya? Jawabannya adalah tidak.

Tapi ingat, cover pada sebuah laporan PKL harusnya terlihat seserhana dan se-formal mungkin. Tulislah judul dari karya ilmiah yang kamu tulis menjadi pembuka dari cover, lampirkan logo dari sekolah kalian masing-masing, lampirkan data pribadi, dan yang terakhir jangan lupa menulis kejuruan kalian masing-masing.

Lembar Pengesahan

Lembar pengesahan laporan prakerin.
Sumber: image.slidesharecdn.com

Lembar pengesahan adalah lembar yang berisikan pengesahan dari berbagai pihak yang berwenang dan terkait dengan pelatihan yang kamu telah laksanakan. Di dalam lembat pengesahan akan tercantum tanda tangan serta nama-nama penting seperti halnya kepala sekolah (SMK) atau rektor (mahasiswa), pembimbing, serta kepala departemen jurusan.

Kata Pengantar

Contoh kata pengantar laporan PKL.
Sumber: i1.wp.com

Pada umumnya, kata pengantar berisikan ucapan syukur dan ucapan terima kasih sang penulis kepada orang-orang yang telah berperan penting dalam pembuatan karya tulis mereka. Karena laporan ini berkaitan dengan sekolah, maka ucapan syukur dan terima kasih akan ditujukan kepada guru dan dosen yang telah membimbin kalian.

Daftar Isi

Contoh daftar isi laporan PKL
Sumber: nesabamedia.com

Nah, kalau yang ini kami yakin bahwa kamu sekalian pasti sudah tahu benar mengenai daftar isi. Seperti namanya, daftar isi merupakan daftar urut dari keseluruhan laporan yang ditulis. Ingat jangan sampai ada yang kelupaan, ya!

Isi

Isi laporan PKL.
Sumber: scribdassets.com

Tak perlu ditanyakan lagi bukan apa itu isi? Bukan Institut Kesenian Indonesia, loh! Isi merupakan poin utama dari suatu karya ilmiah; tempat dimana semua pemikiran, ide, dan gagasan kalian lampirkan lembar demi lembar. Pada umumnya seperti inilah urutan isi dalam sebua laporan PKL:

  • BAB I      : Pendahuluan.
  • BAB II     : Gambaran umum perusahaan.
  • BAB III    : Laporan kegiatan.
  • BAB IV     : Penutup

Penutup

Contoh penutup pada laporan PKL
SUmber: 1.bp.blogspot.com

Di dalam penutup, pada umumnya kamu akan melampirkan kesimpulan dan juga saran. Kesimpulan merupakan dari tempat dimana kalian melakukan PKL; saran, merupakan saran pribadi kalian kepada tempat perusahaan tersebut.

Baca juga: Jenis Metode Penelitian, Pengertian dan Contohnya

Daftar Pustaka

Contoh daftar pustaka laporan prakerin
Sumber: image.slidesharecdn.com

Jangan lupa untuk membuat daftar pustaka ya kamu, ingat pustaka bukan pusaka. Kalau pusaka barang bersejarah, dong! Dalam daftar ini kalian diharuskan untuk melampirkan daftar dari bahan-bahan yang kalian pakai sebagai rujukan, seperti halnya buku dan tulisan ilmiah lainnya.

Sumber foto: image.slidesharecdn.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Mengenal Teori Motivasi dari Para Ahli Psikologi

Motivasi, sebuah kata yang tidak asing lagi di telinga kita. Secara sederhana, motivasi dapat diibaratkan sebagai dorongan, penggerak, pemicu, atau alasan yang dapat mengarahkan...

5 Langkah Praktis Cara Membuat Anggaran Bisnis

Cara membuat anggaran bisnis sering jarang diperhatikan para praktisi usaha. Apalagi ketika masih berupa usaha mikro atau bisnis kecil. Padahal, sebenarnya ini adalah fondasi...

Yuk Ketahui Paradigma Penelitian Kualitatif

Masih banyak dari kita yang kurang mengerti apa itu paradigma. Di beberapa bahan bacaan tingkat lanjut dalam jurnal, dalam karya ilmiah tentu beberapa kali...

Mengenal Apa Itu Jurusan Biologi

Setelah lulus SMA ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi tapi masih bingung ke jurusan apa? Suka dengan dunia Biologi tapi ingin mengetahui gambaran kuliahnya seperti...