Contoh Laporan PKL SMK dan Mahasiswa

Untuk kamu, para siswa SMK tahun kedua yang telah menjalani Praktik Kerja Lapangan atau PKL, kamu pasti sedang mempersiapkan laporan untuk kegiatan PKL yang baru saja kamu selesaikan ya. Nah, seperti apa sih contoh laporan PKL di tingkat SMK? Setiap sekolah mungkin memiliki format khusus dalam menyusun laporan PKL. Tetapi secara umum, poin-poin utama yang akan dibahas pada tulisan ini akan memberikan referensi yang bisa membantu kamu dalam menyusun laporan PKL.

Begitu juga dengan beberapa mahasiswa yang harus melakukan kegiatan magang atau PKL sebagai syarat kelulusan akademiknya, kalian pasti juga sedang berjibaku dalam menyusun laporan PKL ya. Oleh karenanya, kalian perlu tahu terlebih dahulu nih secara umum, apa saja yang harus termuat dalam laporan magang atau PKL di tingkat mahasiswa. Simak terus ya!

Praktik Kerja Lapangan

Praktik Kerja Lapangan
Sumber : rawpixel.com on Freepik

Istilah PKL pasti sudah sering kita dengar dalam berbagai percakapan sehari-hari. Terlebih jika di sekitar kita ada banyak siswa SMK atau mahasiswa. Seperti yang sering kita dengar, PKL adalah akronim dari Praktik Kerja Lapangan yang harus dilakukan oleh para siswa sebagai sarana praktik sekaligus memperkenalkan lingkungan kerja yang akan mereka hadapi sesuai profesi atau bidang keahlian yang mereka pelajari.

Kegiatan PKL, semenjak diterapkannya kurikulum merdeka pada sebagian besar SMK di Indonesia, menjadi lebih menarik dan terintegrasi dengan kebutuhan industri terkait. Dengan menerapkan project based learning, kurikulum baru ini memungkinkan para siswa SMK untuk dapat belajar di sekolah sesuai standar industri yang diharapkan.

Baca juga : Contoh Laporan Penelitian

Jika sebelumnya periode magang atau PKL di SMK hanya dalam 2 – 3 bulan saja, kini kurikulum merdeka mewajibkan para siswa untuk menjalani magang atau PKL selama 6 bulan. Dengan demikian, penyusunan laporan PKL SMK menjadi semakin penting untuk merekam capaian kompetensi siswa yang diharapkan oleh kurikulum merdeka.

Sedangkan di tingkat mahasiswa, khususnya pada program Diploma, mahasiswa tingkat akhir pada program tersebut juga diharuskan untuk mengikuti magang atau PKL. Pada tahap akhir kegiatan PKL, mahasiswa wajib menyusun Laporan PKL dalam bentuk karya tulis ilmiah sebagai syarat untuk memperoleh gelar pendidikan mereka.

Format Laporan

Format Laporan
Sumber : vectorjuice on Freepik

Format penulisan laporan PKL SMK mungkin berbeda-beda, sesuai ketentuan masing-masing sekolah. Format berikut ini bisa kamu gunakan sebagai salah satu referensi untuk kemudian kamu sesuaikan dengan ketentuan di sekolahmu ya.

Pada setiap laporan PKL SMK, pasti selalu memuat bagian awal, bagian isi, dan bagian akhir. Secara detail, setiap bagian akan berisi hal-hal berikut ini.

Bagian Awal berisi cover atau halaman sampul, halaman judul, halaman atau lembar pengesahan, kata pengantar, dan daftar isi. Beberapa struktur laporan PKL SMK mengikutsertakan daftar riwayat hidup dan halaman motto. Sesuaikan dengan kebutuhan laporanmu ya.

Bagian Isi laporan PKL SMK disusun berdasarkan bab, mulai pendahuluan hingga kesimpulan.

Bagian Akhir terdiri atas daftar pustaka dan lampiran kegiatan selama PKL dilakukan.

Sedangkan, pada laporan PKL mahasiswa, susunannya mungkin sedikit lebih banyak karena pada beberapa jurusan di perguruan tinggi laporan PKL mahasiswa juga digunakan sebagai salah satu persyaratan untuk mendapatkan gelar pendidikan. Adapun format umumnya adalah sebagai berikut.

Bagian Awal meliputi :

  • cover atau halaman sampul
  • lembar persetujuan
  • lembar pengesahan
  • kata pengantar
  • daftar isi
  • daftar gambar
  • daftar tabel atau bagan (kalau ada)

Pada bagian ini, setiap instansi pendidikan memiliki susunan yang berbeda-beda. Pada instansi pendidikanmu, mungkin kamu diharuskan untuk menambahkan berita acara bimbingan atau ringkasan pelaksanaan selama PKL dilaksanakan. Dalam hal ini, sesuaikan dengan kebutuhan laporanmu ya.

Bagian Isi susunannya pada tiap instansi pendidikan bisa lebih bervariasi lagi. Tetapi secara umum, bagian isi terbagi atas beberapa bab, yaitu :

  • Bab I Pendahuluan berisi latar belakang program PKL, maksud dan tujuan program PKL, manfaat program PKL, dan ruang lingkup program PKL (lokasi PKL dan jadwal waktu PKL dilaksanakan).
  • Bab II berisi kajian teori yang sesuai dengan topik laporan yang diambil, deskripsi data berupa gambaran umum tempat PKL dilakukan, pelaksanaan PKL, serta analisis dan pembahasannya.
  • Bab III berisi kesimpulan dan saran.

Bagian Akhir meliputi daftar pustaka dan lampiran-lampiran selama masa PKL dilakukan.

Berbagai Contoh Laporan PKL dan Cara Membuatnya

Dalam menyusun laporan PKL, tentunya perlu disesuaikan dengan jurusan atau program studi yang kamu tempuh ya. Setiap jurusan atau program studi pasti memiliki kerangka laporan PKL yang berbeda-beda. Nah, berikut kita sajikan kerangka contoh laporan PKL yang bisa kamu gunakan sebagai referensi.

Contoh Laporan PKL SMK Jurusan Akomodasi Perhotelan

Contoh Laporan PKL SMK Jurusan Akomodasi Perhotelan
Sumber : macrovector on Freepik

Berikut ini contoh kerangka laporan PKL SMK dari Jurusan Akomodasi Perhotelan sekaligus panduan untuk menyusunnya yang bisa kamu jadikan sebagai alternatif referensi.

Laporan Kegiatan Praktik Kerja Industri (Prakerin)

Di Swiss-Belinn Tunjungan, Surabaya [Isikan sesuai hotel yang menjadi lokasi PKL mu]

Disusun oleh : Yusuf Tri Pambudi (Kelas 11 / Akomodasi Perhotelan)

Kerangka Laporan :

  1. Cover / Halaman Judul
  2. Lembar Pengesahan
  3. Halaman Motto (jika diperlukan)
  4. Kata Pengantar
  5. Daftar Isi
  6. BAB I Pendahuluan
  • Latar Belakang

Menjelaskan apa latar belakang dilaksanakannya PKL atau praktik kerja industri, bisa dari sudut pandang sekolah, siswa, maupun mitra atau dunia usaha.

  • Maksud dan Tujuan Prakerin

Menguraikan maksud dan tujuan dilaksanakannya PKL bagi siswa SMK. Pada sub bagian ini, kamu bisa menguraikannya melalui poin-poin penjelasan yang singkat dan jelas.

  • Tujuan dan Kegunaan Laporan

Pada sub bagian ini, kamu bisa menjelaskan tujuan penyusunan laporan sebagai sebuah karya tulis ilmiah dari sudut pandang siswa.

  • Lokasi dan Waktu Pelaksanaan Prakerin

Menjelaskan di mana dan kapan periode kegiatan PKL atau Prakerin dilaksanakan. Deskripsikan juga apa alasan kamu memilih lokasi tersebut, kemudian jelaskan selama periode praktik kerja dilakukan, kamu berada di departemen apa saja. Tuliskan secara detail periode waktu yang kamu habiskan di tiap departemen, jika kamu praktik di lebih dari satu departemen.

  • Metode dan Teknik Penyusunan Laporan

Sub bagian ini boleh kamu tambahkan, boleh juga tidak. Kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan laporanmu ya. Jika kamu memutuskan menambahkan penjelasan tentang metode dan teknik penyusunan laporan, kamu bisa menjelaskan seperti apa metode penyusunan laporan yang kamu gunakan. Misalnya, dengan metode deskriptif, yaitu mendeskripsikan atau memaparkan data yang diperoleh sesuai fakta yang ada di lapangan. Serta, teknik penyusunan laporannya misalnya dengan melakukan observasi partisipatif, wawancara, dan studi literatur.

Baca juga : 5 Artikel Ilmiah Kesehatan

  1. BAB II Gambaran Umum Hotel

Pada bagian ini, kamu bisa memaparkan data-data tentang gambaran umum lokasi PKL yang sudah kamu siapkan atau kamu himpun informasinya sebelumnya. Data-data yang dipaparkan dapat meliputi :

  • Sejarah hotel sejak berdiri hingga kondisi operasional (berapa kamar yang disewakan, jenis-jenisnya dan sebagainya) pada saat kamu melakukan PKL,
  • Visi misi hotel,
  • Serta struktur organisasi sekaligus penjelasan pada setiap jabatan atau posisinya.
  1. BAB III Deskripsi Pelaksanaan Prakerin

Pada bagian ini, kamu bisa mulai memaparkan kegiatan-kegiatan yang kamu lakukan selama masa PKL berlangsung. Seperti, di bagian atau departemen mana kamu ditempatkan, sekaligus menceritakan tugas dan fungsi yang menjadi tanggung jawab departemen tersebut secara terperinci.

Jika kamu berada di departemen Tata Graha atau House Keeping, maka kamu perlu menarasikan informasi seperti, fungsi apa yang dimiliki departemen tersebut dan bagian-bagian tanggung jawabnya (misalnya Linen & Laundry, Public Area & Gardening, Room Attenden, dan Turn Down Service). Paparkan data yang kamu miliki sedetail mungkin untuk menunjukkan pengetahuan dan pengalaman baru yang kamu dapat. Kamu juga bisa memaparkan bagian ini dengan mencantumkan jadwal kegiatan selama PKL di hotel tersebut, kemudian memberi penjelasan terkait itu secara ringkas.

Informasi ini mestinya sudah kamu dapatkan selama melaksanakan PKL, sehingga ketika menyusun laporan, kamu tinggal menceritakan kembali apa saja yang sudah kamu pelajari.

  1. BAB IV Penutup
  • Kesimpulan

Kamu bisa menarik kesimpulan terkait kegiatan PKL atau praktik kerja lapangan yang telah kamu lakukan. Seperti, apa tanggapanmu terhadap praktik kerja industri yang telah kamu lakukan, apa saja manfaat yang bisa kamu ambil, dan sebagainya.

  • Saran

Setelah melalui serangkaian praktik kerja selama berbulan-bulan lamanya, kamu bisa memberi saran untuk perbaikan kinerja hotel yang menjadi tempat magangmu, sekaligus untuk instansi pendidikan atau sekolah yang telah memberikan kesempatan menambah pengalaman terhadap dunia kerja melalui program PKL.

  1. Daftar Pustaka

Tuliskan sumber-sumber data sekunder yang kamu gunakan jika ada.

  1. Lampiran-Lampiran

Lampirkan dokumentasi-dokumentasi yang kamu ambil selama program PKL sebagai informasi tambahan.

Contoh Laporan PKL SMK Jurusan Administrasi Perkantoran

Contoh Laporan PKL SMK Jurusan Administrasi Perkantoran
Sumber : freepik on Freepik

Berikut ini contoh kerangka laporan Prakerin dari Jurusan Administrasi Perkantoran sekaligus langkah-langkah sederhana dalam menyusunnya.

Laporan Kegiatan Praktik Kerja Industri (Prakerin)

Di Sekretariat Daerah Kabupaten Sidoarjo [isikan sesuai nama instansi tempat kamu melakukan PKL]

Disusun oleh : Putri Eka Fatmawati (Kelas 11 / Administrasi Perkantoran)

Kerangka Laporan :

  1. Cover / Halaman Judul
  2. Lembar Pengesahan
  3. Halaman Motto (jika diperlukan)
  4. Kata Pengantar
  5. Daftar Isi
  6. BAB I Pendahuluan
  • Latar Belakang Praktik Kerja Industri

Deskripsikan mengenai latar belakang dilaksanakannya program PKL atau prakerin di SMK kamu. Seperti tadi, kamu bisa gunakan sudut pandang sekolah sebagai instansi pendidikan, atau kamu sendiri sebagai siswa, atau dari sudut pandang pentingnya program ini bagi industri terkait.

  • Ruang Lingkup

Sub bagian ini menjelaskan ruang lingkup laporan prakerin yang kamu susun, meliputi lokasi PKL yang kamu pilih dan periode pelaksanaan PKL.

  • Maksud dan Tujuan

Tuliskan dalam poin-poin uraian apa saja tujuan dilaksanakannya program PKL.

  • Manfaat

Jelaskan apa saja manfaat yang diharapkan dari program PKL yang kamu ikuti.

  1. BAB II Gambaran Umum Perusahaan/Instansi

Bagian ini, pada dasarnya dibuat untuk memberi gambaran umum terkait perusahaan atau instansi yang menjadi lokasi PKL kamu. Jadi, kamu bisa sesuaikan sub babnya sesuai data yang kamu miliki. Poin-poin sub bagian berikut bisa kamu jadikan sebagai referensi.

  • Profil Umum Perusahaan

Di sini, kamu bisa menjelaskan profil perusahaan secara umum. Seperti, nama perusahaan, bergerak di bidang apa, dan lain sebagainya.

  • Sejarah Perusahaan

Paparkan data tentang sejarah singkat perusahaan yang sudah kamu peroleh selama kegiatan PKL dilakukan.

  • Visi dan Misi Perusahaan

Tuliskan kembali visi dan misi perusahaan yang telah kamu catat atau simpan.

  • Struktur Organisasi Perusahaan

Jelaskan bagaimana struktur organisasi perusahaan berikut tugas dan tanggung jawab yang diemban masing-masing struktural. Pada bagian ini, kamu bisa menggunakan bagan untuk memudahkan penjelasan ya.

  • Bidang Kerja Instansi/Perusahaan

Paparkan bidang-bidang kerja apa saja yang terbagi di dalam operasional perusahaan, sekaligus berikan penjelasan terkait tugas dan wewenang tiap bidang.

  1. BAB III Pembahasan
  • Landasan/Dasar Teori

Paparkan teori atau konsep yang kamu pelajari terkait dengan bidang kerja yang kamu lakukan dalam praktik kerja industri. Pada sub bagian ini, hal-hal yang kamu paparkan harus berkaitan dengan bidang kerja yang kamu kerjakan pada PKL mu ya.

Misalnya, kegiatan administrasi kantor yang kamu kerjakan adalah memasukkan atau input data, membuat surat jalan, serta mengagendakan surat masuk dan keluar, maka landasan teori yang kamu paparkan adalah mengenai konsep-konsep yang berkaitan dengan kegiatan administrasi tersebut.

  • Deskripsi Kegiatan Prakerin

Pada sub bagian ini, kamu bisa mulai menarasikan apa saja yang kamu kerjakan selama prakerin berlangsung. Kamu bisa sertakan gambar atau screenshot tugas-tugas yang kamu selesaikan, kemudian memberikan penjelasan terkait hal itu. Selain itu, kamu juga bisa mencantumkan jadwal praktik kamu selama periode prakerin dalam tabel. Kegiatan apa saja yang kamu lakukan setiap harinya akan mudah terbaca dari tabel tersebut.

Jangan lupa berikan penjelasan untuk menghubungkan konsep atau teori dasar yang kamu paparkan sebelumnya dengan praktik yang sudah kamu lakukan selama prakerin. Kamu boleh menjelaskannya dengan menuliskan manfaat apa saja yang kamu peroleh selama prakerin, berkaitan dengan bidang kerja yang kamu pelajari.

  1. BAB IV
  • Kesimpulan

Uraikan kesimpulan yang bisa kamu tarik dari serangkaian kegiatan prakerin yang telah kamu lalui. Kamu bisa gunakan sudut pandangmu sebagai partisipan atau siswa yang mendapatkan berbagai pengalaman melalui program PKL.

  • Saran

Setelah melampaui proses prakerin yang panjang, kamu pasti bisa merefleksikan hal-hal yang mungkin bisa ditingkatkan atau diperbaiki dalam program ini. Kamu bisa menuliskan saran untuk sekolah sebagai penyelenggara program, siswa sebagai sasaran atau target prakerin, dan instansi atau perusahaan terkait sebagai mitra yang memberikan sarana pada program prakerin.

  1. Daftar Rujukan

Tuliskan sumber-sumber rujukan yang kamu gunakan dalam menyusun laporan jika ada.

  1. Lampiran

Lampirkan berbagai dokumentasi atau dokumen tambahan yang telah kamu ambil selama praktik.

Contoh Laporan PKL SMK Jurusan Multimedia

Contoh Laporan PKL SMK Jurusan Multimedia
Sumber : pch.vector on Freepik

Berikut ini contoh kerangka laporan Praktik Kerja Lapangan dari Jurusan Multimedia serta uraian-uraian singkat untuk membuat setiap bagiannya.

Laporan Praktik Kerja Lapangan

Prosedur Mixing Audio Menggunakan Sound Forge Pro

Di Radio Republik Indonesia Surabaya (RRI Surabaya)  [tuliskan nama instansi sesuai lokasi PKL kamu]

Disusun Oleh : Anindya Gina (Kelas 11 / Jurusan Multimedia)

Kerangka Laporan :

  1. Cover / Halaman Judul
  2. Halaman Pengesahan Perusahaan
  3. Halaman Persetujuan Sekolah
  4. Kata Pengantar
  5. Daftar Isi
  6. Daftar Gambar
  7. BAB I Pendahuluan
  • Latar Belakang

Uraikan latar belakang penyusunan laporan PKL kamu. Misalnya, dalam rangka mendukung program praktik kerja lapangan untuk meningkatkan kualitas keluaran SMK sesuai kompetensi yang dibutuhkan industri.

  • Tujuan dan Manfaat

Jelaskan poin per poin yang menjadi tujuan, kemudian manfaat program praktik kerja lapangan yang telah kamu lakukan.

  1. BAB II Gambaran Umum Perusahaan

Pada bagian ini, kamu bisa paparkan mengenai gambaran umum perusahaan yang menjadi lokasi PKL kamu berlangsung. Uraian sub babnya bisa kamu sesuaikan dengan data yang sudah kamu peroleh. Misalnya, seperti berikut,

  • Profil Umum RRI Surabaya

Uraikan dengan ringkas profil RRI Surabaya sebagai sebuah media siaran radio dengan sekian banyak pendengar, apa tujuan yang ingin dicapai dan sebagainya.

  • Sejarah Pendirian RRI Surabaya

Pada sub bagian ini, kamu bisa menguraikan latar belakang pendirian RRI Surabaya dan bagaimana perkembangannya sejak berdiri.

  • Visi dan Misi RRI Surabaya

Tuliskan kembali visi dan misi RRI Surabaya yang telah kamu dapatkan.

  • Aspek Program Siaran

Di sini kamu bisa memaparkan informasi dan data yang telah kamu peroleh tentang program siaran apa saja yang dimiliki RRI Surabaya. Kamu juga bisa menambahkan penjelasan terkait format siaran dan segmentasi target pendengarnya agar informasinya lebih komprehensif.

  • Struktur Organisasi RRI Surabaya

Cantumkan bagan struktur organisasi perusahaan pada sub bagian ini ya.

  • Uraian Tugas RRI Surabaya

Nah, kemudian uraikan tugas-tugas yang diemban masing-masing strukturnya di sini. Atau, kamu bisa juga meletakkannya pada sub bagian sebelumnya.

  1. BAB III Pembahasan

Pada bagian ketiga ini, kamu bisa membagi penjelasan menjadi dua bagian lagi, yaitu landasan teori terkait yang kamu pelajari secara teoritis dan hasil pembelajaran praktis yang kamu peroleh selama magang di perusahaan.

  • Landasan Teori

Beberapa landasan teori yang sesuai dengan judul dalam contoh laporan PKL SMK Multimedia ini adalah sebagai berikut.

  1. Pengertian Prosedur : berisi penjelasan apa itu prosedur, kata kerja yang digunakan dalam judul laporan PKL ini.
  2. Pengertian Audio : berisi paparan tentang audio termasuk macam-macam dan format audio.
  3. Pengertian Mixing Audio : berisi penjelasan secara definitif tentang proses mixing audio.
  4. Perangkat Lunak Sound Forge Pro : berisi uraian tentang sound forge pro, program yang digunakan pada kegiatan PKL dalam laporan ini. Memuat informasi seperti sejarah pengembangannya, tampilan, dan berbagai fitur program.

Baca juga : Baca juga : Pengertian, Metode dan Contoh Studi Pustaka

  • Prosedur/Langkah Kerja

Pada bagian ini, kamu bisa mulai menjelaskan bagaimana prosedur mixing audio menggunakan program sound forge pro, serta apa kendala yang dialami pada saat PKL.

  1. BAB IV
  • Kesimpulan

Uraikan kesimpulan yang bisa kamu tarik dari serangkaian kegiatan PKL yang telah kamu lalui. Misalnya, apa yang telah didapat siswa melalui program PKL. Atau, narasi tentang adanya perbedaan antara teori yang dipelajari di kelas dengan praktik yang dilakukan di perusahaan.

  • Saran

Setelah proses PKL telah dilalui, kamu bisa memberikan saran perbaikan kepada semua pihak yang terlibat dalam pelaksaan PKL. Misalnya, sekolah sebaiknya meningkatkan intensitas kegiatan praktik sesuai standar industri untuk meningkatkan keterampilan siswa-siswinya, dan sebagainya.

  1. Daftar Pustaka

Kamu bisa mencantumkan sumber-sumber rujukan yang kamu gunakan dalam menyusun laporan PKL pada bagian ini.

  1. Lampiran

Dokumen seperti bukti daftar hadir selama PKL, agenda kegiatan setiap harinya, dan dokumentasi lain bisa kamu lampirkan untuk melengkapi laporan.

Contoh Laporan PKL Mahasiswa  

Contoh Laporan PKL Mahasiswa
Sumber : vectorjuice on Freepik

Setelah tadi kita membahas laporan PKL untuk siswa SMK, sekarang kita akan membahas contoh laporan PKL mahasiswa. Apa sih bedanya laporan PKL anak SMK dengan di tingkat mahasiswa?

Pada dasarnya, susunan secara garis besarnya sama. Perbedannya mungkin terletak dalam penyampaian pelaksanaan PKL. Beberapa laporan PKL mahasiswa yang digunakan sebagai salah satu syarat kelulusan, memiliki penjelasan yang lebih dalam terkait kegiatan-kegiatan yang mereka lakukan selama PKL. Seperti berikut ini misalnya.

Laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Pada Unit Program Bina Lingkungan di PT Jasa Marga Tangerang Selatan

Nindi Fatmawati (8104146070)

 

Program Studi Pendidikan Ekonomi (S1)

Konsentrasi Administrasi Perkantoran

Jurusan Pendidikan Ekonomi

Universitas Negeri Jakarta

2019

 

Kerangka Laporan :

  1. Halaman Judul
  2. Lembar Eksekutif (Berisi ringkasan pelaksanaan PKL secara umum, seperti abstrak pada karya tulis ilmiah.)
  3. Lembar Persetujuan Seminar
  4. Lembar Pengesahan
  5. Kata Pengantar
  6. Daftar Isi
  7. Daftar Gambar
  8. Daftar Lampiran
  9. BAB I Pendahuluan
  • Latar Belakang PKL

Berisi uraian tentang program PKL. Kamu bisa menjelaskan apa pentingnya program PKL bagi bidang studi yang sedang kamu pelajari, kemudian mengaitkannya pada lokasi yang kamu pilih sebagai tempat PKL.

  • Maksud dan Tujuan PKL

Berisi uraian tentang maksud dan tujuan yang diharapkan dari program PKL. Seperti, poin-poin apa saja yang diharapkan dari melakukan PKL di Unit Bina Lingkungan Jasa Marga.

  • Manfaat PKL

Berisi penjelasan tentang manfaat PKL bagi mahasiswa sendiri, fakultas atau instansi kampus serta bagi perusahaan.

  • Lokasi dan Waktu Pelaksanaan PKL

Bagian ini dibagi dalam dua penjelasan, yaitu tentang lokasi dan waktu PKL berlangsung. Uraian tentang lokasi berisi tempat dilaksanakannya PKL, yang meliputi nama instansi, alamat, nomor telepon kantor, dan website. Serta, mencantumkan pada bidang atau program apa penempatan PKL kamu. Sedangkan uraian tentang waktu, berisi jadwal PKL yang meliputi tahapan-tahapan yang dilalui dalam persiapan, pelaksanaan, hingga penulisan laporan PKL.

  1. BAB II Tinjauan Umum Tempat PKL

Bagian ini berisi tentang tinjauan atau gambaran umum lokasi PKL. Uraian pada bagian ini misalnya seperti berikut.

  • Sejarah Perusahaan

Menguraikan sejarah PT Jasa Marga dari waktu ke waktu secara mendalam. Termasuk tujuan atau visi misi perusahaan bisa dicantumkan pada sub bagian ini.

  • Struktur Organisasi

Menjelaskan bagaimana struktur organisasi PT Jasa Marga yang meliputi bagan struktur organisasi dan penjelasan masing-masing bidang kerjanya. Pada sub bagian ini pengenalan tentang unit program bina lingkungan bisa dimasukkan.

  • Kegiatan Umum Perusahaan

Berisi uraian tentang bidang usaha PT Jasa Marga.

  1. BAB III Pelaksanaan PKL

Fokus pada bagian ini adalah memaparkan kegiatan-kegiatan yang dilakukan mahasiswa selama PKL berlangsung, yang dapat diuraikan dalam poin-poin berikut.

  • Bidang Kerja

Berisi bidang pekerjaan yang dilakukan oleh mahasiswa dalam praktik kerja lapangan.

  • Pelaksanaan Kerja

Berisi uraian tentang masa pelaksanaan kerja dan narasi apa saja yang dilakukan mahasiswa setiap harinya saat PKL.

  • Kendala yang Dihadapi

Berisi narasi tentang kendala-kendala yang dihadapi selama menjalankan tugas-tugas yang diberikan di perusahaan.

  • Cara Mengatasi Kendala

Berisi narasi mengenai problem solving yang dilakukan oleh mahasiswa dalam merespons kendala yang dihadapi. Penjelasan dan argumentasinya bisa menggabungkan teori atau konsep yang telah dipelajari dengan keadaan nyata yang dialami di lapangan.

  1. BAB IV Penutup
  • Kesimpulan

Berisi simpulan dari seluruh proses PKL yang telah dilakukan.

  • Saran

Berdasarkan pengalaman yang didapat saat PKL, mahasiswa bisa memberikan saran demi perbaikan pelaksanaan program PKL di kemudian hari.

  1. Daftar Pustaka

Sumber referensi yang digunakan dalam penyusunan laporan, disusun secara alfabetis pada bagian ini.

Baca juga: Contoh Paper Tentang Pendidikan

  1. Lampiran-Lampiran

Seluruh dokumen terkait dan dokumentasi penunjang yang diambil selama proses PKL disusun satu per satu dengan memberi judul pada setiap dokumen atau foto.

***

Nah itulah tadi berbagai contoh laporan PKL. Semoga dapat membantu kamu dalam menyusun laporanmu ya.

Artikel Terbaru

Tiars

Tiars

Seorang content writer yang suka menulis topik wisata, pendidikan dan kesetaraan sekaligus mahasiswi Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial di Universitas Jember. Jurusan Ilmu Kesos ini berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Ilmu Kesejahteraan Sosial merupakan ilmu terapan dimana mahasiswa akan belajar bagaimana meningkatkan keberfungsian sosial seseorang dan kesejahteraan masyarakat secara luas. Email: tiar.s998@gmail.com

Tulis Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *