Home Bisnis Contoh Laporan Keuangan Bisnis

Contoh Laporan Keuangan Bisnis

Berapa banyak pengusaha, terutama UMKM, yang menganggap tidak terlalu penting sebuah laporan keuangan? Banyak. Padahal, salah satu syarat utama untuk naik level selanjutnya adalah adanya laporan keuangan. Oleh karenanya, penting bagi setiap praktisi usaha untuk memahami contoh laporan keuangan bisnis.

Memahami Laporan Keuangan

contoh laporan keuangan bisnis feature
Sumber: Pixabay.com

Sebelum langsung ke contoh laporan keuangan bisnis, ada baiknya memahami tentang laporan keuangan.

Pengertian laporan keuangan adalah sebuah final end, hasil akhir dari rangkaian proses pencatatan transaksi keuangan perusahaan. Dengan laporan ini tergambarkan keadaan keuangan perusahaan dalam satu periode.

Laporan ini bisa juga sebagai gambaran umum kinerja perusahaan di periode tersebut. Mencermati pengertian di atas, fungsi laporan keuangan dapat diturunkan sebagai berikut.

Sebagai Alat Evaluasi

Perusahaan butuh melihat kinerja perusahaan di periode sebelumnya. Terutama untuk melihat apakah strategi dan kebijakan yang diterapkan sebelumnya memberikan dampak yang diinginkan.

Laporan keuangan memberikan gambaran secara mudah dampak tersebut. Karena tujuan utama perusahaan adalah mendapatkan profit, profil keuangan menjadi alat evaluasi yang tepat untuk itu.

Sebagai Alat Bantu Pengambilan Keputusan

Dalam menghadapi konflik, tujuan utama adalah sebuah dasar untuk mengambil keputusan apapun. Itu prinsip. Setiap keputusan hendaknya diambil yang mendekatkan kepada tujuan. Termasuk dalam bisnis.

Laporan keuangan dapat menjadi alat bantu yang tepat untuk melihat apakah keputusan yang diambil akan memberikan dampak profit bagi perusahaan.

Merumuskan Strategi dan Kebijakan

Strategi dan kebijakan merupakan turunan daripada visi perusahaan. Laporan keuangan yang baik akan dapat membantu merumuskan strategi dan kebijakan yang mengarah kepada visi perusahaan, yaitu peningkatan profit.

Menaikkan Kredibilitas Perusahaan

Perusahaan yang secara teratur dan disiplin memberikan laporan keuangan akan memiliki kesan transparan, kredibel, dan dapat dipercaya. Ini dapat menaikkan citra perusahaan di mata pelanggan, investor, maupun stakeholder lainnya.

Jenis-jenis Laporan Keuangan

jenis-jenis laporan keuangan
Sumber: Pixabay.com

Sesuai dengan fungsi dan bidangnya, contoh laporan keuangan bisnis dapat dibedakan menjadi beberapa macam.

Laporan Neraca (Balance Sheet)

Laporan neraca menggambarkan keseluruhan profil keuangan perusahaan secara umum. Dalam laporan ini, Anda dapat melihat posisi dari aktiva (aset), kewajiban atau hutang, dan juga modal, selama periode pencatatan.

Tiga komponen dalam laporan neraca ini membentuk hubungan sesuai rumus: Aset = liabilitas (kewajiban) + ekuitas (modal). Laporan Neraca dapat disebut sebagai sebuah summary yang datanya diambil dari laporan-laporan lainnya.

Laporan Rugi Laba

Sesuai dengan namanya, laporan rugi laba menggambarkan kondisi pendapatan perusahaan, apakah mengalami kerugian atau keuntungan (laba). Secara sederhana, komponen dalam laporan ini membentuk rumus Laba/Rugi = Pendapatan – Biaya.

Laporan Arus Kas

Laporan arus kas menggambarkan arus dana yang keluar-masuk kas perusahaan. Dapat dikatakan bahwa laporan keuangan ini yang menggambarkan operasional perusahaan secara real-time.

Laporan ini memiliki paling banyak komponen karena operasional memang membutuhkan banyak kegiatan. Hasil akhir merupakan penjumlahan dari kas awal periode dengan total kas diterima atau dibayarkan.

Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal menggambarkan besarnya perubahan terhadap modal dan penyebabnya. Secara struktural, laporan inilah yang menjadi sumber dari komponen ekuitas dalam laporan neraca.

Empat laporan tersebut di atas merupakan laporan paling umum yang biasanya dilaporkan perusahaan ke publik. Ada beberapa contoh laporan keuangan bisnis lain yang juga perlu dibuat, tapi mungkin tidak dilaporkan ke publik.

Laporan Persediaan

Biasa disebut laporan stock atau inventory. Jenis laporan ini adanya di perusahaan yang memproduksi barang atau perusahaan dagang. Hasil produksi atau barang dagangan tersebut juga merupakan aset lancar yang perlu dicatat nilainya.

Laporan Kewajiban atau Utang

Dari namanya sangat jelas, laporan ini menggambarkan kewajiban-kewajiban perusahaan yang sudah atau masih harus ditunaikan. Laporan ini dapat membantu perusahaan untuk menyiapkan alokasi dana pada waktu tertentu sehingga beban hutang dapat dilunasi sesuai perjanjian.

Laporan Piutang

Kebalikan dari laporan utang, laporan ini menggambarkan piutang yang masih dimiliki perusahaan terhadap pihak lain. Laporan ini akan membantu perusahaan untuk melakukan penagihan secara berkala dan merencanakan keuangan.

Contoh Laporan Keuangan Bisnis

Setelah memahami pengertian, fungsi, dan jenis laporan keuangan, saatnya kita membahas contoh laporan keuangan bisnis. Contoh berikut ini merupakan contoh laporan keuangan sederhana yang seharusnya dibuat oleh setiap UMKM.

Contoh Laporan Neraca

Perhatikan contoh laporan neraca (balance sheet) berikut ini. Sebagaimana sudah dipahami, dalam neraca berlaku rumus aset = liabilitas + ekuitas.

Komponen aset ada aset lancar dan tidak lancar. Aset lancar intinya yang bersifat lebih likuid atau dapat habis dalam pemakaian. Sedangkan aset tidak lancar sebaliknya.

Karena itu dalam aset lancar ada juga komponen piutang dan liabilitas dibayar di muka.

Lihat contoh laporan neraca berikut!

Laporan Neraca
Sumber: Sleekr.co

Contoh Laporan Keuangan Rugi Laba

Contoh laporan rugi laba di bawah ini menggambarkan perusahaan produksi barang. Meski begiut, ini dapat berlaku juga pada perusahaan jasa dengan penyesuaian pada item penjualan.

Lihat contoh laporan rugi laba berikut!

contoh laporan keuangan bisnis - laporan rugi laba
Sumber: Sleekr.co

Contoh Laporan Keuangan Arus Kas

Contoh laporan arus kas di bawah ini menggambarkan dengan jelas keluar masuknya dana perusahaan. Sumber arus masuk dalam laporan kas biasanya dimasukkan ke dalam 3 kategori. Yaitu melalui kegiatan operasional, kenaikan investasi, dan penambahan modal atau pendanaan.

Baca juga: Cara Membuat Anggaran Bisnis

Sedangkan arus keluar kas perusahaan memiliki komponen yang banyak, tergantung beban biaya operasionalnya.

Lihat contoh laporan arus kas berikut!

Laporan Arus Kas
Sumber: Sleeker.co

Contoh Laporan Keuangan Perubahan Modal

Contoh laporan perubahan modal di bawah ini menggambarkan dengan singkat arus perubahan modal yang terjadi. Di sini ada 3 komponen yang mempengaruhi modal perusahaan: modal awal, penambahan modal, dan saldo laba ditahan di tahun tersebut.

Lihat contoh laporan perubahan modal berikut!

contoh laporan keuangan - laporan perubahan modal
Sumber: Sleekr.co

Contoh Laporan Persediaan Barang

Contoh laporan persediaan barang berikut menggambarkan stok barang perusahaan beserta nilai penjualannya. Meski contoh laporan tersebut adalah pada perusahaan dagang atau barang, pada perusahaan jasa, stok yang serupa tetap perlu dicatat.

Catatan tersebut nantinya akan masuk kepada pos persediaan barang di aktiva lancar.

Misalkan, pada perusahaan jasa salon kecantikan, perlu mencatat persediaan barang-barang perawatan kecantikan. Catatan tersebut akan dimasukkan ke dalam perlengkapan yang cepat habis dalam hitungan bulan.

Lihat contoh laporan stok atau persediaan barang berikut!

contoh laporan keuangan - laporan persediaan barang atau stok
Sumber: Sleekr.co

Contoh Laporan Utang atau Kewajiban Pembayaran

Contoh laporan utang berikut menggambarkan besaran hutang, waktu jatuh tempo, dan hutang yang telah dibayarkan. Laporan ini meski tidak dirilis ke publik tetap harus dibuat sebagai salah satu alat evaluasi dan penetapan kebijakan.

Lihat contoh laporan utang berikut!

contoh laporan keuangan - laporan utang
Sumber: Sleekr.co

Contoh Laporan Piutang

Contoh laporan piutang berikut menggambarkan besaran piutang, dan waktu jatuh tempo yang bisa pembayaran piutang tersebut oleh pihat yang berutang. Sifatnya serupa dengan laporan utang, biasanya tidak dirilis, tapi penting untuk pengambilan kebijakan.

Lihat contoh laporan piutang berikut!

contoh laporan keuangan - laporan piutang
Sumber: Sleekr.co

Penutup

Laporan keuangan merupakan hal sangat penting dalam bisnis, terutama jika bisnisnya semakin besar. Untuk itu setiap stakeholder wajib memahami dan mengerti cara membacanya.

Baca juga: Pengertian Harga Pokok Penjualan

Cara mudah membuat contoh laporan keuangan bisnis adalah dengan menggunakan software akunting yang sudah banyak beredar. Dengan demikian, Anda tidak perlu mendesain dan mengisi secara manual. Karena dalam bisnis, bukankah prinsipnya waktu adalah uang?

Avatar
Sigidhttps://www.sigid.my.id
Penulis adalah pemerhati pendidikan, penyuka dunia anak dan hujan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

10 Gaya Kepemimpinan dan Pengaruhnya

Setiap pemimpin memiliki gaya kepemimpinannya sendiri. Gaya ini dapat diterapkan sesuai dengan kondisi dari organisasi. Tidak ada satu gaya kepemimpinan yang cocok diterapkan pada...

Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

Daftar isi menjadi hal yang penting, tidak hanya di dalam karya ilmiah tetapi juga karya fiksi. Menurut KBBI, daftar isi adalah lembar halaman yang...

Yuk Mengenal Melodi Dalam Musik

Bagi kamu yang sedang belajar musik maka perlu kamu ketahui bahwa musik terdiri dari berbagai unsur. Unsur tersebut diantaranya adalah harmoni, melodi, dan irama. Unsur...

Yuk Mengenal Teknik Vokal

Dalam sebuah karya atau pertunjukan musik, vokal menjadi salah satu unsur terpenting. Ia menjadi pembawa pesan yang efektif, dan membawa pengaruh yang diinginkan dari...

Motivasi Skripsi Ini Bikin Kamu Semangat

Tahukah kamu, membaca kata-kata motivasi skripsi dapat meningkatkan energi positif di dalam pikiran. Pikiran dan energi yang positif akan membantumu untuk lebih semangat lagi...