Contoh Karangan Deskripsi: Pengertian, Jenis dan Ciri

Kamu pasti pernah diminta oleh Bapak atau Ibu gurumu untuk membuat sebuah karangan, bukan? Karangan itu ada berbagai macam jenisnya. Nah, salah satu jenis karangan yang terdapat dalam penulisan, yaitu karangan deskripsi.

Apa sih karangan deskripsi? Karangan deskripsi adalah hasil mengarang yang dibuat berdasarkan pancaindra—dirasa, dilihat, dan lain lain. Oleh karena itu, pembaca dibuat seakan-akan merasakan, melihat, atau mengalami sendiri hal-hal yang dibacanya.

Ciri Karangan Deskripsi

Karangan Deskripsi
Sumber: pixabay.com
  1. Karangan deskripsi memperlihatkan detil atau rincian tentang objek.
  2. Karangan deskripsi lebih bersifat mempengaruhi emosi dan membentuk imajinasi pembaca.
  3. Karangan deskripsi umumnya menyangkut objek yang dapat di indera oleh pancaindera sehingga objeknya pada umumnya berupa benda, alam, warna, dan manusia.
  4. Gaya penyampaian karangan harus memikat dan diksi yang digunakan dapat menggugah hati.
  5. Organisasi penyajian lebih umum menggunakan susunan ruang.

Baca juga: Contoh Cerita Nonfiksi

Jenis Karangan Deskripsi

Karangan deskripsi memiliki beragam jenis, seperti karangan deskripsi spasial, realisitis, impersonatis, ekspositoris. Berikut penjelasannya.

  1. Karangan deskripsi spasial adalah objek yang digambarkan dalam karangan berupa ruang atau tempat.
  2. Karangan deskripsi realistis adalah objek yang digambarkan dalam karangan berupa sesuatu yang dapat dilihat secara nyata.
  3. Karangan deskripsi impersonatis adalah objek yang digambarkan dalam karangan berdasarkan pandangan subjektif penulisnya.
  4. Karangan deskripsi ekspositoris adalah karangan dengan objek yang digambarkan dalam karangan berupa sesuatu yang logis.

Bagaimana? Sampai sini kalian sudah tau kan apa itu karangan deskripsi? Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa contoh dari karangan deskripsi.

Contoh Karangan Deskripsi

Contoh Karangan Deskripsi Tentang Rumahku

Tempat Paling Istimewa di Rumah

Terbangun aku dari tidur, jam kecil di atas meja menunjukkan pukul lima pagi. Bergegas menuju kamar mandi untuk wudu, melaksanakan salat subuh. setelah itu, merapikan kamar tidur. Seperti itulah aktivitasku setiap pagi.

Bagiku, kamar adalah tempat paling istimewa. Mengapa demikian? Segala sesuatu yang ada di sana, akulah yang mengaturnya. Di kamar, aku bisa menjadi diriku yang sebenarnya. Selain menjadi tempat yang nyaman untuk istirahat, ia juga menjadi pendengar tanpa telinga. Saat merasa sedih atau senang, dindingnya siap mendengar tanpa protes.

Ruangan ini terlihat sangat rapi dan teratur. Di sebelah kiri pintu terdapat meja ukuran persegi. Di atas meja terdapat beberapa barang, seperti susunan buku, kumpulan makeup, dan alat elektronik, yaitu laptop dan speaker. Tepat di sebelah meja, terdapat satu tempat tidur ukuran single bed terbalut seprai berwarna ungu.

Di sudut kamar ini terdapat jendela dengan gorden berwrna merah muda bermotif bunga. Di luar jendela, pemandangan halaman rumah. di sana terdapat hiasan tanaman-tanaman indah. Angin dan cahaya matahari pagi dapat masuk dengan bebas ke dalam kamar melalui jendela.

Semilir angin yang masuk terasa sejuk, membuat pikiran menjadi tenang. Di dalam kamar aku dapat mendengar suara lalu-lalang kendaraan dan anak kecil bermain di depan rumah. sedikit lelah, sejenak aku merebahkan diri di kasur sambil menatap langit-langit kamar. Aku merasa hembusan angin yang sepoi-sepoi membuat mata ini kembali mengantuk. Aku tertidur setelah merapikan kamar.

Contoh Karangan Deskripsi Tentang Keindahan Alam

Keindahan Alam di Puncak, Jawa Barat

Puncak, Jawa Barat merupakan salah satu daerah destinasi wisata yang paling sering dikunjungi masyarakat. Daerah dataran tinggi dengan pemandangan gunung dan hamparan kebun tehnya sangat memanjakan penglihatan. Udara di sana terasa sejuk sekali.

Tidak hanya gunung dan kebun teh, kawasan curug-curug yang ada di Puncak juga menjadi daya tarik tersendiri. Pemandangan air terjun yang terkena pantulan sinar matahari pun menambah keindahannya. Sesekali menengadah ke atas, langit terlihat begitu cantik.

Suasana di sana lebih terasa menyenangkan. Hal itu tidak mengherankan karena pemadangan yang disajikan mampu membuat siapa pun ingin berkunjung ke sana.

Baca juga: Contoh Teks Ceramah

Contoh Karangan Deskripsi Tentang Lingkungan

Kolam Sampah

Dekat sekolahku terdapat sebuah kolam pemancingan yang dekat dengan lahan kosong milik Pemda. Seharusnya tempat itu bersih. Namun, sampah yang menggunung membuatnya terlihat kumuh. Orang-orang tidak bertanggung jawab dengan seenaknya membuang sampah di sana. Padahal, lahan tersebut tidak berfungsi untuk itu. Spanduk bertuliskan “Dilarang membuang sampah di sekitar area Pemancingan Alam” hanya pajangan, tak lagi dihiraukan. Akibatnya, kolam pemancingan menjadi tercemar.

Kolam itu sekarang berwarna cokelat kehitaman. Sampah plastik, daun-daunan, dan sebagainya mengapung di sana. Baunya sudah tak karuan. Tidak ada lagi ikan yang hidup di sana. Semua mati keracunan. Kini, tidak ada lagi kolam pemancingan yang asri dan indah. kini, bukan lagi kolam pemancingan ikan, tetapi kolam sampah.

Contoh Karangan Deskripsi Tentang Hewan Peliharaan

Si Cemong

Cemong seekor kucing yang manis sekali. Ia kucing peliharaanku yang pertama. Sebelumnya, Ibuku tidak mengizinkan aku memiliki hewan peliharaan. Namun, kali ini ada pengecualian. Ibuku langsung mengiyakan ketika melihat aku menggendongnya dan membawanya ke rumah.

Cemong adalah kucing hasil perkawinan angora dengan kampung. Ia memiliki mata bulat dangan warna kuning keabu-abuan. Hidungnya tidak mancung, tetapi tidak juga pesek. Bulunya lebat seperti handuk dan lembut sekali. kemudian, bentuk tubuhnya mengingatkanku dengan Andrew dalam film Garfield.

Ia mudah marah. Telat diberi makan, rewel sekali. Ia akan mengeong terus-menerus. Walaupun begitu, aku tetap sayang Cemong.

Contoh Karangan Deskripsi Tentang Orang

Ayahku

Kedatangannya menghentikan langkahku. Kupandangi pria itu yang juga sedang menatapku. Dia memakai Kaos lusuh dan celana biru tua semata kaki. Rambutnya yang sedikit basah karena keringat, terlihat berantakan. Di bahunya tersampir handuk tipis bertuliskan good morning yang sudah dekil warnanya.

Perhatianku beralih ke wajah tuanya. Mata hitam, hidung pesek, bibir tipis, dan rahang tegas. Senyum yang tercetak di bibirnya tidak menutupi letih di wajahnya. Kulitnya sawo matang. Badannya yang bungkuk terihat lesu. Hal itu memperlihatkan betapa lelah perjuangannya mencari nafkah di luar sana.

Pria itu adalah ayahku. Seharian bekerja sebagai pemulung sampah. Aku tidak malu akan itu. kerja kerasnya demi bisa menyekolahkanku membuatku bangga padanya. Aku sayang ayah.

Contoh Karangan Deskripsi Tentang Tanaman

Mawar

Mawar merupakan salah satu jenis tanaman yang paling sering ditemui. Bertangkai panjang dan berduri tajam. Permukaan tangkainya licin. Tekstur kelopak bunganya lembut, tetapi sedikit kesat. Selain itu, daunnya begerigi. Warnanya bermacam-macam, ada merah, merah muda, putih, biru, kuning, dan lain sebagainya. Saat seseorang menciumnya, harum wanginya.

Contoh Karangan Deskripsi Tentang Benda

Telepon Genggam

Telepon genggam atau handphone (Hp) adalah salah satu benda yang diciptakan karena adanya perkembangan teknologi. Semua orang menggunakannya untuk mempermudah komunikasi dan sebagainya. Bentuk dari handphone ini bermacam-macam pula mengikuti perkembangan zaman. Pada mulanya, ia berbentuk kecil. Namun, semakin ke sini bentuknya semakin besar—seperti papan. Tidak lagi mudah untuk digenggam dengan satu tangan seperti saat bentuknya masih kecil. Kini, hp pun ada yang tombolnya timbul dan ada yang tidak. Hp yang tidak terdapat tombol muncul dinamakan hp layar datar.

Contoh Karangan Deskripsi Tentang Kendaraan

Kereta Api

Kereta api adalah salah satu kendaraan yang digunakan oleh banyak orang sebagai moda transportasi. Terdiri dari beberapa rangkaian gerbong, yaitu 10 dan 12. Di setiap gerbong terdapat penjaga pintu kereta. Di ujung rangkaian pertama dan terakhir merupakan tempat kemudi masinis.

Bentuk rangkaian kereta api adalah persegi panjang bervolume balok. Di bagian atasnya terdapat benda seperti antena yang berfungsi sebagai penghantar listrik. Saat menjadi satu kesatuan dengan yang lain dan berjalan di atas relnya, ia terlihat seperti ular. Selain itu, merupakan salah satu transportasi yang jalannya cepat dan berbunyi “jes…jes…jes…”.

Contoh Karangan Deskripsi Tentang Peristiwa

Kemalingan

Malam itu hampir saja terjadi kamalingan di salah satu rumah di daerah Jakarta Selatan. Saat itu pukul 02.00 dini hari, jalan sepi dan semua orang sudah tidur dengan pulas, kecuali seorang anak yang masih terjaga dan hendak tidur. Baru saja mau tidur, ia mendengar gerbang rumah berderit seperti ada yang sedang membukanya. Ia mengira itu adalah orang tuanya. Namun, ia penasaran dan melihatlah ia keluar jendela, ternyata ada bayangan dua orang yang terpantul dari cahaya lampu. Jelas, kedua bayangan tersebut bukan orang tuanya karena mengenakan topi.

Saat sadar itu bukan orang tuanya, berteriaklah ia, “Ayah…Bunda… ada maling di depan!”

Setelah berteriak, lantas ia bergegas turun ke bawah. Orang tuanya kaget dan spontan membuka pintu. Saat pintu terbuka, kedua bayangan tadi ternyata sudah tidak ada. Lalu, memastikannya dengan berjalan ke arah gerbang. Kaget bukan main, ternyata gembok sudah jatuh ke bawah dan tidak jauh dari situ ditemukan jarum pentul yang diduga sebagai alat untuk membuka gembok tersebut.

Malam itu menjadi malam yang menegangkan. Tidak disangka hal itu terjadi. Sejak saat itu, petugas siskamling kembali ditugaskan untuk menjaga keamanan di daerah wilayah tersebut.

Contoh Karangan Deskripsi Tentang Buah

Durian

Durian adalah salah satu jenis buah yang ada di Indonesia. Sebenarnya tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di Asia Tenggara, seperti Malaysia dan Singapura. Buah ini memiliki kulit yang berduri. Warna kulitnya ada yang kuning kecokelatan atau hijau kecokelatan. Bentuknya pun ada yang bulat dan ada yang lonjong. Terdapat tangkai di bagian atasnya. Memiliki bau yang menyengat.

Saat dibelah, per juring berisi 2—3 biji. Daging buahnya tebal bertekstur lembek dan benyai. Rasanya manis. Biasanya setelah habis, juringnya diisi air lalu diminum. Katanya, itu bisa menghilangkan bau dari buah tersebut.

Baca juga: Contoh Teks Eksplanasi

Nah itulah beberapa contoh karangan deksripsi, semoga dapat membantu dan bermanfaat ya.

Artikel Terbaru

Annisa

Annisa

Mahasiswa semester akhir Program Studi Indonesia UI. Menulis artikel Bahasa Indonesia sebagai bentuk pengaplikasian ilmu yang didapatkan selama perkuliahan.

Tulis Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *