Home Komunikasi 5 Cara Menulis Berita yang Baik

5 Cara Menulis Berita yang Baik

Apa yang kamu pikirkan ketika akan menulis berita? Ide? Sumber berita? Atau diksi? Semuanya pasti selalu menyertai pikiranmu ketika menulis berita.

Benar adanya bahwa ketiga sumber tersebut menjadi komponen penting dalam menulis berita. Sebenarnya itu masih kurang lho! Kamu harus menyempurnakan kembali beritamu dengan berpedoman pada tips menulis berita.

Tips menulis berita yang baik dan benar berikut ini bisa membantumu menulis dengan lebih menjiwai lagi.

Sumber: 660citynews.com

1. Formulasi Berita

Hal pertama yang harus diketahui oleh seorang jurnalis atau wartawan adalah apa itu berita dan kenapa disebut sebagai berita.

Menurut Hoeta Soehoet, berita merupakan serangkaian peristiwa yang berisi keterangan pendukung berdasarkan fakta di lapangan.

Penulisan berita didasari pada formulasi berita yaitu:

  • What > menanyakan tentang apa yang sedang terjadi saat ini?
  • Where > mempertanyakan di mana peristiwa berlangsung.
  • Who > menanyakan siapa saja yang terlibat atau siapa yang mengalami peristiwa tersebut.
  • Why > menanyakan alasan peristiwa terkait bisa terjadi.
  • When > mempertanyakan kapan peristiwa tersebut terjadi?
  • How > mempertanyakan keadaan pristiwa terkait.

Formulasi tersebut dihimpun dalam satu kesatuan utuh berita yang dijabarkan dari headline, teras berita, dan lainnya.

Aturan Jurnalistik
Sumber; studentnewsdaily.com

2. Aturan Jurnalistik

Penulisan berita yang baik dan benar selalu mengikuti aturan jurnalistik. Aturan tersebut memuat bagaimana berita seharusnya disampaikan. Seorang jurnalis sepertimu sebaiknya menerbitkan berita yang benar-benar aktual dan terpercaya.

Jangan dikarenakan mengejar rating, kamu pun melupakan kaidah berita yang baik. Upayakan untuk menjauhkan berita yang kamu tulis dari fitnah, kebohongan, dan hasutan.

Baca juga: 7 Prinsip Dasar Penulisan Jurnalistik yang Baik

Selain itu, kamu juga diharapkan untuk tidak menceritakan secara detail tentang kekerasan, penyalahgunaan obat-obatan, dan berita kriminal lainnya.  Aturan jurnalistik ini tergambar jelas pada etika jurnalis yang harus dipedomani oleh jurnalis itu sendiri.

3. Nilai Berita

Pernahkah kamu memikirkan tentang kualitas sebuah berita? Kebanyakan berita hoax memiliki nilai jual tinggi, namun tidak memenuhi nilai publikasi.

Mengapa demikian?

Berita hoax melupakan nilai berita berdasarkan yang dikemukakan oleh pakar jurnalistik. S. Brooks et al mengemukakan bahwa terdapat sembilan nilai berita yang harus diperhatikan seorang jurnalis, yaitu:

• Kebaruan; berita yang dipublikasikan meemuat peristiwa terbaru dan hal trending.
• Keluarbiasaan; memiliki pengaruh kepada masyarakat.
• Aktual; berita yang benar-benar “in” atau baru terjadi.
• Akibat; memiliki dampak bagi masyarakat.
• Kedekatan; mengandung pendekatan psikologis dan geografis.
• Konflik; memiliki permasalahan yang ingin dikemukakan.
• Informatif; terdapat informasi yang bermanfaat.
• Kejutan; merupakan berita yang tidak terduga.
• Ketenaran; membawa tokoh ternama di kalangan masyarakat.

Teks berita
Sumber: i2.wp.com

4. Diksi

Apa yang kaamu ketahui tentang diksi? Sekilas ini menjadi hal yang biasa bagi seorang jurnalis. Seorang jurnalis diharapkan mampu memilih dan meramu kata yang sesuai dengan konteks beritanya.

Terdapat tujuh bentuk diksi yang harus diperhatikan oleh seorang jurnalis ketika menulis berita.

Sinonim

Pilihan diksi yang pertama adalah sinonim. Ini menggambarkan bagaimana kata memiliki makna yang sama dengan kata lainnya. Misalnya kata “sejajar”, sinonimnya adalah kata “sepadan”.

Rasa

Pilihan kedua adalah rasa. Ya, kamu pasti sudah bisa membayangkan hal ini. Contohnya saja adalah garam atau gula. Kedua benda ini memiliki rasa yang bisa mendeskripsikannya.

Konkret

Apa yang kamu pikirkan katika orang mengatakan hal “konkret”? Pasti yang terbayang olehmu adalah hal-hal yang bisa dilihat secara nyata dan jelas keberadaannya. Diksi yang satu ini lebih tepat digunakan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan sesuatu.

Abstrak

Berlawanan dengan kokret, abstrak adalah diksi yang diperuntukkan bagi sesuatu yang tidak jelas atau jauh keberadaannya.

Umum

Pilihan diksi umum memiliki makna yang luas dan cakupan yang jauh. Ini tidak bersifat detail atau mendeskripsikan sesuatu.

Khusus

Jika diksi umum menggambarkan sesuatu yang luas, diksi khusus menggambarkan sesuatu yang detail dan spesifik.

Lugas

Lugas dikenal sebagai diksi to the point yang langsung mengenai sasarannya. Dengan kata lain, tidak ada basa-basi dalam konteks penulisannya.

5. Sumber Berita

Kamu bisa menemukan sumber berita dari mana saja dan siapa saja. Tapi ingatlah bahwa kamu harus memastikan sumber berita tersebut akurat adanya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kamu bisa menemukan sumber berita lalu menuliskannya. Kamu bisa mendapatkan sumber berita melalui beberapa metode seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Baca juga: Kode Etik Jurnalistik

Itulah lima tips menulis berita yang baik dan benar. Kelima komponen tersebut biasa digunakan oleh para jurnalis untuk mengemas berita secara jujur dan informatif. So, kamu juga harus mempedomani hal yang sama ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi: Pengertian, Ciri dan Struktur

Pernah nggak sih, kamu penasaran terhadap suatu hal atau objek tertentu dan pengen nyoba untuk mengetahui lebih jauh objek tersebut? Tentu pernah dong. Nah,...

Contoh Konjungsi atau Kata Penghubung serta Jenisnya

Kamu pasti sering melihat penyebutan kata konjungsi atau kata penghubung di dalam soal ujian Bahasa Indonesia, bukan? Rasanya sudah nggak asing lagi sama penyebutan...

Mengenal Manajemen Kontinuitas Bisnis

Tahun 2020 menjadi tahun yang cukup menyedihkan bagi kita semua. Berbagai bencana terjadi dan lebih parahnya, wabah virus corona terjadi di mana-mana. Hal ini...

Pengertian dan Sejarah Corporate Social Responsibility (CSR)

Pernah dengar tentang istilah CSR atau corporate social responsibility? Atau kamu pernah jalan-jalan di taman kota dan menemukan tugu dengan tulisan “Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan...

Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC)

Komunikasi Pemasaran Terpadu, atau dapat juga disebut sebagai Integrated Marketing Campaign (IMC) adalah hal yang penting dalam bidang pemasaran. Secara definisi, IMC adalah sebuah...