Home Fotografi Cara Mengganti Background Foto

Cara Mengganti Background Foto

Tidak seperti 10 tahun lalu ketika kita harus pergi ke tukang foto profesional untuk mencetak pasfoto, teknologi masa kini semakin memudahkan hidup manusia. Kita bahkan bisa mengganti background foto menggunakan aplikasi di smartphone.

Perlu diketahui, keperluan mengganti background foto bukan hanya berkisar untuk pasfoto, namun juga tipe foto portrait lain. Penggunaan foto ini sebagian besar memang untuk keperluan profesional, seperti memasang pasfoto di CV dan surat lamaran kerja.

Artikel ini akan membahas cara penggantian background foto dengan dua metode: software Adobe Photoshop dan aplikasi di ponsel Android.

1. Mengganti Background Foto dengan Adobe Photoshop

Software Photoshop sendiri saat ini sudah sampai versi CS6. Tapi, fitur dan cara penggunaan versi-versi terdahulu tidak jauh berbeda. Sehingga, cara penggantian background foto yang akan dibahas ini bisa diaplikasikan juga di Photoshop versi lain.

  • Buka aplikasi Photoshop dan pilih foto yang akan kita edit. Untuk cara cepat, bisa menggunakan kombinasi tombol Ctrl+O. Artikel ini akan menggunakan sampel foto mantan presiden kita, Bapak Soekarno.

Mengganti Background Foto dengan Photoshop 1
Sumber: berakal.com

  • Setelah foto terbuka di layar Photoshop, cari tombol untuk melakukan duplicate layer, bisa juga menggunakan kombinasi tombol Ctrl+J.
  • Duplicate layer akan menghasilkan foto yang serupa, sehingga kita harus menghilangkan salah satu diantaranya. Maka, tekan simbol mata agar layer asli tidak terlihat.

Mengganti Background Foto dengan Photoshop 2
Sumber: berakal.com

  • Aktifkan fitur Magic Wand Tool, atau bisa dengan menekan tombol W.

Baca juga: 11 Foto yang Menipu Mata Kita

  • Saatnya kita memilih area yang akan diganti warnanya. Karena kita akan mengganti background, maka tekan warna merah. Kemudian akan muncul perubahan gambar seperti di bawah ini.

Mengganti Background Foto dengan Photoshop 4
Sumber: berakal.com

  • Lalu pilih warna pengganti yang kita mau, misalnya warna biru.
  • Aktifkan fitur Paint Bucket Tool, atau bisa dengan menekan tombol
  • Setelah fitur aktif, saatnya kita memilih area yang ingin diubah warnanya. Klik area background foto, maka otomatis background merah akan berubah menjadi biru.

Mengganti Background Foto dengan Photoshop 5
Sumber: berakal.com

  • Simpan foto dalam format yang diinginkan, bisa menggunakan kombinasi tombol Ctrl+S, dalam bentuk .jpg atau .png.

2. Mengganti Background Foto dengan Aplikasi Android

Sebenarnya banyak aplikasi lain juga memiliki fitur serupa. Tapi, artikel ini akan fokus menggunakan aplikasi PicsArt yang bisa didapatkan di Google Play Store secara cuma-cuma.

  • Unduh aplikasi PicsArt di smartphone, lalu login dan buat akun di dalamnya.
  • Jika sudah masuk, klik simbol + (plus) yang ada di bagian bawah.
  • Cari background yang kita inginkan, bisa berupa warna, transparan, atau gambar.
  • Klik Add Photo pada menu di bagian bawah.
  • Pilih foto yang kita ingin ganti background-nya, lalu klik Add di kanan atas, setelah gambar terbuka, klik Cutout.
  • Klik ikon orang di bagian bawah untuk mempermudah kita menghapus background.
  • Kita bisa menggunakan fitur kuas dan penghapusuntuk memperhalus hasil editan, jika sudah klik Save.
  • Setelah foto dirasa sudah cocok dan proporsional, klik simbol centang di kanan atas.
  • Klik simbol anak panah di kanan atas untuk menyimpan gambar, lalu pilih galeri tempat kita ingin menyimpang foto, proses editing

Mengganti Background Foto dengan PicsArt
Sumber: gadgetren.com

Jadi itulah cara mengganti background foto menggunakan software Adobe Photoshop dan aplikasi PicsArt di Android. Seperti yang kita tahu, dunia fotografi juga berbicara mengenai proses post production. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Baca juga: Pengertian Fotografi Menurut Para Ahli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Yuk Ketahui 6 Macam Gaya Belajar

Gaya belajar adalah karakteristik tertentu yang dimiliki seseorang saat mempelajari dan memproses sebuah informasi. Tahukah kamu, selain memiliki kepribadian yang berbeda, setiap orang juga...

10 Gaya Kepemimpinan dan Pengaruhnya

Setiap pemimpin memiliki gaya kepemimpinannya sendiri. Gaya ini dapat diterapkan sesuai dengan kondisi dari organisasi. Tidak ada satu gaya kepemimpinan yang cocok diterapkan pada...

Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

Daftar isi menjadi hal yang penting, tidak hanya di dalam karya ilmiah tetapi juga karya fiksi. Menurut KBBI, daftar isi adalah lembar halaman yang...

Yuk Mengenal Melodi Dalam Musik

Bagi kamu yang sedang belajar musik maka perlu kamu ketahui bahwa musik terdiri dari berbagai unsur. Unsur tersebut diantaranya adalah harmoni, melodi, dan irama. Unsur...

Yuk Mengenal Teknik Vokal

Dalam sebuah karya atau pertunjukan musik, vokal menjadi salah satu unsur terpenting. Ia menjadi pembawa pesan yang efektif, dan membawa pengaruh yang diinginkan dari...