Home Pengembangan Diri Soft Skills Cara Mengatur Pembagian Tugas Kelompok

Cara Mengatur Pembagian Tugas Kelompok

Pernahkah kalian mendapat tugas yang dikerjakan berkelompok? Apa yang membedakan, dengan tugas yang dikerjakan sendiri? Secara garis besar sebenarnya kita bisa menjawab pertanyaan ini. Perbedaan mendasar tentu saja adalah lebih kepada bobot pekerjaan yang nantinya kita dapatkan.

Analoginya seperti ketika kita ingin mencetak goal dan memenangkan pertandingn dalam pertandingan sepakbola. Dengan bekerja sendirian ataukah bekerja secara tim tentu beda bukan? Pengorbanan dan sumber daya yang harus kita keluarkan tentunya lebih besar. Beda ketika dibagi tugas pemain bertahan, pemain gelandang, striker yang akhirnya lebih hemat tenaga.

Oleh sebab itu jika kita mendapatkan tugas kelompok, kita disarankan memiliki kemampuan untuk membagi tugas ke beberapa anggota kelompok. Artikel ini akan menjelaskan lebih lengkapnya di bawah ini tentang mengapa membagi tugas itu sangat penting dan bagaimana tips untuk melakukannya.

Pentingnya Pembagian Tugas

cara membagi tugas saat bekerja sama
Sumber foto : steemit.com

Pertama, dengan pembagian tugas berguna untuk melatih skill kepemimpinan kita. Pembagian tugas dalam sebuah kelompok, artinya kita sedang membagi kewajiban masing – masing dalam sebuah kelompok agar tujuan bersama bisa tercapai. Secara tidak langsung, hal ini juga melatih skill kepemimpinan kita. Karena dari belajar bersama kelompok inilah kita belajar membagi tugas yang adil dan merata nantinya seperti apa kepada anggota – anggota kelompok kita nantinya.

Kedua, fokus. Maksudnya kita akan lebih fokus jika membagi sebagian tugas kita kepada orang lain. Karena kita bisa konsentrasi mengerjakan bagian kita sendiri. Siapapun akan susah fokus pekerjaan yang dilakukan terlalu banyak dan menuntut diselesaikan secara bersamaan.

Ketiga, kita meningkatkan dan mengembangkan skill komunikasi dengan kelompok baik. Karena kita akan dituntut untuk berkomunikasi secara langsung dengan rekan – rekan yang menjadi anggota kelompok. Selain itu kemampuan komunikasi kelompok kita pun juga akan meningkat. Terlebih jika kita sebagai ketua kelompok yang bertanggung jawab mengkoordinir mereka.

Baca juga: Cara Menyelesaikan Masalah Kelompok

Keempat dapat membantu mengembangkan kemampuan teman. Perlu juga Kamu pahami, bukan hanya satu dua orang saja yang meningkat secara kemampuannya. Melainkan kemampuan kolektif dari seluruh anggota kelompok juga ikut meningkat. Karena teman-teman lain pun juga akhirnya berusaha untuk belajar berkomunikasi dan bekerja sama.

Kelima, ini dapat menambah pengalaman kita dalam bekerjasama dengan orang lain, demi mencapai tujuan yang sama. Selain itu juga belajar membagi tugas yang adil. Ini akan menjadi modal kita nantinya ketika terjun di dunia kerja.

Tips Membagi Tugas Saat Bekerjasama

cara membagi tugas saat bekerja sama
Sumber foto : digitalistmag.com

Lalu bagaimana cara mengelola kerjasama yang efektif saat mendapatkan tugas kelompok? Berikut, beberapa tips yang bisa jadi referensi Kamu dalam membagi tugas saat bekerja kelompok.

Kenali dan Pahami Kondisi Anggota Tim

Tahap yang pertama yang penting kita tahu adalah informasi tentang kelemahan dan kelebihan dari setiap anggota yang ada dalam kelompok kita. Supaya kita bisa tepat dalam memberikannya tugas sesuai dengan spesialisasi kemampuan yang dimiliki. Minimal kemampuan yang teman kita miliki bisa mendukungnya untuk mengerjakan tugas sesuai standar.

Pahami Teman yang Paling Menguntungkan

Tahap yang kedua adalah memilih teman yang paling prospek. Artinya, kita memilih teman yang paling besar potensinya untuk menyelesaikan tugas itu dengan baik. Bisa dilihat dari tingkat kecerdasannya, pengalamannya, pengetahuannya dan seterusnya.

Tugas Tidak Mendesak untuk Teman yang Butuh Banyak Belajar

Tahap yang ketiga adalah memberikan kesempatan pengembangan diri. Biasanya dalam tugas kelompok, akan ada tugas yang itu sifatnya tidak begitu mendesak dan tidak begitu penting. Hal ini, cocok untuk kita berikan kepada teman kita untuk sarana belajar atau pengembangan diri kita. Karena terkadang ada anggota kelompok yang secara kemampuan mungkin tidak sebagus lainnya.

Baca juga: Peran Anggota Tim dalam Teamwork yang Baik

Jadi sekarang Kamu sudah tahu cara untuk membagi tugas ketika bekerja sama. Tak perlu bingung lagi, selama Kamu mau untuk memilah dengan tekun, tugas akan terbagi secara adil kok!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Mengenal Teori Motivasi dari Para Ahli Psikologi

Motivasi, sebuah kata yang tidak asing lagi di telinga kita. Secara sederhana, motivasi dapat diibaratkan sebagai dorongan, penggerak, pemicu, atau alasan yang dapat mengarahkan...

5 Langkah Praktis Cara Membuat Anggaran Bisnis

Cara membuat anggaran bisnis sering jarang diperhatikan para praktisi usaha. Apalagi ketika masih berupa usaha mikro atau bisnis kecil. Padahal, sebenarnya ini adalah fondasi...

Yuk Ketahui Paradigma Penelitian Kualitatif

Masih banyak dari kita yang kurang mengerti apa itu paradigma. Di beberapa bahan bacaan tingkat lanjut dalam jurnal, dalam karya ilmiah tentu beberapa kali...

Mengenal Apa Itu Jurusan Biologi

Setelah lulus SMA ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi tapi masih bingung ke jurusan apa? Suka dengan dunia Biologi tapi ingin mengetahui gambaran kuliahnya seperti...