Home Pengetahuan Cara Mengatasi Rasa Mual Tanpa Repot

Cara Mengatasi Rasa Mual Tanpa Repot

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang akan mengalami mual dan harus diatasi dengan cara mengatasi rasa mual yang berbeda-beda pula. ada yang karena seorang wanita sedang hamil, karena mengalami sakit maag atau asam lambung yang parah, atau karena memang ia mengkonsumsi makanan dan minuman jenis tertentu yang membuat rasa mual yang berkepanjangan.

Maka, memang setiap penyakit atau gejala itu harus diketahui secara pasti terlebih dahulu agar nanti cara penangannya pun berbeda-beda dan bisa tepat sasaran. Perasaan yang dirasakan saat seseorang mengalami hal ini mungkin seperti tidak nyaman di bagian dalam perut dan ada pula yang ingin langsung memuntahkan apa yang ada di dalam perut sekalian.

Memang rasa mual ini bisa muncul kapan saja dan membuat setiap orang merasa sangat tidak nyaman, karena lebih baik bisa muntah saja daripada harus mengalami rasa mual ini sepanjang hari.

Apalagi saat kamu sedang dalam perjalanan menggunakan bus atau pesawat, bisa juga dengan kereta api jika mual sudah menyerang rasanya kamu tidak sanggup lagi memperhatikan apa saja yang terjadi di daerah sekitar kamu . Meski sudah minum obat kapsul tertentu atau dicoba dengan mengoles balsem atau minyak namun tidak berhasil juga.

Mual sering diartikan dengan istilah perasaan yang timbul dan tidak enak di bagian perut yang juga disertai dengan dorongan secara berkelanjutan untuk muntah. Bahkan ada penderitanya yang mengalami pusing juga.

Cara Mengatasi Rasa Mual Tanpa Ribet

Sumber: klimg.com

Bisa membayangkan jika kamu sedang dalam perjalanan pulang kampung atau liburan namun tiba-tiba kamu mengalami rasa mual dan merasa bingung apa cara mengatasi mual yang bisa dilakukan agar berhenti dan tidak muntah di tempat yang tidak seharusnya.

Baca juga: Menjaga kesehatan dengan olahraga kekinian

Kamu tidak akan bisa mengolah rempah-rempah menjadi minuman alami tertentu atau mencari obat yang mungkin tidak terdapat di daerah terdekat. Maka salah satu cara yang paling ampuh, kamu harus konsumsi air mineral, jika tersedia sebaiknya kamu minum air hangat beberapa tegukan.

Jika tidak mempan juga, kamu harus konsumsi makanan tertentu yang dapat membuat perut terisi. Apabila kamu mengalami riwayat penyakit maag atau asam lambung sebaiknya kamu tidak makan makanan seperti roti dan jenis lainnya yang mengandung pengembang. Dibantu dengan mengoles minyak kayu putih dan obat media luar lainnya.

Hal Yang Bisa Dilakukan Agar Terhindar Dari Mual

Sumber: blogspot.com

Jika masih jarang mengalami gejala seperti mual yang parah hingga sampai ke muntah sekalipun, kamu bisa coba menghindari hal ini dengan melakukan beberapa cara yang mungkin akan bekerja dengan baik. Berikut ini beberapa caranya:

Jauhkan diri dari makanan berlemak tinggi. terlebih saat kamu hendak melakukan perjalanan jauh baik dengan menggunakan bus, kereta api, atau pesawat sebaiknya hindari makanan seperti ini karena dapat memicu reaksi buruknya saat kamu sedang di dalam perjalanan. Sebagai gantinya kamu bisa konsumsi makanan diet seperti pisang, saus apel, kerupuk, dan nasi.

Konsumsi makanan kaya protein. Makanan seperti ini akan sangat bagus pula untuk memenuhi kebutuhan diri pada tubuh sekalipun.

Jangan makan terlalu banyak. Cukup sekedarnya saja untuk mengisi perut kamuyang kosong dan keroncongan. Karena untuk beberapa perut yang sensitif malah bisa jadi dimuntahkan kembali.

Baca juga: 5 Tips Menerapkan Pola Hidup Sehat

Hindari berbaring beberapa saat kamu setelah makan. Karena perut harus beradaptasi terlebih dahulu dengan makanan yang terkandung di dalam perut.

Itulah beberapa cara yang bisa diterapkan agar terhindar dari rasa mual dan perut tidak enak, sebagai beberapa cara untuk mengatasi rasa mual.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Apa itu HPP (Harga Pokok Penjualan) dan Penjelasannya

Seorang praktisi bisnis perlu memahami apa itu HPP dan bagaimana cara menghitungnya. Ini akan memberikan keuntungan bagi pebisnis tersebut dalam mengatur sumber daya dan...

Mengenal Apa Itu Jurusan Sastra Indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan Pramoedya Ananta Toer, Buya Hamka, Sapardi Djoko Damono, Chairil Anwar, Kridalaksana, atau Gorys Keraf? Nama-nama tersebut tentunya sudah gak...

Mengenal Teori Motivasi dari Para Ahli Psikologi

Motivasi, sebuah kata yang tidak asing lagi di telinga kita. Secara sederhana, motivasi dapat diibaratkan sebagai dorongan, penggerak, pemicu, atau alasan yang dapat mengarahkan...

5 Langkah Praktis Cara Membuat Anggaran Bisnis

Cara membuat anggaran bisnis sering jarang diperhatikan para praktisi usaha. Apalagi ketika masih berupa usaha mikro atau bisnis kecil. Padahal, sebenarnya ini adalah fondasi...