Home Pengembangan Diri Soft Skills 8 Cara Mengambil Keputusan Agar Tidak Salah Langkah

8 Cara Mengambil Keputusan Agar Tidak Salah Langkah

“Hidup itu pilihan”. Kamu tidak asing dengan kata – kata itu kan? Dalam hidup memang kita dituntut untuk membuat keputusan atas berbagai pilihan yang ada. Agar pilihan kita itu membawa kebaikan, maka pertimbangkanlah pilihanmu secara matang – matang sehingga keputusanmu itu bisa tepat.

Dalam membuat keputusan, ada kalanya kita harus mengambil keputusan tersebut dalam rentang waktu yang tidak lama. Maka dari itu, sangat penting bagi kita supaya pandai dalam mengambil keputusan secara cepat. Tidak hanya cepat, keputusan yang diambil pun harus tepat.

Berpikir Dengan Melihat Dampak Positif dan Negatif

cara mengambil keputusan yang tepat
Sumber foto : ccis.org

Dari berbagai pilihan yang ada, kita harus menguraikan dampak positif dan negatif dari segala kemungkinan yang terjadi. Setelah itu, bandingkan dan pilihlah keputusan yang terbaik dengan memilih dampak positif yang paling banyak. Dan juga hindarilah pilihan yang dampak negatifnya banyak.

Misalnya kamu berencana untuk tidak mengerjakan tugas kuliah karena harus mengerjakan kegiatan organisasi. Nah, sebelum kamu menjalankannya, tentu kamu harus memikirkan dulu apa saja dampak positif dan dampak negatifnya ketika kamu tidak mengerjakan tugas kuliah.

Ternyata dengan kamu tidak mengerjakan tugas kuliah maka dampak positifnya dalam mengerjakan kegiatan organisasi bisa terlaksana dengan tenang. Tapi dampak negatifnya hal tersebut bisa mengancam nilai mata kuliah kamu, merusak hubungan kamu dengan dosen, kamu bisa dicap sebagai anak yang tidak mengerjakan tugas, dan belum lagi kalau dimarahi orang tua.

Ketika kita sudah mempertimbangkan dari dampak positif dan negatif tersebut, lalu kita bisa memutuskan bahwa rencana awal tidak mengerjakan tugas kuliah itu dampak buruknya lebih banyak dibandingkan dampak positifnya.

Fokus Pada Hal yang Penting

cara mengambil keputusan yang tepat
Sumber foto : blog.usejournal.com

Lantas, jika ada dua lebih dari dua kemungkinan yang ditawarkan bagaimana? Misalnya kamu punya uang dan kamu dihadapkan pada situasi harus bayar biaya sekolah, ibu sakit dan butuh berobat, salah satu sepatu kamu rusak dan ada diskon spesial di toko sepatu dekat rumah kamu.

Caranya kamu harus fokus untuk menentukan kemungkinan yang paling berkaitan dan berdampak bagi kebaikan. Kamu harus berhati – hati terhadap pilihan yang mengecoh, sebab kemungkinan besar akan ada pilihan yang membuat masalahmu semakin rumit. Fokuslah untuk mencari mana kemungkinan yang benar – benar dibutuhkan oleh dirimu.

Batasi Waktu Berpikir

cara mengambil keputusan yang tepat
Sumber foto : timhillpsychotherapy.com

Jika kamu ingin cepat dalam membuat keputusan, kamu harus berikan batas waktu kepada otak kamu agar bisa bekerja secara maksimal di waktu yang sempit. Pernahkah kamu mengalami ketika sedang mengerjakan tugas yang sudah dekat dengan deadline pengumpulan, otak kamu terasa lebih “cepat” dalam berpikir?

Sehingga dari situ kita belajar bahwa dengan memberikan batasan waktu dalam berpikir akan membuat kita cepat dalam membuat keputusan. Kamu bisa menggunakan timer atau apapun untuk membatasi waktu berpikir. Jika semakin cepat, kemampuan kamu dalam membuat keputusan juga bisa semakin cepat.

Meminta Saran dari yang Berpengalaman

cara mengambil keputusan
Sumber foto : lhh.pe

Terkadang dalam membuat alternatif pemecahan masalah kita pun merasakan ‘buntu’ atau tidak menemukan ide sama sekali bagaimana cara menyelesaikannya. Hal ini akan menghambatmu dalam membuat keputusan dan semakin larut dalam masalah. Tidak ada salahnya kok untuk meminta pendapat orang lain sebagai second opinion atau menambah referensimu sebagai pemecahan masalah. Dengan begitu Kamu akan lebih siap membuat keputusan yang kreatif dan solutif.

Jangan Memutuskan Saat Emosi

Dalam kondisi penuh emosi, kadar rasionalitas kita akan semakin menurun. Hal ini membuat keputusan yang kita buat cenderung tidak berdasarkan data yang objektif atau analisa yang mendalam. Tipsnya adalah berikan jeda terhadap diri sendiri untuk menenangkan diri, setelah tenang, barulah Kamu bisa memikirkan dan menganalisa kembali maslaah sebelum membuat keputusan. Hal ini akan membuat keputusanmu lebih objektif dan solutif.

cara mengambil keputusan
Sumber foto : www.aarp.org

Memahami Konteks Masalah

Menanyakan kepada orang lain mengenai solusi atas masalah kita terkadang menjadi cara praktis dalam membuat keputusan. Namun sayangnya, kadang kita lupa bahwa konteksnya kurang sesuai dengan apa yang sedang kita alami. Kita langsung menerapkannya tanpa memikirkan konteksnya apakah sudah sesuai atau belum. Membuat keputusan tanpa memperhatikan konteksnya hanya akan menambah masalah yang lainnya loh.

Alternatif

cara mengambil keputusan
Sumber foto : www.istockphoto.com

Sebisa mungkin Kamu harus ada alternatif cara yang lain ya. Hal ini untuk menyiapkan jika ada tragedi atau variable lainnya yang membuat keadaan bisa berubah. Sehingga saat Kamu sudah memiliki alternatif cara lain, Kamu pun lebih siap dan adaptif menghadapi kondisi yang ada dan lebih tepat dalam membuat keputusan.

Evaluasi Pengambilan Keputusan

Jangan lupa senantiasa melakukan evaluasi pasca Kamu membuat keputusan ya. Hal ini sebagai tolak ukur apakah keputusanmu sduah tepat ataukah justru kurang solutif. Hal ini bisa menjadi pelajaranmu kedepan untuk membuat keputusan lebih tepat sehingga masalahmu bisa teratasi dengan lancar.

Baca juga: Cara Melakukan Brainstorming

Semua orang di dunia ini dihadapkan pada pilihan dan harus mengambil keputusan. Tiap pilihan tentunya mengandung sisi positif dan negatif, namun kamu harus berani dan jangan takut. Dan hal yang perlu digarisbawahi setelah membuat keputusan adalah kamu harus berkomitmen dan siap dengan konsekuensi atas keputusan tersebut. Good Luck!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Inilah 8 Cara Mudah Membuat Ringkasan

Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan ringkasan. Dalam setiap buku pelajaran, tentu ada ringkasan dari seluruh isi materi, sehingga pembaca sekilas akan tahu...

Cara Memasak dengan Teknik Ungkep

Ada banyak cara untuk memasak makanan. Lebih lagi bagi kamu yang benar-benar menyukai kegiatan masak memasak. Pasti akan lebih seru jika mencoba semua teknik...

Contoh Notulen Rapat beserta Pengertiannya

Rapat merupakan kegiatan rutin dimana-pun kita bekerja. Rapat sendiri umumya kita akan membahas berbagai hal seperti masalah-masalah yang sedang dihadapi, penyesuaian data-data yang masuk...

Mengenal Manajemen Risiko Bisnis

Semua risiko, bahkan di dalam bisnis sekalipun umumnya bersifat merugikan dan berdampak negatif. Meskipun begitu, bukan berarti risiko tidak dapat dihindarkan. Risiko dapat dikelola...