Cara Memilih Pendekatan Penelitian

Ketika melakukan sebuah penelitian, dibutuhkan yang namanya pendekatan penelitian guna membantu peneliti dalam menjawab permasalahan yang diangkat. Memilih pendekatan penelitian yang tepat menjadi suatu hal yang bisa dibilang cukup susah mengingat akan menentukan kualitas hasil penelitian yang ditulis.

Dalam memilihnya, lebih disarankan jika kamu sudah mengetahui beberapa jenis pendekatan penelitian dan memahami betul perbedaan diantara masing-masing pendekatan. Hal ini berguna untuk memudahkan dalam mencocokkan jenis pendekatan dengan penelitian yang sedang dikerjakan.

Apabila kamu sudah cukup memahami tentang jenis pendekatan penelitian yang ada, namun masih cukup kesulitan dalam memilih, berikut akan disajikan beberapa tahapan dalam memilih pendekatan yang tepat. Mari simak selengkapnya.

Sesuaikan dengan Tujuan Penelitian

Sesuaikan dengan Tujuan Penelitian
Sumber: pressfoto from freepik.com

Setiap tujuan penelitian dan rumusan masalah yang dibuat akan mengarahkan pada jenis pendekatan penelitian apa yang sesuai untuk menjawab pertanyaan tersebut. Sehingga, dalam hal ini melihat kembali apa tujuan penelitian serta rumusan masalah yang kamu kerjakan dapat menjadi langkah awal yang tepat untuk menentukannya.

Jika penelitian yang dikerjakan lebih bertujuan untuk mendapatkan informasi yang lebih spesifik mengenai suatu masalah, menambah pengetahuan, mengeksplorasi suatu ide atau pemikiran, serta memahami dan mendalami subjek penelitian, maka pendekatan yang bisa dipilih adalah pendekatan kualitatif. Di sisi lain, saat tujuan penelitian lebih bertujuan untuk menguji, menghitung, dan memastikan rumusan masalah yang ada, maka pendekatan yang bisa diambil adalah pendekatan kuantitatif.

Sesuaikan dengan Cara Mengumpulkan Data

Sesuaikan dengan Cara Mengumpulkan Data
Sumber: rawpixel.com from freepik.com

Cara lainnya yang dapat diterapkan adalah dengan menyesuaikan bagaimana nantinya data akan dikumpulkan. Apabila data yang dikumpulkan berupa kata, maka pendekatan yang cocok adalah kualitatif. Berbeda jika data yang dikumpulkan nantinya berupa angka, maka pendekatan kuantitatif menjadi pendekatan yang tepat untuk dipilih.

Selain itu, ketika kamu lebih memilih untuk mengumpulkan data yang tidak bersumber dari orang lain dan ingin secara penuh mengontrol data yang ditemukan, maka dalam hal ini kamu bisa menggunakan pendekatan primer. Sebaliknya, ketika data yang kamu kumpulkan sudah ada atau tinggal digunakan, maka pendekatan yang tepat untuk digunakan adalah pendekatan sekunder.

Kemudian, ketika kamu lebih cenderung untuk mengumpulkan data dengan bereksperimen, maka pendekatan yang dapat kamu pilih adalah pendekatan eksperimen. Akan tetapi, bila dalam mengumpulkan data kamu lebih cenderung untuk menjelaskan ulang data yang sudah ada, dalam hal ini pendekatan deskriptif bisa menjadi pilihan yang tepat.

Pertimbangan Lainnya

Apabila kamu sudah mendapatkan pendekatan yang tepat untuk penelitianmu, cobalah untuk mereview dengan beberapa pertimbangan. Hal ini dinilai jadi salah satu langkah yang penting, namun lebih sering diabaikan. Pertimbangan tersebut bisa berupa ketersediaan data, waktu, akses ke responden, dan juga biaya penelitian.

Misalnya, ketika kamu memilih penelitian kualitatif dengan metode survei, cobalah untuk mereview ulang berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan survei tersebut, bagaimana akses ke responden, bagaimana bila data yang nantinya dikumpulkan tidak sesuai dugaan, dan apakah pendekatan tersebut membutuhkan biaya yang banyak atau tidak.

Dengan mengetahui beberapa pertimbangan tersebut kamu akan jauh lebih dimudahkan untuk memperkirakan jalannya penelitian. Disamping itu, pertimbangan tersebut juga bisa dipakai untuk memastikan apakah pendekatan yang dipilih dapat diselesaikan sesuai dengan deadline dan budget yang ada.

Penelitian Tak Harus Menggunakan Hanya Satu Metode

Jika satu dirasa tidak cukup untuk menjawab permasalahan yang kamu angkat, tentu saja kamu diperbolehkan untuk menggunakan lebih dari satu pendekatan. Terlebih lagi jika masalah yang kamu angkat termasuk masalah yang kompleks dan membutuhkan gabungan antara pendekatan yang satu dengan yang lain. Contoh penggunaan dua pendekatan di sini sering diterapkan dalam pendekatan campuran yaitu menggabungkan antara pendekatan kuantitatif dengan kualitatif.

Sekian untuk penjelasan mengenai cara memilih pendekatan penelitian yang tepat. Sebagai bentuk rangkuman singkat, kamu dapat menentukan pendekatan dengan cara menyesuaikan tujuan dan rumusan masalah yang diangkat. Selain itu, cara mengumpulkan data juga berpengaruh besar dalam menentukan pendekatan yang diambil. Jangan lupa pula untuk mempertimbangkan beberapa hal sebelum sempurna memilih pendekatan tersebut. Semoga berhasil!


Sumber:

Nedbalova, E. 2017. How to choose a research method. Diakses pada 15 April 2020, dari ncrm.ac.uk

Thattamparambil, N. 2020. How to choose the research methodology best suited for your study. Diakses pada 15 April 2020, dari editage.com

Artikel Terbaru

Wasila

Wasila

Lulusan Sastra Inggris, UIN Sunan Ampel Surabaya yang saat ini berkecimpung di dunia penerjemahan. Disela-sela kesibukan menerjemah, juga menulis artikel dengan berbagai topik terutama berhubungan dengan kebudayaan.

Tulis Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *