Home Seni & Musik Cara Membuat Scrapbook di Rumah

Cara Membuat Scrapbook di Rumah

Konsep kerajinan scrapbook jadi salah satu favorit dan banyak diburu saat ini. Bentuknya dengan berbagai hiasan yang sangat unik diterapkan mulai dari kerajinan figura, souvenir pernikahan, kado untuk momen spesial dan juga buku harian. Bahkan tak sedikit yang dibuat dengan label handmade, dirangkai dengan keterampilan tangan satu per satu.

Peminat yang terus meningkat dengan ketersediaan pembuat yang lebih sedikit, wajar membuat kerajinan ini masih dibanderol dengan harga yang tinggi. Hanya untuk buku harian saja, Kamu harus merogoh kocek hingga bahkan ratusan ribu, padahal isi lembarannya jauh lebih sedikit dari buku diary model biasa. Itulah mengapa artikel ini mengulas cara membuatnya, supaya Kamu bisa berkreasi sendiri dengan biaya yang jauh lebih murah.

Bahan dan Alat yang Perlu Disiapkan

bahan dan alat scrapbook
Sumber foto : blog.skillagogo.com

Tentu saja sebelum membuatnya ada beberapa bahan dan alat yang perlu Kamu siapkan. Tapi untuk bahan, sebenarnya bisa Kamu atur sesuai kreasi dan selera. Di bawah ini beberapa bahan secara umum yang bisa dipakai untuk membuat buku harian scrapbook:

  • Kertas karton/kardus/bahan lain yang cukup kaku untuk cover
  • Kertas pelapis (HVS, kertas daur ulang, asturo, atau lainnya)
  • Lem putih
  • Kertas untuk isi diary (HVS, daur ulang, sesuai selera)
  • Tali (rali rami/pita/tali lain sesuai selera)
  • Obeng/bor listrik
  • Pembolong kertas
  • Hiasan (bisa pakai sticker, kertas, glitter, bunga kering, foto, sesuai selera)

Langkah-langkah Pembuatan

membuat scrapbook
Sumber foto : liputan6.com

Jika semua bahan dan alat sudah Kamu sediakan, bisa mulai lakukan langkah-langkah di bawah ini :

  • Potong kertas karton atau bahan lain yang Kamu rencanakan sebagai cover. Ukuran bisa Kamu sesuaikan dengan keinginan besar buku diary. Pastikan dua potongan sama besar untuk cover depan dan belakang. Akan lebih bagus kalau Kamu pakai bahan yang kaku, supaya buku lebih awet.
  • Kalau bahan yang Kamu gunakan untuk cover tidak ingin ditutupi dengan apapun, maka tak usah gunakan kertas pelapis. Ini sifatnya opsional kalau Kamu ingin bagiannya dilapisi entah dengan kertas karton, HVS atau kertas lain yang kamu siapkan untuk pelapis.
  • Selanjutnya potong kertas yang Kamu mau pakai untuk isi buku. Bisa Kamu buat ukurannya sama dengan bagian cover ataupun lebih kecil. jika ingin terlihat lebih rapi, maka usahakan untuk memotong dengan ukuran yang sama persis setiap lembarnya.
  • Jika sudah Kamu potong semua lembar isinya, kamu lubangi di bagian pinggir, untuk nantinya digunakan sebagai jalan menjilidnya. Pastikan posisinya sama supaya rapih.
  • Setelah itu Kamu bisa lubangi dua lembar karton untuk cover, jika bahannya keras, bisa gunakan obeng atau bor listrik. Pastikan juga jaraknya sama dengan jarak antar lubang pada isi buku.
  • Jika sudah dilubangi semuanya, Kamu bisa mulai susun buku mulai dari cover belakang di bagian paling bawah, kemudian isi buku dan terakhir cover depan. Kemudian masukkan tali rami atau bahan lain yang Kamu pakai dari lubang cover belakang, menembus setiap lembar isi buku hingga cover depan. Setelahnya bisa Kamu ikat dengan rapi.
  • Nah ini dia, sesi berkreasi yaitu memberikan hiasan pada buku diary Kamu. Bisa tempelkan stiker yang sudah disiapkan atau hiasan lain, terutama pada bagian cover buku, supaya tampak indah. Kamu juga bisa menggambar di atasnya pakai cat minyak, crayon atau spidol, menuliskan namamu atau sejenisnya.

Itulah tutorial singkat untuk Kamu membuat buku harian scrapbook-mu sendiri dengan budget yang lebih murah. Selamat berkreasi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Contoh Notulen Rapat beserta Pengertiannya

Rapat merupakan kegiatan rutin dimana-pun kita bekerja. Rapat sendiri umumya kita akan membahas berbagai hal seperti masalah-masalah yang sedang dihadapi, penyesuaian data-data yang masuk...

Mengenal Manajemen Risiko Bisnis

Semua risiko, bahkan di dalam bisnis sekalipun umumnya bersifat merugikan dan berdampak negatif. Meskipun begitu, bukan berarti risiko tidak dapat dihindarkan. Risiko dapat dikelola...

8 Teknik Berbicara Efektif Agar Mudah Dimengerti

Setiap orang yang hidup di dunia ini diberikan anugerah untuk dapat berbicara. Namun, tidak semua orang dapat berbicara dengan baik. Berbicara dengan baik artinya...

Contoh Surat Pengunduran Diri

Berbagai hal dapat terjadi di dalam lingkungan kerja. Bukan hanya berbagai hal yang menyenangkan dan baik, namun juga berbagai hal yang tidak menyenang -...