Home Tugas Cara Membuat Margin Skripsi di Word

Cara Membuat Margin Skripsi di Word

Microsoft office memiliki berbagai aplikasi yang dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan, misalnya untuk bidang pekerjaan atau pendidikan. Salah satu aplikasi yang paling sering digunakan adalah Microsoft Word. Aplikasi satu ini berfungsi sebagai media untuk menulis sebuah dokumen, artikel, buku atau sebagainya. Bagi mahasiswa, aplikasi ini sangatlah penting untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen, terlebih ketika akan menyusun skripsi.

Penulisan skripsi tidak boleh asal-asalan. Setiap skripsi yang ditulis memiliki kaidah penulisan yang harus diterapkan oleh mahasiswa. Kaidah itu biasanya tidak terlalu berbeda antar universitas yang ada di Indonesia.

Beberapa diantaranya dapat berupa urutan struktur isi (persetujuan pembimbing, halaman pengesahan, pernyataan, kata pengantar, rangkuman, daftar isi, bab 1, bab 2, dst), jenis huruf yang digunakan, ukuran huruf, nomor halaman, ukuran halaman, spasi penulisan, jarak antar gambar, dan sebagainya. Terdapat juga aturan khusus untuk margin pada skripsi.

Apa Itu Margin?

Sumber: pixabay.com

Margin menurut KBBI yaitu tepi atau batas. Dalam Microsoft Word, margin adalah jarak antara tepi pengetikan dengan tepi halaman pada kertas. Hal ini membantu ketika kamu akan mencetak sebuah dokumen. Jarak antara tepi pengetikan dengan tepi halaman tidak akan terlalu dekat atau terlalu jauh saat sudah dicetak.

Margin terletak pada menu tab Layout atau Page Layout dan berada di pojok kiri toolbar. Di Microsoft Word sendiri, setiap halaman sudah memiliki margin 1 cm secara otomatis dan dapat diatur sesuai keperluan. Di dalam margin, terdapat beberapa fitur untuk pengaturan, diantaranya yaitu:

  1. Top

Margin top yaitu fitur yang digunakan untuk memberi jarak antara tepi pengetikan dengan tepi halaman bagian atas kertas.

  1. Left

Margin left yaitu fitur yang digunakan untuk memberi jarak antara tepi pengetikan dengan tepi halaman bagian kiri kertas.

  1. Bottom

Margin bottom yaitu fitur yang digunakan untuk memberi jarak antara tepi pengetikan dengan tepi halaman bagian bawah kertas.

  1. Right

Margin right yaitu fitur yang digunakan untuk memberi jarak antara tepi pengetikan dengan tepi halaman bagian kanan kertas.

  1. Gutter

Gutter yaitu fitur yang digunakan untuk memberi ruang lebih pada sisi margin. Tujuannya yaitu untuk memastikan supaya halaman yang ada di dekat gutter tidak terpotong atau kabur ketika dokumen untuk format berjilid. Umumnya, pengaturan gutter yang digunakan adalah nol (0). Kamu juga bisa mengatur posisi gutter di sebelah kiri atau atas halaman pada bagian gutter position.

  1. Page Orientation

Page orientation yaitu fitur yang digunakan untuk menentukan posisi halaman. Kamu bisa memilih untuk mengatur halaman menjadi posisi portrait atau landscape. Portrait yaitu posisi halaman yang tegak lurus atau vertikal, sedangkan landscape yaitu posisi halaman yang mendatar atau horizontal.

Margin Pada Skripsi

Ukuran margin pada skripsi tidak sama dengan makalah atau dokumen lain. Untuk skripsi, biasanya disepakati bahwa margin 4433. Apa itu 4433? Margin 4433 maksudnya adalah ukuran untuk bagian atas atau top berjarak 4 cm, bagian kiri atau left 4 cm, bagian kanan atau right berjarak 3 cm, dan bagian bawah atau bottom yaitu 3 cm.

Baca juga: Motivasi Skripsi yang Bikin Semangat

Cara Mengatur Margin Skripsi

Kamu gak perlu khawatir karena mengatur margin sangatlah mudah. Sebelum menulis isi skripsi, kamu sebaiknya mengatur margin terlebih dahulu agar lebih mudah nantinya. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk menyesuaikan margin pada skripsi kamu.

Langkah pertama, buka Microsoft Word pada laptop dan pilih Blank document. Kemudian, pilih menu bar Layout. Pada bagian Page Setup, pilih Margins kemudian klik Custom Margins. Akan muncul kotak dialog. Kamu bisa mengisi kolom kotak dialog sesuai dengan ukuran yang sudah ditetapkan yaitu atas atau top 4 cm, kiri atau left 4 cm, kanan atau right 3 cm, dan bawah atau bottom 3 cm.

Di bawahnya terdapat opsi Orientation. Pastikan skripsi kamu pada posisi Potrait. Paling bawah lagi terdapat menu drop-down Apply to. Terdapat beberapa opsi yang bisa dipilih.

  1. Whole document

Whole document digunakan untuk mengatur margin yang sama untuk dokumen secara menyeluruh.

2.This point forward

This point forward digunakan untuk mengatur margin yang baru diterapkan pada halaman-halaman dokumen setelah posisi kursor saat ini.

3. Selected sections

Selected section digunakan hanya untuk mengatur margin pada teks yang telah kamu pilih.

Umumnya, kamu akan memilih opsi Whole document kemudian klik Ok. Maka, margin tersebut telah berubah secara otomatis. Selain itu, pada kotak dialog kamu juga bisa mengubah Paper dan Layout. Pastikan pada opsi Paper, ukuran kertas yang kamu gunakan adalah A4 dan Apply to pilih Whole Document. Pada opsi Layout, bisa juga kamu ubah, tetapi biasanya sudah terformat secara otomatis sehingga tidak perlu banyak diubah.

Margin Skripsi di Microsoft Word

Pertama, pilih menu bar File. Kemudian, klik Page Setup maka akan muncul kotak dialog untuk mengatur margin. Agar lebih mudah, kamu bisa juga langsung tekan alt+F kemudian tekan ‘u’. Setelah kotak dialog muncul, ubah ukuran margin sesuai ketentuan, yaitu atas atau top 4 cm, kiri atau left 4 cm,kanan atau right 3 cm, dan bawah atau bottom 3 cm. Pastikan juga posisi kertas (Orientation) adalah Portait. Di bawahnya, pada pilihan Apply to, kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan.

Pengaplikasian Margin yang Berbeda dalam Satu Dokumen

Dalam pembuatan skripsi atau dokumen lain, mungkin ada halaman yang diharuskan untuk ukuran margin yang berbeda dengan halaman yang lainnya. Kamu tidak perlu bingung untuk mengaturnya. Hal ini tentu mudah. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu terapkan.

Pertama, pilih menu bar Layout. Kemudian, pada toolbar Page Setup klik Breaks. Pada section Breaks, klik Next Page. Halaman selanjutnya merupakan halaman yang sudah bisa kamu ubah marginnya sesuai kebutuhan. Jangan lupa untuk kembali ke menu bar Layout, kemudian pilih Margins dan atur ukurannya. Pada opsi Apply to, pilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Terakhir, klik Ok.  Jika sudah selesai, kamu bisa melihat perbedaan margin yang sudah kamu ubah.

Video

Untuk lebih lengkapnya kamu bisa menonton video berikut:

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu ikuti ketika ingin membuat margin skripsi di Office. Sangat mudah bukan? Yang paling penting adalah jangan lupa untuk menyesuaikan margin terlebih dahulu sebelum kamu mengerjakan skripsi, agar lebih mudah dan tidak lupa nantinya.

Baca juga: Cara Membuat Halaman di Word

Mungkin ada beberapa universitas menerapkan kaidah yang berbeda. Kamu tetap bisa mengikuti langkah-langkah di atas dengan catatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di universitas masing-masing, ya. Nah, semoga ulasan kali ini bisa bermanfaat dan menambah ilmu baru untuk kamu semua.

Avatar
Verenthttp://gerberarouge.wordpress.com
Hobi jalan-jalan dan mencicipi kuliner baru. Bercerita? Saya sampaikan melalui tulisan. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi: Pengertian, Ciri dan Struktur

Pernah nggak sih, kamu penasaran terhadap suatu hal atau objek tertentu dan pengen nyoba untuk mengetahui lebih jauh objek tersebut? Tentu pernah dong. Nah,...

Contoh Konjungsi atau Kata Penghubung serta Jenisnya

Kamu pasti sering melihat penyebutan kata konjungsi atau kata penghubung di dalam soal ujian Bahasa Indonesia, bukan? Rasanya sudah nggak asing lagi sama penyebutan...

Mengenal Manajemen Kontinuitas Bisnis

Tahun 2020 menjadi tahun yang cukup menyedihkan bagi kita semua. Berbagai bencana terjadi dan lebih parahnya, wabah virus corona terjadi di mana-mana. Hal ini...

Pengertian dan Sejarah Corporate Social Responsibility (CSR)

Pernah dengar tentang istilah CSR atau corporate social responsibility? Atau kamu pernah jalan-jalan di taman kota dan menemukan tugu dengan tulisan “Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan...

Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC)

Komunikasi Pemasaran Terpadu, atau dapat juga disebut sebagai Integrated Marketing Campaign (IMC) adalah hal yang penting dalam bidang pemasaran. Secara definisi, IMC adalah sebuah...