Home Tugas Cara Membuat Halaman di Tengah, Kiri, Kanan dan Atas pada Word

Cara Membuat Halaman di Tengah, Kiri, Kanan dan Atas pada Word

Microsoft Word adalah aplikasi yang membantu pembuatan data atau dokumen. Menu yang ditampilkan beragam dan memiliki fitur-fitur yang dikategorikan sesuai fungsi. Kamu bisa menyunting dokumen dengan mengganti jenis huruf, ukuran huruf, warna huruf, menebalkan huruf, letak paragraf, memasukkan gambar, membuat diagram,  dan masih banyak lainnya.

Dalam sebuah dokumen atau karya tulis, baik itu novel, buku, atau karya ilmiah, biasanya terdiri lebih dari satu halaman. Banyaknya halaman yang ada membuat penulis atau pembaca membutuhkan nomor halaman yang nantinya akan dicantumkan di daftar isi. Hal tersebut kemudian akan mempermudah pembaca untuk menemukan halaman yang dituju.

Eits, peletakkan nomor halaman bisa disesuaikan dengan keinginan atau kaidah penulisan yang berlaku loh. Kamu bisa menaruhnya di atas, di bawah, di tengah, di pinggir kanan atau di pinggir kiri halaman. Namun, bagaimana caranya? Berikut ini akan dijelaskan beberapa langkah mudah untuk kamu yang ingin membuat halaman pada Microsoft Word. Yuk, disimak!

Mengatur Halaman Pada Microsoft Word

magazine-mockup-with-blank-space
Sumber: freepik.com

Hal pertama yang paling dibutuhkan yaitu dokumen atau karya tulis yang sudah disiapkan. Setelah itu, kamu bisa memberi nomor halaman dengan mengikuti langkah di bawah ini.

  1. Pilih tab menu Insert.
  2. Pada toolbar Header & Footer, pilih Page Number. Akan muncul berbagai pilihan posisi halaman yang kamu butuhkan. Berikut adalah penjelasannya.

a. Top of Page

Fitur ini berfungsi untuk meletakkan nomor halaman pada bagian atas kertas.

b. Bottom of Page

Fitur ini berfungsi untuk meletakkan nomor halaman pada bagian bawah kertas.

c. Page Margins

Fitur ini berfungsi untuk meletakkan nomor halaman pada margin.

d. Current Position

Fitur ini berfungsi untuk meletakkan nomor halaman pada posisi kursor yang sekarang atau disesuaikan.

e. Format Page Number

Fitur ini berfungsi untuk mengubah letak nomor halaman secara manual.

f. Remove Page Numbers

Fitur ini berfungsi untuk menghapus nomor halaman yang telah dibuat.

  1. Setelah mengetahui fungsi fitur-fitur di atas, kamu bisa mengatur nomor halaman sesuai dengan kebutuhan.

Cara Membedakan Posisi Nomor Halaman Satu dengan Yang Lain

Biasanya ada beberapa karya tulis yang mengharuskan posisi nomor halaman pada bagian pertama berbeda dengan bagian kedua, contohnya adalah skripsi. Pada halaman pertama bab 1, nomor halaman akan diletakkan di bagian tengah bawah kertas. Selanjutnya di halaman kedua dan seterusnya, nomor halaman akan diletakkan di pojok kanan atas kertas. Hal ini diulangi untuk awalan bab kedua, ketiga, dan seterusnya. Lalu, bagaimanakah caranya?

Sebagai gambaran, dapat dilihat pada gambar berikut.

Nomor Halaman
Sumber: Dokumentasi Penulis

Setelah melihat contoh gambar, maka langkah pertama yaitu beri nomor halaman pada halaman pertama bab 1. Klik Insert > Page Number > Bottom of Page > Plain Number 2. Setelah itu, letakkan kursor pada bagian akhir halaman pertama bab 1. Hal ini akan memudahkan untuk posisi halaman yang berbeda selanjutnya. Kemudian, pilih tab menu Layout. Pada ribbon Page Setup, pilih Breaks. Akan muncul pilihan Next Page lalu klik. Kursor akan otomatis berpindah ke halaman berikutnya (halaman kedua).

Baca juga: Cara Membuat Kata Pengantar Skripsi

Di halaman kedua, silakan double klik pada nomor halaman yang ada di tengah bawah kertas. Akan muncul tab menu baru yaitu Header & Footer Tools. Pada pilihan Navigation, klik Link to Previous. Jika sudah diklik, fitur itu akan berwarna netral seperti  yang lain, berarti fitur tersebut sudah tidak aktif. Perlu diketahui hal ini dilakukan agar perubahan nomor halaman itu tidak berdampak pada halaman awal, sehingga kamu perlu menghapus keterkaitan (Link to Previous) dengan halaman sebelumnya.

Setelah selesai, kamu bisa mengatur posisi dan format nomor halaman yang baru (masih di halaman kedua). Di tab menu Header & Footer Tools, klik Page Number. Pilih Top of Page kemudian klik pada pilihan Plain Number 3. Nomor halaman yang sedang kamu ubah akan muncul secara otomatis. Jangan lupa non-aktifkan Link to Previous kembali seperti langkah sebelumnya.

Nomor halaman yang ganda (ada di tengah bawah dan pojok atas kanan) bisa di double klik kemudian hapus yang diperlukan. Nomor halaman skripsi kamu sudah sesuai kaidah, deh. Lakukan langkah yang sama untuk setiap bab baru.

Cara Membedakan Jenis Nomor Halaman Satu dengan Yang Lain

Masih pada contoh skripsi, nomor halaman pada pendahuluan (lembar pengesahan, kata pengantar, rangkuman, daftar isi, dsb) menggunakan jenis nomor halaman romawi, sedangkan nomor halaman pada bab 1 sampai lampiran menggunakan jenis angka. Hal ini membuat kamu perlu mengatur kembali format nomor halaman. Bagaimanakah caranya? Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

Pertama, letakkan kursor pada halaman pertama pendahuluan (contohnya persetujuan pembimbing). Kemudian, pilih menu bar Insert, klik Page Number pada toolbar Header & Footer. Klik Format Page Number. Akan muncul kotak dialog yang berisi Number format, Include chapter number, dan Page numbering.

Pada Number format, terdapat pilihan jenis nomor halaman seperti romawi (i, ii, iii,…) (I,II,III,…), huruf (a,b,c,…) (A,B,C,…), dan angka (1,2,3,…). Pilih jenis romawi dengan huruf besar atau kecil sesuai peraturan yang berlaku untuk skripsi kamu. Dibawahnya, pada Page numbering, pilih Start at dan isi ‘ii’.

Kemudian kembali lagi ke tab menu Insert. Pilih Page Number, kemudian Bottom of Page dan klik Plain Number 2. Nomor halaman akan muncul otomatis untuk bagian pendahuluan skripsi kamu.

Cara Mengosongkan Nomor Halaman Pada Sampul

Agar sampul dokumen atau karya tulis bersih tidak terdapat nomor halaman, langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu letakkan kursor di bagian akhir sampul. Kemudian, kamu tinggal menerapkan langkah seperti contoh sebelumnya, yaitu klik Layout > Breaks > Next Page. Kursor akan otomatis ke halaman selanjutnya. Nah, ketika memberikan nomor halaman di halaman kedua, nomor tersebut akan muncul juga di sampul karya tulis tadi.

Maka, double klik pada nomor halaman di halaman kedua (setelah sampul), akan muncul tab menu Header & Footer Tools. Klik Link to Previous sehingga berwarna netral seperti yang lain yang menandakan fitur tersebut sudah non-aktif. Nomor halaman pada sampul skripsi sudah dapat dihapus dan tidak akan mengubah nomor halaman yang sudah diterapkan di halaman berikutnya.

Baca juga: Cara Membuat Daftar Isi

Video

Jika masih kebingungan kamu bisa menonton videonya:

Nah, itulah beberapa langkah yang bisa kamu terapkan untuk memberikan nomor halaman pada dokumen atau karya tulis kamu di Office. Perlu diingat bahwa pemberian nomor halaman ini butuh sedikit ketelitian. Karena, setiap bagian dan atau bab baru membutuhkan format yang berbeda-beda.

Jadi, sekarang kamu gak perlu repot-repot lagi deh untuk memisahkan dokumen karena dalam satu dokumen kamu sudah bisa membedakan nomor halaman sesuai dengan keinginan dan kaidah yang berlaku. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Avatar
Verenthttp://gerberarouge.wordpress.com
Hobi jalan-jalan dan mencicipi kuliner baru. Bercerita? Saya sampaikan melalui tulisan. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi: Pengertian, Ciri dan Struktur

Pernah nggak sih, kamu penasaran terhadap suatu hal atau objek tertentu dan pengen nyoba untuk mengetahui lebih jauh objek tersebut? Tentu pernah dong. Nah,...

Contoh Konjungsi atau Kata Penghubung serta Jenisnya

Kamu pasti sering melihat penyebutan kata konjungsi atau kata penghubung di dalam soal ujian Bahasa Indonesia, bukan? Rasanya sudah nggak asing lagi sama penyebutan...

Mengenal Manajemen Kontinuitas Bisnis

Tahun 2020 menjadi tahun yang cukup menyedihkan bagi kita semua. Berbagai bencana terjadi dan lebih parahnya, wabah virus corona terjadi di mana-mana. Hal ini...

Pengertian dan Sejarah Corporate Social Responsibility (CSR)

Pernah dengar tentang istilah CSR atau corporate social responsibility? Atau kamu pernah jalan-jalan di taman kota dan menemukan tugu dengan tulisan “Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan...

Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC)

Komunikasi Pemasaran Terpadu, atau dapat juga disebut sebagai Integrated Marketing Campaign (IMC) adalah hal yang penting dalam bidang pemasaran. Secara definisi, IMC adalah sebuah...