Home Memasak Cara Memasak dengan Teknik Ungkep

Cara Memasak dengan Teknik Ungkep

Ada banyak cara untuk memasak makanan. Lebih lagi bagi kamu yang benar-benar menyukai kegiatan masak memasak. Pasti akan lebih seru jika mencoba semua teknik memasak.

Entah itu memasak dengan teknik goreng, bakar, rebus, gongseng, atau pun ungkep. Semua teknik tersebut bisa dengan mudah dilakukan jika kamu hobi dan senang mempelajari tekniknya.

Bagaimana dengan teknik ungkep? Apa yang kamu ketahui tentang teknik memasak yang satu ini? Teknik ungkep biasanya dipraktikkan agar bumbu masakan dapat meresap sempurna pada bahan yang kamu pilih.

Kamu bisa saja mengungkep terlebih dahulu ayam atau daging lalu memasaknya di kemudian hari. Ya, simple saja, ini merupakan salah satu teknik untuk mengawetkan bahan makanan.

Apakah hanya itu saja? Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan teknik ungkep dan bagaimana cara mempraktikkannya, kamu bisa mengetahuinya melalui ulasan berikut ini.

Mengenal Lebih Jauh tentang Teknik Ungkep

Cara memasak dengan teknik ungkep seperti ayam atau daging digunakan untuk proses memasak yang memakan waktu lama. Misalnya saja, kamu akan memasak daging ayam, lalu merasa ragu atas tingkat kematangannya. Kamu bisa menggunakan teknik ungkep atau memasak dengan api kecil ini.

Ketika kamu sudah memasak menggunakan teknik ini, kamu tidak perlu memasak dengan memakan waktu lama untuk melakukan eksekusi selanjutnya. Kamu pun dapat menyimpannya terlebih dahulu untuk waktu yang tidak terlalu lama.

Sumber: myrajma.com

Apa yang Harus Dilakukan?

Pertanyaan ini mengarah pada tingkat pengerjaannya. Bagaimana cara memasak dengan teknik ungkep ini? Masing-masing bahan masakan seperti ayam maupun daging memiliki tingkat kematangan yang berbeda. Sehingga perbedaan keduanya sering terletak pada waktu yang dihabiskan untuk mengungkep.

Baca juga: Cara Menumis Bawang Putih Yang Enak

Dalam ulasan kali ini, kamu akan diperkenalkan bagaimana caranya mengungkep ayam dengan baik. Berikut adalah ulasannya.

1. Siapkan Bumbu yang Dibutuhkan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan bumbu ungkep. Ini juga tergantung pada jenis eksekusi selanjutnya. Jika kamu akan menggoreng ayam, kamu harus mempersiapkan jahe, daun jeruk, serai, kunyit, kemiri, bawang putih, dan lainnya.

Sekali lagi, bumbu-bumbu tersebut bergantung selera atau kebiasaan memasakmu. Upayakan untuk menggilingnya secara halus menggunakan cobekan. Ini karena menghaluskan bahan dengan media yang berbeda akan mempengaruhi cita rasanya.

2. Pastikan Ayam Sudah Diotong Terlebih Dahulu

Agar bumbu masakan meresap secara sempurna, potong-potonglah ayam tersebut. Tidak ada patokan ukuran yang berlaku karena kamu dapat menyesuaikannya dengan seberapa yang kamu butuhkan.

3. Periksa Kadar Air

Kenapa kamu harus memeriksa kadar air ketika mengungkep? Jawabannya sederhana, kamu bukan sedang membuat sup. Jika air yang dgunakan terlalu banyak, kamu akan mendapati hasilnya dalam keadaan yang kurang pas.

Ngga mau juga kan makanan yang kamu masak nantinya terbuang sia-sia? Gunakanlah air secukupnya. Bila perlu, masaklah terlebih dahulu bumbu tersebut bersama air, lalu masukkan ayam yang telah dipotong.

4. Slow Cooking

Slow cooking adalah istilah memasak dengan menggunakan api kecil. Ya, teknik ungkep memang seharusnya menggunakan api yang kecil agar bumbu dapat meresap secara sempurna. Selain itu, api yang besar akan membuat masakan matang secara cepat hanya dari luarnya saja.

Ya, kamu membutuhkan api kecil yang konstan di sini untuk menjamin kematangan masakanmu. Setidaknya kamu harus meluangkan sedikit dari waktumu untuk menunggu kematangan masakanmu.

5. Pastikan Panci Berada dalam Keadaan Tertutup

Kenapa kamu harus menutup panci ketika memasak dengan teknik ungkep? Apakah ini bagian dari keamanan? Yang pasti ini adalah bagian dari jaminan rasa. Ketika kamu memilih masakanmu berada dalam keadaan tertutup, maka bumbu masakan akan tetap berada di sekitar masakan.

Apabila panci berada dalam keadaan terbuka, kamu akan mendapati masakanmu kekurangan bumbu. Ini karena bumbu masakan tersebut menguap dan merembes ke luar panci.

6. Cek Durasi

Apa yang kamu pikirkan tentang teknik ungkep ini? Jika ini berhubungan dengan waktu, memang benar adanya bahwa teknik ungkep akan memakan waktu yang cukup lama.

Setidaknya kamu membutuhkan waktu sekitar 30 hingga 40 menit. Namun setelahnya, kamu bisa secara bebas menentukan “mau diapakan” ayam telah diungkep tersebut. Tentunya ini akan lebih baik jika kamu memasak tanpa mempraktikkan teknik ini.

7. Perhatikan Caranya!

Perlu kamu ingat bahwa cara memasak makanan dengan teknik ungkep ini tidak perlu begitu matang. Pastikan bahwa masakanmu tidak berada dalam keadaan mentah dan terlalu matang.

Jika masakan berada dalam keadaan mentah, kamu mesti bekerja dua kali lagi untuk membuatnya berada dalam keadaan setengah matang. Ketika kamu membiarkannya berada dalam keadaan terlalu matang, kamu akan kehilangan gizi makanan tersebut. Upayakan kamu terus memeriksa keadaan masakanmu sesering mungkin.

Baca juga: Tips dan Cara Merebus yang Benar

Nah, itulah beberapa cara memasak dengan tekik ungkep yang bisa kamu lakukan. Hal penting dari teknik ini adalah bagaimana kamu memasak makanan dengan api yang kecil. Selain itu, kamu harus memastikan bumbu masakan meresap secara sempurna dengan bumbu yang sudah digiling halus.

Cara memasak dengan teknik ungkep ini sangat mudah dilakukan, bukan? Tunggu apa lagi? Ayo segera bereksperimen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Fungsi: Notasi, Domain, Range, Operasi, Komposisi dan Invers

Fungsi adalah salah satu materi yang sangat penting untuk dipelajari sebelum kamu memasuki bab lainnya, seperti turunan dan integral. Untuk itu mari kita belajar...

Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Contoh dan Cara Penyelesaian

Pada bab sebelumnya kita sudah mengetahui nilai mutlak, kali ini kita akan belajar tentang persamaan linear tiga variabel. Hampir setiap hari kita menggunakan sistem...

Nilai Mutlak: Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linier Satu Variabel

Nilai mutlak sering kita gunakan dalam kehidupan, namun hanya sedikit orang yang memahaminya. Nah, Untuk memahami lebih lanjut mengenai nilai mutlak serta persamaan dan...

Contoh Paper: Pengertian, Struktur, Format dan Cara Membuatnya

Di dunia perkuliahan, menulis paper selalu mudah dijumpai di berbagai mata kuliah. Tugas menulis paper seperti sudah menjadi makanan sehari-hari bagi mahasiswa. Selain itu,...

Cara Membuat Outline Skripsi

Bagi kalian yang sudah mulai mengerjakan tugas akhir, pasti kalian mulai memikirkan sebenarnya outline skripsi itu bagaimana sih? Mungkin banyak dari kalian yang sama...