Home Pengembangan Diri Soft Skills 8 Cara Brainstorming yang Kreatif

8 Cara Brainstorming yang Kreatif

Bagi kamu yang sering menggeluti proses berpikir kreatif, pasti tidak asing dengan istilah Brainstorming. Brainstorming adalah proses yang memudahkan kita mencari ide-ide dan solusi buat permasalahan kita.

Seringkali saat rapat kantor tempat kita kerja, peserta rapat pada diam seribu bahasa, tidak mengutarakan kritik, ide atau saran nya untuk perusahaan. Sebabnya mungkin karena takut pendapatnya keliru, malu berbicara, atau merasa ada hal lain yang lebih prioritas untuk dibahas daripada eksplor ide pribadi.

Menurut Osborn dalam bukunya “How to Think Up”, di kondisi itulah kita butuh brainstorming untuk mengeluarkan ide-ide kreatif yang ada di pikiran masing-masing peserta rapat. Dengan saling mengeksplor dan mendiskusikan ide masing-masing peserta rapat, maka kemungkinan besar akan ditemukan solusi untuk permasalahan yang ada. Jadi, saat kamu butuh bertukar pikiran secara optimal untuk memecahkan masalah, brainstorming solusinya.

Namun faktanya brainstorming tidak semudah membalikkan telapak tangan. Kadang sesi brainstorming sudah berjalan berjam-jam tapi solusi yang diharapan belum juga ditemukan. Atau dengan kata lain proses brainstorming berjalan tidak efektif.  Nah justru ini adalah tantangannya, bagaimana kita membuat proses brainstorming kita berjalan dan juga efektif.

Sebelum melakukan proses brainstorming ada hal-hal yang perlu diperhatikan, untuk menjadikan sesi brainstorming kamu berhasil. Berikut adalah 6 tips brainstorming untuk kalian.

Pilihlah Leader

cara brainstrorming yang efektif
Sumber foto : us.experteer.com

Dalam diskusi, semakin banyak peserta diskusi akan semakin banyak ide dan pembicaraan yang terjadi. Potensi besar diksusi akan melebar ke topik lain, atau bisa juga terjadi debat kusir karena peserta diskusi bersikukuh merasa ide masing-masing yang paling benar.

Baca juga: Peran Anggota Tim dalam Teamwork yang Baik

Maka dari itu kalian butuh sosok leader diskusi, yang tugasnya mengatur berjalannya diskusi kondusif sesuai topik, mempertimbangkan pendapat dan menyimpulkan keputusan solusi yang akan diambil dari proses diskusi. Pilihlah orang yang orang yang paling ahli dalam bidang masalah terkait sebagai leader, supaya solusi yang dipilih tepat alias tidak asal-asalan.

Tampung Dahulu Semua Ide

cara brainstrorming yang efektif
Sumber foto : inc.com

Saat sesi brainstorming, hawa yang sering kali muncul adalah hawa untuk men – storming ide yang diajukan oleh teman kita. Karena tujuan nya ingin menemukan solusi yang paling tepat dan bisa dipertanggung jawabkan. Namun baiknya jika ada teman kamu yang mengutarakan ide yang mungkin  out of the box dan terlihat kurang rasional, jangan langsung di kritisi ya. Tampung dulu idenya, barangkali ide itu menjadi lebih realistis dan rasional jika dipadukan dengan ide lain.

Kumpulkan Ide Sebanyak-banyaknya

Banyak ide lebih baik daripada kurang ide, berapapun ide yang masuk kumpulkan dan catat semua. Justru banyaknya ide akan menstimulus anggota diskusi yang lain untuk terus berpikir merangkai solusi-solusi dari ide yang kalian kumpulkan.

Jangan Lupa Catat Ide Dalam Bentuk Mind Mapping

cara brainstrorming yang efektif
Sumber foto : videohive.net

Mencatat ide dengan mind mapping artinya membuat skema dengan bagan, garis, warna untuk merangkai ide-ide hasil brainstorming kalian. Selain karena ide jadi mudah dipahami dengan adanya skema, kalian juga akan lebih mudah menuliskan ide baru dengan mind mapping. Tinggal menambahkan saja cabang dalam bagannya.

Misalkan, ide untuk tampilan pentas seni momen hari pahlawan. Bisa dieksplor dengan banyak ide pentas seni, cabang pertama drama perobekan bendera yamato, cabang kedua musikalisasi puisi tema pahlawan, cabang ketiga choir lagu pahlawan. Dan masih banyak lagi ide yang bisa kalan tuliskan dengan mind mapping.

Fokuslah Pada Satu Grup Diskusi

cara brainstrorming yang efektif
Sumber foto : cornellsun.com

Sebelum forum brainstorming, berikan nilai penting keterbukaan dan kepercayaan diri mengutarakan pendapat, dan focus dalam satu grup diskusi saja. Karena jika tidak rawan terjadi forum didalam forum, sebabnya bisa jadi karena ada teman kamu yang kurang percaya diri bicara di depan umum. Atau memang ada beberapa karakter yang suka mengkritisi dibelakang. Wah bahaya kan ya, jadi tekankan keterbukaan dan fokus pada grup diskusi.

Bentuk Tim Kecil

cara brainstorming
Sumber foto : www.abc.net.au

Dalam sebuah grup diskusi, terkadang yang membuat minimnya ide bermunculan bukan disebabkan tidak ada ide dari kelompok diskusimu. Melainkan mereka tidak berani menyampaikan pendapat apa yang ada dipikiran mereka. Hal ini membuat ide sulit keluar dan jika mereka memiliki ide, justru terjadi forum-forum kecil seperti penjelasan sebelumnya. Hal itu cukup menggangu bukan ?

Nah, untuk menghindari hal itu, sebagai leader dalam rapat tim, Kamu bisa membuat kelompok-kelompok kecil yang membahas tema tertentu sesuai dengan kebutuhan atau tujuan rapat diadakan. Setelah mereka selesai dalam waktu yang telah ditentukan, maka Kamu bisa menunjuk salah satu dari setiap perwakilan kelompok untuk menyampaikan pendapatnya.

Hal ini cukup efektif dan menarik untuk membuat kreatifittas mereka semakin terasah. Sebab cara ini memberikan ruang kepada audience untuk mengeksplore ide mereka tanpa ada yang mengintervensinya diawal. Rasa nyaman berdiskusi dengan rekan kerja yang setara akan membuat ide-ide kreatif yang bermunculan. Selain itu, hal ini meminimalisir terjadinya forum  dalam forum loh. Hal yang efektif dan menarik bukan ?

Memberikan Batas Waktu

cara brainstorming
Sumber foto : www.daffaardhan.com

Memberikan batas waktu dalam sesi brainstorming akan mendorong audience untuk membuat pemecahan masalah yang solutif dan seefisien mungkin. Mereka akan terbiasa fokus diskusi pemecahan masalah, dan diskusinya akan semakin padat dan tidak terlalu banyak waktu senggang untuk melamun atau memikirkan hal-hal yang selainnya yang justru bsia merusak suasana sesi diskusi.

Pertimbangkan Ide Secara Realistis dan Rasional

cara brainstrorming yang efektif
Sumber foto : www.higheredjobs.com

Saat ide sudah terkumpul dan hendak menentukan mana ide yang akan dipilih sebagai solusi. Jangan lupa untuk menghitung ide yang realistis dan rasional untuk dipilih ya. Supaya ide tersebut tidak hanya jadi angan-angan, melainkan langkah pasti yang bisa direalisasikan oleh tim kalian. Dan juga bisa dihasilkan ide yang paling besar manfaat nya, dan paling minim bahkan nol dampak negatifnya.

Baca juga: Cara Menyelesaikan Masalah Kelompok

Jadi, itulah beberapa cara supaya brainstorming bisa berjalan efektif. Semoga berhasil!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Apa itu HPP (Harga Pokok Penjualan) dan Penjelasannya

Seorang praktisi bisnis perlu memahami apa itu HPP dan bagaimana cara menghitungnya. Ini akan memberikan keuntungan bagi pebisnis tersebut dalam mengatur sumber daya dan...

Mengenal Apa Itu Jurusan Sastra Indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan Pramoedya Ananta Toer, Buya Hamka, Sapardi Djoko Damono, Chairil Anwar, Kridalaksana, atau Gorys Keraf? Nama-nama tersebut tentunya sudah gak...

Mengenal Teori Motivasi dari Para Ahli Psikologi

Motivasi, sebuah kata yang tidak asing lagi di telinga kita. Secara sederhana, motivasi dapat diibaratkan sebagai dorongan, penggerak, pemicu, atau alasan yang dapat mengarahkan...

5 Langkah Praktis Cara Membuat Anggaran Bisnis

Cara membuat anggaran bisnis sering jarang diperhatikan para praktisi usaha. Apalagi ketika masih berupa usaha mikro atau bisnis kecil. Padahal, sebenarnya ini adalah fondasi...