Home Seni & Musik Cara Belajar Bermain Piano untuk Pemula

Cara Belajar Bermain Piano untuk Pemula

Banyak orang yang ingin bisa bermain alat musik, salah satunya piano. Alat musik satu ini termasuk yang banyak digunakan selain gitar, sehingga peluangnya untuk digunakan dalam pengiring musik sangat besar. Sayangnya sebagian merasa minder untuk belajar karena merasa wawasan musiknya masih sangat minim. Padahal, siapapun yang sekarang bisa bermain piano juga pernah awam dulunya.

Menariknya disini akan dibahas tentang cara belajar bermain piano untuk pemula. Akan dibahas mulai dari nada-nada pada piano dan rumus-rumusnya. Jadi untuk Kamu yang ingin belajar piano dari dasar, bisa simak ulasan ini.

Dasar-dasar Bermain Piano

tangga nada mayor minor
Sumber foto : sinaumusi.blogspot.com

Tentu saja, supaya bisa bermain piano maka salah satu hal dasar yang perlu dipelajari adalah nada dasar dalam tuts (tombol) piano. Kamu tahu bahwa pada piano ada tombol putih dan tombol hitam. Tombol putih itu adalah tuts untuk tangga nada mayor. Sedangkan tuts hitam adalah kres atau mol, untuk nada yang hanya setengah.

Baca juga: Cara Belajar Not Balok

Pada bagian tengah piano itu untuk nada dasar C3, jika naik satu oktaf berarti C4 jika turun satu oktaf berarti ke C2. Dalam jajaran tangga nada mayor, kamu bisa menandai dua tuts hitam sebagai batas. Bagian kirinya adalah untuk nada C. sebelahnya adalah nada D, E, F, G, A, B lalu kembali lagi C lagi. Dalam tangga nada mayor, nada itu juga bisa ditulis dengan do-re-mi-fa-sol-la-si-do.

Kalau bermain pada tangga nada D, berarti do untuk nada D, mi untuk F#. Kamu bisa lebih banyak paham tentang ini jika belajar juga tentang tangga nada mayor dan minor. Untuk nada yang nilainya 1, maka pada tuts putih, sedangkan untuk nada yang nilainya setengah pada tuts hitam.

Posisi Jari Tangan

posisi tangan di atas piano
Sumber foto : thepiano.sg

Meskipun bermain piano hanya dilakukan dengan menekan tombol tapi bukan berarti juga sembarangan untuk posisi tangannya ya. Usahakan untuk tidak terlalu tegang tapi juga tak terlalu lemas tangan Kamu saat bermain piano. Itu supaya tangan lebih leluasa untuk berpindah. Di bawah ini posisi jari-jari standar untuk bermain piano :

  • Tangan Kiri
    Ibu jari untuk C atau G
    Telunjuk untuk B atau F
    Jari tengah untuk A atau E
    Jari manis untuk D
    Jari kelingking untuk C
  • Tangan Kanan
    Ibu jari untuk C atau F
    Telunjuk untuk D atau G
    Jari tengah untuk E atau A
    Jari manis untuk B
    Jari kelingking untuk C

Posisi tangan ini digunakan bukan hanya untuk tangga nada mayor, tapi untuk semua tangga nada. Jadi Kamu bisa mulai latih posisi tangan sesuai dengan nadanya. Sembari menghapalkan nada tuts piano, tangan Kamu akan semakin lincah menari di atasnya. Mulai dari tangan kanan dulu, lalu diganti tangan kiri, lalu bermain oktaf bawah atau atasnya.

Baca juga: Cara Melakukan Pemanasan Suara

Jadi itulah hal-hal dasar untuk Kamu yang masih awal bermain piano. Satu hal penting yang perlu diingat, bahwa belajar apapun pasti akan membutuhkan proses. Termasuk untuk bisa bermain piano, pasti akan menuntut proses belajar yang tidak sebentar. Jadi untuk Kamu yang masih awal-awal, tak perlu minder dulu, selama Kamu terus berlatih, suatu saat pasti Kamu bisa jadi pemain piano handal!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi: Pengertian, Ciri dan Struktur

Pernah nggak sih, kamu penasaran terhadap suatu hal atau objek tertentu dan pengen nyoba untuk mengetahui lebih jauh objek tersebut? Tentu pernah dong. Nah,...

Contoh Konjungsi atau Kata Penghubung serta Jenisnya

Kamu pasti sering melihat penyebutan kata konjungsi atau kata penghubung di dalam soal ujian Bahasa Indonesia, bukan? Rasanya sudah nggak asing lagi sama penyebutan...

Mengenal Manajemen Kontinuitas Bisnis

Tahun 2020 menjadi tahun yang cukup menyedihkan bagi kita semua. Berbagai bencana terjadi dan lebih parahnya, wabah virus corona terjadi di mana-mana. Hal ini...

Pengertian dan Sejarah Corporate Social Responsibility (CSR)

Pernah dengar tentang istilah CSR atau corporate social responsibility? Atau kamu pernah jalan-jalan di taman kota dan menemukan tugu dengan tulisan “Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan...

Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC)

Komunikasi Pemasaran Terpadu, atau dapat juga disebut sebagai Integrated Marketing Campaign (IMC) adalah hal yang penting dalam bidang pemasaran. Secara definisi, IMC adalah sebuah...