Home Tugas Bentuk dan Contoh Cover Makalah yang Baik dan Benar

Bentuk dan Contoh Cover Makalah yang Baik dan Benar

Jika Kamu mahasiswa pasti tak asing lagi dengan makalah karena tak jarang dosen memberikan tugas dalam bentuk makalah. Kamu yang sedang mencari contoh cover atau sampul untuk dijadikan sebagai tugas makalah Kamu, ada beberapa hal yang perlu Kamu perhatikan. Karena yang pertama dilihat dari sebuah makalah adalah covernya, seandainya covernya menarik, maka orang yang melihat akan jadi tertarik untuk membaca isinya.

Sebenarnya format cover untuk makalah tidak beda jauh dengan cover untuk karya tulis ilmiah lainnya seperti skripsi, jurnal penelitian dan sejenisnya. Beberapa yang harus Kamu perhatikan dalam penyusunan cover makalah ada enam. Simak lebih lengkapnya di bawah ini!

Judul Makalah

Dalam pembuatan cover makalah yang pertama diperhatikan adalah judul diletakan pada tengah cover. Serta perhatikan terhadap judul yang mau Kamu tulis, karena judul akan memberikan informasi, secara singkat mengenai isi makalah yang Kamu buat. Jadi buatlah judul yang baik, menarik, dan jelas untuk langsung dipahami.

Serta dalam penggunaan huruf pada judul, gunakan font standart yang mudah untuk dibaca seperti Arial, Times New Roman atau Calibri. Jangan lupa untuk menggunakan huruf kapital, beserta diberi cetak tebal atau Bold, serta peletakan judul Kamu taruh pada bagian tengan atas cover makalah.

cover makalah yang baik dan benar
Sumber foto : www.wajibbaca.com

Tujuan Makalah

Tujuan makalah bisa Kamu letakan pada bagian setelah judul atau pada bagian sub judul, Kamu bisa menggunakan huruf yang lebih kecil dari pada sub judul. Contoh jika Kamu tadi pada judul menggunakan huruf ukuran font 14, maka pada penulisan tujuan makalah, Kamu bisa gunakan ukuran huruf 12 dengan huruf kapital. Contohnya bisa Kamu lihat pada tulisan bagian bawah di gambar atas.

Logo atau Gambar Makalah

Pemberian gambar atau logo pada sebuah makalah diletakan pada posisi tengah cover sampul, dengan ukuran panjang dan lebar kalau bisa sama, tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar. Dalam pemberian logo pada sampul makalah harus disesuaikan dengan ukuran kertas yang akan digunakan.

Data Penyusun Makalah

cover makalah yang baik dan benar
Sumber foto : www.romadecade.org

Informasi dalam penulisan dan penyusunan sebuah makalah, harus sesuai dengan proses pembuatan makalah itu sendiri, jika dalam pembuatannya dalam lingkup kelompok, maka tulis siapa saja anggota-anggota yang bersangkutan dalam menyusun makalah tersebut.

Nama Fakultas dan Jurusan

Kamu bisa menulis tentang keterangan, mulai dari nama fakultas dan jurusan yang sedang dijalani pada saat ini. Kamu bisa menulisnya pada bagian bawah cover makalah. Untuk menulisnya, Kamu harus menggunakan huruf kapital seluruhnya, persis seperti ketika menulis bagian judul.

Jika penulis sedang kuliah di sebuah Universitas atau perguruan tinggi, maka pada bagian ini, bisa Kamu tulis berdasarkan dengan jurusan yang dimiliki. Seandainya penulis masih bersekolah dibangku SMP atau SMA , maka bisa mencantumkan nama sekolah saja. Sedangkan untuk SMK, bisa seperti mahasiswa, juga ditulis jurusannya.

cover makalah yang baik dan benar
Sumber foto : www.romadecade.org

Tahun Pembuatan

Nah ini adalah bagian terbawah dari cover makalah yaitu tahun pembuatan. Pemberian data tahun tersebut berfungsi untuk memudahkan pembaca tahun kapan makalah tersebut dibuat.

Baca juga: Jenis Metode Penelitian

Contoh Cover Makalah yang Baik dan Benar

Supaya lebih jelasnya, Kamu bisa simak beberapa contoh cover makalah yang benar di bawah ini:

cover makalah yang baik dan benar
Sumber foto : www.romadecade.org

cover makalah yang baik dan benar
Sumber foto : www.wajibbaca.com

cover makalah yang baik dan benar
Sumber foto : www.romadecade.org

cover makalah yang baik dan benar
Sumber foto : mahir-msoffice.blogspot.com

Sekarang Kamu sudah tahu bagaimana susunan cover makalah yang benar. Jadi tak perlu bingung lagi dan poin-poin di atas bisa kamu terapkan ketika mendapat tugas makalah ya!

Baca juga: Kata Pengantar Makalah yang Baik dan Beserta Contohnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Kalimat Persuasif: Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contoh

Kalau sebelumnya telah dibahas mengenai kalimat imperatif dan kalimat deklaratif, kini saatnya kamu menambah ilmu lagi tentang jenis-jenis kalimat berdasarkan isinya. Pembahasan selanjutnya, yaitu...

Kalimat Majemuk: Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contoh

Dulu saat masih duduk di bangku sekolah, pasti selalu ada materi tentang kalimat. Ada banyak materi tentang kalimat yang disampaikan oleh guru, salah satunya...

10 Suku di Bali dan Nusa Tenggara Serta Penjelasannya

Bali dan Nusa Tenggara adalah pulau kecil di Indonesia. Meski begitu, pulau - pulau ini menyimpan keindahan alam yang sangat memukau. Ditambah lagi keberagaman...

Kalimat Efektif dan Tidak Efektif: Pengertian, Ciri, dan Contoh

Membuat suatu tulisan bukanlah hal yang sulit. Semua orang bisa membuat tulisan mengenai hal-hal apa saja yang ingin dibahasnya. Tapi, sayangnya belum semua orang...

10 Suku di Maluku Serta Penjelasannya

Maluku adalah provinsi yang meliputi bagian selatan Kepulauan Maluku. Alam Maluku masih sangat indah, banyak objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Seperti pantai,...