Home Seni & Musik Cara Belajar Bermain Gitar Untuk Pemula

Cara Belajar Bermain Gitar Untuk Pemula

Ada ngga di antara kamu yang bisa main gitar? Ya, main gitar, bernyanyi sambil memainkan gitar. Tahu ngga, buat sebagian orang, bermain gitar menyanyikan lagu favorit merupakan salah satu aksi paling eksotis yang bisa dilakukan seseorang. Bahkan ada kalangan yang bisa langsung setengah jatuh cinta saat menyaksikan seseorang bermain gitar dengan begitu mengesankan.

Nah, gimana supaya bisa bermain gitar? Buat yang mau belajar main gitar, bisa kok belajar sendiri. Yang penting niat dan mau berusaha. Itu kuncinya. Sekarang balik lagi, mau ngga tambah keren karena bisa main gitar? 

Agar bisa belajar gitar tentu saja harus ada gitarnya. Boleh pinjam, tapi sebaiknya punya sendiri. Beli di toko yang menjual peralatan musik. Tidak perlu yang mahal, yang penting kualitasnya bagus untuk pemula yang ingin belajar gitar.

Setelah memilikinya, kamu bisa mulai memahami terlebih dahulu gitar yang kamu punya. 

Belajar gitar
Sumber foto : id.wikipedia.org

Kalau sudah, berarti sekarang kamu bisa mulai belajar memainkan gitar. Dan yang perlu dipelajari sebagai pemula adalah:

1. Kunci/Kord Dasar Gitar

Sumber bunyi pada gitar adalah senar. Dan gitar secara umum memiliki 6 senar. Berurutan mulai dari yang terkecil berada paling bawah sampai dengan yang paling besar di urutan paling atas. Ke 6 senar tersebut memiliki nada yang berbeda dan menjadi dasar pembentukan kord atau kunci dalam memainkan gitar. Nada yang ada pada 6 senar gitar adalah : nada E tinggi pada senar 1 di paling bawah, nada B pada senar ke 2, nada G di senar ke 3, kemudian senar 4 nadanya D, senar 5 bernada A dan nada E rendah pada senar 6 paling atas.

Berikut ini beberapa kunci dasar bermain gitar sebagai perwujudan dari nada yang dihasilkan masing-masing senar: 

KUNCI C

Belajar gitar
Sumber foto : guitarchordsworld.com

KUNCI D

Belajar gitar
Sumber foto : guitarchordsworld.com

KUNCI E

Belajar gitar
Sumber foto : guitarchordsworld.com

KUNCI F

Belajar gitar
Sumber foto : guitarchordsworld.com

KUNCI G

Belajar gitar
Sumber foto : guitarchordsworld.com

KUNCI A

Belajar gitar
Sumber foto : guitarchordsworld.com

KUNCI B

Belajar gitar
Sumber foto : guitarchordsworld.com

Posisi penempatan jari sangat penting dalam memahami kunci atau kord gitar. Hal ini karena tiap kunci berbeda penempatan jarinya.

Kamu harus melatihnya dengan menghafal posisi jari pada tiap kunci. Pada setiap kunci rasakan ‘pegangannya’ dengan menekan-nekan ujung jari pada senar. Kemudian bunyikan gitar dengan satu gerakan kesemua senar dari atas ke bawah. Gunakan jari tangan yang lain untuk membunyikannya. Dengarkan dan rasakan suara yang keluar untuk mengenali nada yang berbunyi.

Tidak ada cara lain kecuali terus berlatih menghafal dan memainkan kunci gitar. Semakin lama berlatih dengan menggunakan perasaan, permainan kamu akan menghasilkan suara yang bersih. Perpindahan tangan antar kunci akan semakin rapih dan mulus.

Ketika mulai bermain gitar dengan mempelajari kunci-kunci gitar, jari-jari tangan akan terasa perih dan membengkak. Jangan patah semangat, tetap berlatih, semakin lama sakitnya hilang. Kamu akan mulai mendapatkan ‘feel’ atau rasa, pegangan dari setiap kunci gitar yang kamu latih.

2. Menyetem/Menyetel (Tuning) Senar

Satu hal penting dalam belajar memainkan gitar adalah menyetem senar gitar. Setelah ke 6 senar dipasang, tiap senar harus disetel agar menghasilkan nada standar E-A-D-G-B-E secara berurutan dari senar 6 paling atas sampai senar 1 di paling bawah.

Belajar gitar
Sumber foto : pinterest.se

Pemain gitar yang baik adalah yang bisa menyetem gitar sendiri. Hal ini melatih kepekaan telinga mendengar, memahami dan mengingat sebuah nada.

Cara yang harus kamu lakukan untuk menyetem gitar secara manual adalah: 

Pertama

Pertama di fret ke-5, tekanlah senar 6, tanpa menekan fret manapun, lalu sesuaikan nadanya dengan senar 5 yang dibunyikan.

Kedua

Masih di fret ke-5, tekanlah senar 5, tanpa menekan fret manapun, lalu sesuaikan nadanya dengan senar 4 yang dibunyikan.

Ketiga

Tetap di fret ke-5, tekanlah senar 4, tanpa menekan fret manapun, lalu sesuaikan nadanya dengan senar 3 yang dibunyikan.

Keempat

Pindah fret ke-4, tekanlah senar 3, tanpa menekan fret manapun, lalu sesuaikan nadanya dengan senar 2 yang dibunyikan.

Kelima

Kemudian di fret ke-5, tekanlah senar 2, tanpa menekan fret manapun, lalu sesuaikan nadanya dengan senar 1 yang dibunyikan.

Susah? Kalau begitu bisa menggunakan aplikasi menyetem otomatis yang ada di Playstore atau App Store. Tapi tetap saja kamu harus melatih kepekaan pendengaran untuk memahami dan mengingat sebuah nada.

Baca juga: 8 Unsur Musik Yang Perlu Diketahui

3. Memainkan Gitar 

Di awal tulisan dijelaskan bahwa belajar memainkan gitar sebenarnya ada tahapan yang cukup panjang. Dan hal itu merupakan pola ideal untuk mahir menjadi pemain gitar yang mumpuni. Ada beberapa cara atau teknik dalam memainkan gitar. Dan umumnya banyak referensi yang membahas tentang memetik gitar sebagai cara utama memainkan gitar. 

Dalam kesempatan ini kita mencoba melakukan cara mudah memainkan gitar secara cepat dan sederhana sebagai pemula. Yang kita lakukan adalah menggunakan cara menggenjreng seluruh senar atau bisa disebut juga Ritem (Rhythm). Menggenjreng artinya membunyikan seluruh senar dalam satu waktu menggunakan kunci atau kord tertentu. Cara ini cukup efektif dalam mengiringi atau membawakan sebuah lagu. Bukankah itu yang menjadi tujuan kamu untuk belajar gitar?

Belajar gitar
Sumber foto : unsplash.com

Saat sudah mulai mendapatkan rasa atau feel latihan menguasai kunci, coba lakukan variasi atau kombinasi dari beberapa kunci. Senandungkan nada sesuai kunci yang kamu mainkan. Mainkan kunci C-G-F  berurutan. Coba berulang kali untuk semakin mendapatkan rasanya. Coba lagi kombinasi D-G-A dan seterusnya. Jangan takut mencoba semua bunyi yang keluar dari kunci-kunci yang sudah kamu kuasai.

4. Memainkan Sebuah Lagu

Agar efektif belajar bermain gitar, kamu harus mulai memainkan sebuah lagu. Hasil mempelajari dan menguasai kunci gitar harus dipraktekkan dengan memainkan sebuah lagu. 

Pilih dan tentukan sebuah lagu yang kamu suka. Hafalkan termasuk syairnya, kemudian cari nadanya sesuai nada suara kamu. Latih menyanyikan lagu itu sampai lancar. Jangan berpindah memainkan lagu lain sampai benar-benar menguasai lagu tersebut. 

Belajar gitar
Sumber foto : unsplash.com

Saat memilih lagu pertama untuk belajar, cari lagu yang kunci atau kordnya mudah dan sederhana. Artinya yang bisa dimainkan menggunakan kunci-kunci dasar utama. Awali dengan bersenandung diiringi suara gitar. Samakan nada suara kamu dengan suara gitar.

Ada beberapa lagu yang cukup mudah dimainkan untuk belajar bermain gitar, antara lain: Anugrah Terindah Yang Pernah Kumiliki dari Sheila On 7, Demi Waktu nya Ungu, Yang Terdalam milik Peter Pan atau Waktu Yang Salah nya Fiersa Besari.

5. Tips Belajar Bermain Gitar

Belajar gitar
Sumber foto : unsplash.com

Di bawah ini beberapa tips atau cara untuk membantu kamu semakin mahir belajar bermain gitar:

Latihan dan Latihan

Jangan mudah menyerah. Latih terus kemampuan kamu. Jari-jari bengkak menekan senar karena berlatih menghafalkan kunci tidak seberapa. Suara fals tidak senada dengan suara gitar sudah biasa. Latihan terus.

Banyak Membaca

Cari dan pelajari semua referensi. Ada banyak materi belajar bermain gitar yang bisa diperoleh dari internet. Kamu bisa mencarinya di Youtube, cara bermain gitar atau bagaimana kord menyanyikan sebuah lagu. Kalau perlu beli panduan belajar bermain gitar di toko buku.

Eksplorasi Terus

Tidak gampang puas. Terus berlatih meningkatkan kemampuan. Satu lagu dikuasai, cari lagu lain dan pelajari sampai bisa. Kuasai cara dan teknik bermain gitar secara menyeluruh. Kamu harus tahu dan bisa memetik gitar dengan benar, tidak hanya memainkan ritem mengiringi sebuah lagu. Pemain gitar yang mumpuni juga harus mampu memainkan melodi gitar.

Jangan Malu Bertanya

Malu bertanya sesat di jalan. Bertanya pada teman-teman yang bisa bermain gitar. Bermain dan bergaul serta lihat cara mereka memainkan gitar. Kamu juga bisa bertanya melalui forum atau fanpage yang ada. Beberapa musisi terkenal dalam dan luar negeri memiliki semacam klinik untuk memfasilitasi hal ini.

Baca juga: Cara Membaca Not Balok Dengan Mudah

Kursus/Les Gitar

Jika memiliki uang lebih, sebaiknya kamu mengikuti kursus atau les gitar secara formal. Belajar secara mendalam teori dan praktek bermain gitar. Kamu akan belajar tidak hanya bagaimana bermain gitar tetapi juga membaca not balok, mengenal komposisi, aransemen dan hal lain yang akan membentuk kamu menjadi seorang pemain gitar yang hebat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Apa itu HPP (Harga Pokok Penjualan) dan Penjelasannya

Seorang praktisi bisnis perlu memahami apa itu HPP dan bagaimana cara menghitungnya. Ini akan memberikan keuntungan bagi pebisnis tersebut dalam mengatur sumber daya dan...

Mengenal Apa Itu Jurusan Sastra Indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan Pramoedya Ananta Toer, Buya Hamka, Sapardi Djoko Damono, Chairil Anwar, Kridalaksana, atau Gorys Keraf? Nama-nama tersebut tentunya sudah gak...

Mengenal Teori Motivasi dari Para Ahli Psikologi

Motivasi, sebuah kata yang tidak asing lagi di telinga kita. Secara sederhana, motivasi dapat diibaratkan sebagai dorongan, penggerak, pemicu, atau alasan yang dapat mengarahkan...

5 Langkah Praktis Cara Membuat Anggaran Bisnis

Cara membuat anggaran bisnis sering jarang diperhatikan para praktisi usaha. Apalagi ketika masih berupa usaha mikro atau bisnis kecil. Padahal, sebenarnya ini adalah fondasi...