Home Pengetahuan Bahaya Smartphone Yang Wajib Diketahui

Bahaya Smartphone Yang Wajib Diketahui

Di jaman perkembangan teknologi dan serba canggih sekarang ini tidak ada insan manusia yang tidak menggunakan handphone canggih dan berbasis smartphone meski banyak dari kita yang masih belum banyak mengetahui apa saja bahaya smartphone yang bisa menyebabkan dan berdampak pada kesehatan tubuh.

Kamu tidak bisa menganggap remeh akan hal ini karena mungkin saja bisa terjadi pada diri kamu jika tidak menjaga dengan baik atau waspada. Sudah banyak orang yang mengalami, tidak hanya orang dalam negeri karena para bule pun sudah banyak mengalami kasus yang serupa atau bahkan lebih parah dari ini.

Maka dari itu, kamu harus menjadi pengguna smartphone yang cerdas dan mengetahui sisi buruk apa saja yang mungkin terjadi. seperti kata pepatah, lebih baik menjaga daripada mengobati.  

Pada kehidupan setiap orang sekarang ini, peranan gadget sangatlah penting dan akan sangat sulit dipisahkan dari kehidupan manusia. Kebutuhan setiap orang sekarang ini baik itu besar maupun kecil akan dapat terpenuhi hanya dengan memanfaatkan manfaat dari gadget ini sendiri.

Sebagai contoh, saat hendak berbelanja produk fashion pun kamu tinggal langsung membuka aplikasi yang menjual berbagai macam kebutuhan para wanita atau pria. Selain produk fashion, jika kamu hendak membeli makanan siap saji apakah itu untuk sarapan atau makan siang juga bisa. Karena berbagai macam kecanggihan sudah dapat kamu akses hanya dengan smartphone di genggaman. Maka, tidak bisa dilarang secara tegas meski anak-anak di bawah umur sekarang pun sudah mulai banyak yang ingin memiliki gadget masing-masing.

Dampak Negatif Smartphone Terhadap Pribadi Manusia

Sumber: thewirecutter.com

Daripada terlambat sekaligus sebagai ilmu untuk mengetahui apa saja ketentuan maupun dampak dari smartphone yang mungkin menyerang sekaligus dapat kamu ajarkan pada anak-anak dalam pemakaiannya. Berikut ini bahaya smartphone yang mungkin bisa terjadi pada siapa saja, maka kamu bisa lebih waspada dan jaga-jaga:

  • Layar gadget dapar berpengaruh pada otak

Ternyata terpapar layar gadget yang terlalu lama dapat merusak otak dan mengalami gangguan tertentu. Hal ini akan berdampak juga bagi bagian tubuh lainnya. makanya jika kamu pihak yang memberikan saran agar mematikan paket atau data seluler saat hendak tidur pada malam hari hendaknya dilakukan.

Baca juga: 5 Tips memilih speaker portable idaman

  • Efek samping dan apa saja bahayanya

Jika berbicara tentang efek pasti ada dampak yang terlihat dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Untuk jangka pendek kamu akan mengalami gejala sulit tidur dan otak tidak mampu beristirahat dengan baik. Sedangkan untuk jangka panjang akan mengalami gejala penurunan fungsi otak.

  • Membuat kecanduan

Banyak sekali anak penerus bangsa sekarang ini lebih bahagia jika diberikan sebuah gadget meski kegiatan sosial di luar rumah sudah berkurang. Maka, boleh saja menggunakan smartphone namun harus lebih cerdas dalam mengatur waktu.

Tips Menghindari dan Mengurangi Risiko Smartphone

Sumber: kawista.id

Beberapa cara yang mungkin bisa kamu lakukan agar terhindari dari bahaya smartphone, beberapa diantaranya yakni:

  • Tidak menggunakan gadget berlebihan

Wajar saja kamu menggunakan smartphone ini dalam waktu yang sedikit lebih lama akan tetapi jangan sampai terlalu lama juga. kamu harus mengatur diri sendiri, bukan nafsu penggunaan smartphone ini yang akan mengatur waktu kamu.

  • Menjauhkan handphone dari tempat tidur       

Lebih baiknya lagi jika mematikan data selular dan juga handphone saat hendak beristirahat malam. Meski kerabat menelepon sekalipun kamu tidak akan terganggu dan dapat beristirahat dengan baik.

Baca juga: 7 Tips Memilih Rumah Sebagai Investasi Jangka Panjang

  • Minimalkan kebutuhan dan ketergantungan pada smartphone

Dari beberapa tips di atas harus diterapkan dan jalani selalu agar terhidar dari akibat buruk yang mungkin dampak dari bahaya smartphone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Apa itu HPP (Harga Pokok Penjualan) dan Penjelasannya

Seorang praktisi bisnis perlu memahami apa itu HPP dan bagaimana cara menghitungnya. Ini akan memberikan keuntungan bagi pebisnis tersebut dalam mengatur sumber daya dan...

Mengenal Apa Itu Jurusan Sastra Indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan Pramoedya Ananta Toer, Buya Hamka, Sapardi Djoko Damono, Chairil Anwar, Kridalaksana, atau Gorys Keraf? Nama-nama tersebut tentunya sudah gak...

Mengenal Teori Motivasi dari Para Ahli Psikologi

Motivasi, sebuah kata yang tidak asing lagi di telinga kita. Secara sederhana, motivasi dapat diibaratkan sebagai dorongan, penggerak, pemicu, atau alasan yang dapat mengarahkan...

5 Langkah Praktis Cara Membuat Anggaran Bisnis

Cara membuat anggaran bisnis sering jarang diperhatikan para praktisi usaha. Apalagi ketika masih berupa usaha mikro atau bisnis kecil. Padahal, sebenarnya ini adalah fondasi...