Home Pengetahuan 7 Aplikasi untuk Membuat Infografis

7 Aplikasi untuk Membuat Infografis

Saat ini infografis menjadi cara penyajian data yang banyak dibutuhkan dan merambah di berbagai bidang. Bukan hanya berkembang di bidang pemasaran saja, melainkan bidang lainnya seperti pendidikan, pemerintahan, pariwisata, seni budaya dan lainnya. Sebab dengan infografis, data yang kompleks bisa disajikan dengan singkat, padat, serta menarik.

Orang-orang yang bekerja di desain grafis adalah yang pihak yang bersentuhan langsung dengan proses terciptanya infografis. Sebab merekalah yang bertugas untuk mengolah informasi atau data yang ada menjadi bentuk sajian informasi yang mudah di cerna dan menarik. Termasuk memadukannya dengan gambar, motion (gerakan), animasi, sound effect, musik dan lainnya.

Berkut aplikasi yang bisa kamu plih untuk membuat infografis yang bagus dan menarik.

Canva

aplikasi membuat infografis
Sumber foto : www.tek.id

Canva adalah salah satu aplikasi populer yang banyak digunakan karena fungsi yang sangat melimpah. Tidak hanya berfungsi untuk membuat infografis. Canva juga bisa digunakan untuk membuat resume, undangan, poster, brosur, presentasi, dan lainnya.

Canva memiliki tool desain yang sederhana tapi canggih, sehingga bisa digunakan dari berbagai kalangan, mulai dari yang pemula hingga yang sudah profesional. Selain itu, Canva juga menyediakan ratusan template dan grafik yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan. Aplikasi ini gratis namun jika ingin menggunakan fitur lengkapnya harus menjadi pro-member.

Visme

aplikasi membuat infografis
Sumber foto : visme.co

Keunggulan aplikasi ini adalah mampu membuat infografis dengan cara yang singkat, yakni dengan 3 langkah saja. Diawali dengan quick start, pilih visual yang diinginkan dan terakhir edit hasil infografisnya.

Hal ini sangat cocok terutama bagi desainer yang waktunya terbatas, sebab untuk menghasilkan infografis yang bagus, hanya dibutuhkan waktu beberapa menit saja. Visme juga menyediakan fitur untuk memasukkan video dan audio. Selain itu Visme bisa diakses gratis dan berbayar.

Infogram

aplikasi membuat infografis
Sumber foto : skyose.com

Aplikasi ini menawarkan berbagai jenis grafik, chart dan peta serta mampu mendesain gambar dan video untuk menciptakan infografis yang menarik. Keunggulannya ialah adanya fitur desain otomatis, sehingga kamu tinggal memasukkan data selanjutnya aplikasi yang akan mengolahnya menjadi desain yang menarik. Aplikasi ini bisa diakses secara gratis dan berbayar.

Baca juga: 5 Cara Membuat Caption Instagram yang Menarik

Visualize.me

aplikasi membuat infografis
Sumber foto : www.fastcompany.com

Visualize juga merupakan salah satu aplikasi pembuat infografis. Aplikasi ini menyediakan berbagai template yang tak kalah menarik, tinggal dipilih sesuai dengan data yang kamu punya. Tools yang disediakan juga sederhana dan mudah digunakan. Salah satu keunggulannya adalah kamu bisa mengakses seluruh fitur tanpa dipungut biasa sepeser pun.

Piktochart

aplikasi membuat infografis
Sumber foto : piktochart.com

Piktochart berbagai format yang bisa dipilih sesuai ukuran infografis, ukuran presentasi, poster hingga laporan. Kamu bisa membuat desain infografis sejak awal atau menggunakan template. Aplikasi ini juga menyediakan tools yang mudah digunakan sehingga bisa dipakai oleh desainer pemula. Piktochart bisa diakses gratis dan juga berbayar untuk fitur lengkapnya.

Easel.ly

aplikasi membuat infografis
Sumber foto : www.youtube.com

Aplikasi ini menyediakan puluhan template yang mudah disesuaikan dengan infografis yang kamu inginkan. Selain itu kamu bisa mengakses perpustakaan elemen dan gambarmu sendiri yang dapat ditambahkan ke infografis yang dibuat. Istimewanya kamu bisa mendapat saran dari pengguna lain. Aplikasi ini juga dapat diakses secara gratis.

Venngage

aplikasi membuat infografis
Sumber foto : venngage.com

Aplikasi ini merupakan aplikasi sederhana dan mudah digunakan, tapi hasil yang tidak kalah menarik dengan aplikasi lainnya. Kamu bisa memilih berbagai template, tema, grafik, ikon, serta mengunggah gambar dan background. Kamu juga bisa melihat review hasil infografismu. Aplikasi ini bisa diakses secara gratis dan berbayar.

Baca juga: Jenis Infografis yang Perlu Kamu Ketahui

Dengan aplikasi-aplikasi di atas, Kamu yang masih pemula sekalipun bisa membuat infografis layaknya para profesional. Data yang Kamu punya bisa tersaji dengan lebih menarik deh!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Apa itu HPP (Harga Pokok Penjualan) dan Penjelasannya

Seorang praktisi bisnis perlu memahami apa itu HPP dan bagaimana cara menghitungnya. Ini akan memberikan keuntungan bagi pebisnis tersebut dalam mengatur sumber daya dan...

Mengenal Apa Itu Jurusan Sastra Indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan Pramoedya Ananta Toer, Buya Hamka, Sapardi Djoko Damono, Chairil Anwar, Kridalaksana, atau Gorys Keraf? Nama-nama tersebut tentunya sudah gak...

Mengenal Teori Motivasi dari Para Ahli Psikologi

Motivasi, sebuah kata yang tidak asing lagi di telinga kita. Secara sederhana, motivasi dapat diibaratkan sebagai dorongan, penggerak, pemicu, atau alasan yang dapat mengarahkan...

5 Langkah Praktis Cara Membuat Anggaran Bisnis

Cara membuat anggaran bisnis sering jarang diperhatikan para praktisi usaha. Apalagi ketika masih berupa usaha mikro atau bisnis kecil. Padahal, sebenarnya ini adalah fondasi...