Analisis Vektor Pada Gerak Parabola

Hallo Sobat Fisika! Apa kabar? Semoga kalian tetap dalam lindungan-Nya. Oh ya, kalian pernah mendengar apa itu gerak parabola? Eeiiits, bukan televisi parabola seperti yang ada di rumahmu ya, hehe. Gerak parabola disebut juga dengan gerak peluru yang merupakan perpaduan antara gerak lurus beraturan dengan gerak lurus berubah beraturan. Penasaran? Yuk, ikuti penjelasan berikut ya!

Pengertian Memadu Gerak

Apabila sebuah benda secara serentak dipengaruhi dua gerak lurus yang arahnya berlainan, hingga menghasilkan paduan gerak. Besar dan arah paduan ini menjadi berbeda dengan besar dan arah kedua gerak yang dipadukan.

Memadu Gerak
Sumber: Dokumentasi Penulis

Misalkan, sebuah perahu motor menyeberangi sungai dengan arah tegak lurus dengan arah arus sungai. Dalam hal ini, perahu serentak dipengaruhi oleh dua gerak, yaitu gerak dari motor pendorongnya yang searah sumbu y dan gerak arus air yang searah sumbu x. Ternyata hasil perpaduan dua gerak ini menyebabkan gerak perahu dalam arah OC dengan kecepatan v. Jadi, perahu tidak sampai di A melainkan di C.

Baca juga: Materi Gerak Lurus

Paduan Dua Gerak Lurus Beraturan

Apabila pada contoh gerak perahu di atas, gerak searah sumbu x dan gerak searah sumbu y sama-sama gerak lurus beraturan (perahu dan arus sungai kecepatannya tetap), maka dikatakan gerak dalam arah OC merupakan hasil perpaduan dua gerak lurus beraturan.

Paduan dua gerak lurus beraturan merupakan gerak lurus beraturan juga.

Paduan Gerak Lurus Beraturan dengan Gerak Lurus Berubah Beraturan

Apabila sebuah benda sekaligus dipengaruhi gerak lurus beraturan ke arah sumbu x dan gerak lurus berubah beraturan dengan percepatan a ke arah sumbu y tanpa kecepatan awal, maka paduan geraknya berupa gerak parabola.

Selanjutnya untuk menentukan harga kecepatan setelah t detik, kita menggunakan persamaan paduan dua vektor yaitu:

Paduan GLB dan GLBB
Sumber: Dokumentasi Penulis

Gerak Parabola

Bila sebuah peluru ditembakkan dengan sudut elevasi dan kecepatan awal maka peluru tersebut dapat dianggap mengalami dua gerakan sekaligus: pada arah vertikal (sumbu y) dan pada arah horizontal (sumbu x).

  • Gerak Searah Sumbu x

Gerak searah sumbu x berupa gerak lurus beraturan, sehingga berlaku persamaan:

Gerak Parabola Searah x
Sumber: Dokumentasi Penulis
  • Gerak Searah Sumbu y

Gerak searah sumbu y adalah gerak lurus berubah beraturan karena mendapat percepatan gravitasi bumi yang arahnya ke bawah.

Gerak Parabola Searah y
Sumber: Dokumentasi Penulis

Titik Tertinggi dan Titik Terjauh pada Gerak Parabola

Titik Tertinggi dan Terjauh Parabola
Sumber: Dokumentasi Penulis

Baca juga: Besaran, Satuan dan Pengukuran

Seperti itulah penjelasan terkait gerak parabola. Semoga penjelasan dari saya dapat dipahami dengan lebih mudah. Sampai bertemu di materi selanjutnya.


Sumber:

Asrofi. 2018. Buku Pintar Belajar Fisika Untuk Siswa SMA/ MA Kelas X.Sagufindo Kinarya

Artikel Terbaru

Riya

Riya

Saya seorang guru Fisika sekaligus tentor Fisika di Trenggalek. Saya lulusan Fisika dari Universitas Negeri Surabaya. Prinsip hidup saya adalah "sebaik-baik manusia adalah mereka yang bermanfaat bagi sesamanya". Oleh karena itu saya ingin menjadi pribadi yang bermanfaat salah satunya dengan membagikan ilmu saya dengan kalian semua. :)

Tulis Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *