Home Penghasilan Bisnis 5 Tahap Melakukan Analisis Data Perusahaan

5 Tahap Melakukan Analisis Data Perusahaan

Bagi sebagian besar perusahaan, kurangnya data bukanlah masalah. Faktanya, justru sebaliknya. Seringkali ada terlalu banyak informasi yang dibutuhkan untuk membuat keputusan yang jelas. Untuk itu data yang banyak dan detail sangat krusial bagi perusahaan. Namun, perusahaan membutuhkan lebih dari sekedar data. Perusahaan perlu menarik kesimpulan yang akurat dari data itu sekaligus membutuhkan data tersebut diproses untuk menginformasikan suatu hal yang dapat membantu proses pengambilan keputusan dalam perusahaan.

Singkatnya, perusahaan perlu melakukan analisis data. Analisis data digunakan dalam bisnis untuk membantu perusahaan membuat keputusan bisnis yang lebih baik. Baik itu riset pasar, riset produk, penentuan posisi, ulasan pelanggan, analisis sentimen, atau masalah lain di mana data ada, analisis data akan memberikan wawasan yang dibutuhkan organisasi untuk membuat pilihan yang tepat.

Lalu bagaimana proses analisis data perusahaan? Berikut merupakan 5 cara melakukan analisis data perusahaan:

Sumber: https://getthematic.com/

Tahap 1: Tentukan Pertanyaan Perusahaan

Dalam analisis data perusahaan, perusahaan harus mulai dengan pertanyaan yang tepat. Pertanyaan harus dapat diukur, jelas dan singkat. Rancang pertanyaan untuk memenuhi syarat atau mendiskualifikasi solusi potensial untuk masalah atau peluang spesifik perusahaan. Misalnya, mulai dengan masalah yang jelas: sebuah perusahaan logistik mengalami kenaikan biaya dan tidak lagi dapat mengajukan proposal kontrak yang kompetitif. Salah satu dari banyak pertanyaan untuk memecahkan masalah bisnis ini mungkin termasuk: Dapatkah perusahaan mengurangi stafnya tanpa mengurangi kualitas?

Tahap 2: Tetapkan Prioritas Pengukuran yang Jelas

Langkah ini dipecah menjadi dua sub-langkah: 1) Tentukan apa yang diukur, dan 2) Putuskan bagaimana mengukurnya.

  1. Putuskan Apa Yang Harus Diukur
    Dengan menggunakan contoh perusahaan logistik, pertimbangkan jenis data apa yang perusahaan perlukan untuk menjawab pertanyaan kunci tersebut. Dalam hal ini, perusahaan perlu mengetahui jumlah dan biaya staf saat ini dan persentase waktu yang mereka habiskan untuk fungsi bisnis yang diperlukan.
  2. Putuskan Cara Mengukurnya
    Memikirkan cara bagaimana perusahaan mengukur data sama pentingnya, terutama sebelum tahap pengumpulan data, karena proses pengukuran ini mencadangkan atau mendiskreditkan analisis akhir nantinya.

Baca juga: 5 Cara Membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) Sederhana Untuk Bisnis

Tahap 3: Mengumpulkan Data Perusahaan

Setelah semuanya telah ditetapkan, sekarang saatnya untuk mengumpulkan data perusahaan. Saat perusahaan mengumpulkan dan mengatur data tersebut, ingatlah untuk selalu mengingat poin-poin penting ini:

  • Sebelum perusahaan mengumpulkan data baru, tentukan informasi apa yang dapat dikumpulkan dari basis data atau sumber yang ada. Kumpulkan data ini terlebih dahulu.
  • Tentukan sistem penyimpanan dan penamaan file terlebih dahulu untuk membantu semua karyawan yang ditugaskan berkolaborasi. Proses ini menghemat waktu dan mencegah karyawan dari mengumpulkan informasi yang sama dua kali.
  • Jika perusahaan perlu mengumpulkan data melalui observasi atau wawancara, maka kembangkan templat wawancara terlebih dahulu untuk memastikan konsistensi dan menghemat waktu.
  • Pertahankan data yang dikumpulkan terorganisir dalam log dengan tanggal pengumpulan dan tambahkan catatan sumber apa pun saat menemukan data. Praktek ini memvalidasi kesimpulan yang akan diambil perusahaan.

Sumber: https://www.pngkey.com/

Tahap 4: Analisis Data Perusahaan

Setelah perusahaan mengumpulkan data yang tepat untuk menjawab pertanyaan dari tahap pertama, saatnya untuk analisis data yang lebih dalam. Mulailah dengan memanipulasi data yang ada dalam sejumlah cara berbeda, seperti merencanakannya dan menemukan korelasi atau dengan membuat tabel pivot di Excel. Tabel pivot memungkinkan perusahaan mengurutkan dan memfilter data berdasarkan variabel yang berbeda dan memungkinkan perusahaan menghitung rata-rata, maksimum, minimum, dan standar deviasi data.

Saat tahap ini alat dan perangkat analisis akan sangat membantu. Seperti Visio, Minitab dan Stata adalah semua paket software yang baik untuk analisis data statistik lanjutan. Namun, dalam kebanyakan kasus, tidak ada yang sebanding dengan Microsoft Excel dalam hal alat pengambilan keputusan.

Baca juga: Pentingnya Evaluasi Berkala Perusahaan

Tahap 5: Tafsirkan Hasil Analisis

Setelah menganalisis data Anda dan mungkin melakukan penelitian lebih lanjut, akhirnya saatnya untuk menafsirkan hasil Anda. Saat Anda menginterpretasikan analisis Anda, ingatlah bahwa Anda tidak pernah dapat membuktikan hipotesis yang benar: sebaliknya, Anda hanya bisa gagal menolak hipotesis tersebut. Artinya, tidak peduli berapa banyak data yang Anda kumpulkan, peluang selalu dapat mengganggu hasil Anda.


Sumber:
https://www.bigskyassociates.com/blog/bid/372186/The-Data-Analysis-Process-5-Steps-To-Better-Decision-Making
https://www.import.io/post/business-data-analysis-what-how-why/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Inilah 8 Cara Mudah Membuat Ringkasan

Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan ringkasan. Dalam setiap buku pelajaran, tentu ada ringkasan dari seluruh isi materi, sehingga pembaca sekilas akan tahu...

Cara Memasak dengan Teknik Ungkep

Ada banyak cara untuk memasak makanan. Lebih lagi bagi kamu yang benar-benar menyukai kegiatan masak memasak. Pasti akan lebih seru jika mencoba semua teknik...

Contoh Notulen Rapat beserta Pengertiannya

Rapat merupakan kegiatan rutin dimana-pun kita bekerja. Rapat sendiri umumya kita akan membahas berbagai hal seperti masalah-masalah yang sedang dihadapi, penyesuaian data-data yang masuk...

Mengenal Manajemen Risiko Bisnis

Semua risiko, bahkan di dalam bisnis sekalipun umumnya bersifat merugikan dan berdampak negatif. Meskipun begitu, bukan berarti risiko tidak dapat dihindarkan. Risiko dapat dikelola...