Home Seni & Musik 10 Contoh Alat Musik Harmonis

10 Contoh Alat Musik Harmonis

Alat musik ada berbagai macam. Sehingga klasifikasi alat musik diperlukan untuk memudahkan memahami informasi tentang sebuah alat musik. Salah satunya berdasarkan fungsi yang dimiliki dan terkandung di dalamnya.

Berdasarkan fungsinya alat musik terdiri dari alat musik ritmis, alat musik melodis dan alat musik harmonis. Alat musik harmonis semuanya adalah alat musik melodis. Akan tetapi tidak semua alat musik melodis merupakan alat musik harmonis.

Sekarang kita membahas khusus alat musik harmonis. Alat musik ini berfungsi menciptakan harmoni atau keselarasan bunyi yang dihasilkan. Alat musik ini mampu menghasilkan lebih dari 3 nada sekaligus untuk dimainkan.

Beberapa contoh alat musik harmonis antara lain adalah:

1. Angklung

Alat musik tradisional Indonesia terbuat dari bilah bambu yang disusun menyerupai pipa. Dimainkan dengan cara menggoyangkannya.

Alat musik harmonis
Sumber foto : blogkulo.com

Sebuah angklung menghasilkan 1 nada saja. Ada angklung yang mengeluarkan bunyi bernada do, kemudian angklung bernada re, bernada mi, fa sol la si do dan seterusnya. Sehingga seperangkat angklung yang lengkap terdiri dari banyak angklung sesuai dengan format tangga nada diatonis yang dimilikinya.

Dimainkan dengan menggoyangkan sekaligus beberapa angklung sesuai nada dan kebutuhan. Hal ini menghasilkan nada yang menjadi ciri harmonis dari sebuah alat musik.

2. Gitar

Alat musik paling populer yang multifungsi. Mampu menghasilkan melodi atau nada utama pembentuk musik. Berfungsi juga memainkan banyak nada dalam suatu waktu tertentu yang menjadi ciri utama alat musik harmonis.

Alat musik harmonis
Sumber foto : pixabay.com

Oleh karena itu dalam sebuah kelompok musik atau band, biasanya ada pemain gitar melodi atau lead guitar. Tugasnya memainkan nada-nada utama yang membentuk komposisi lagu. Selain itu ada pemain gitar pengiring atau rhythm guitar yang fungsinya tidak hanya memainkan ritem atau pengiring, tetapi sejatinya berperan menggubah harmoni sebagai penyelaras keseluruhan lagu.

3. Bonang

Alat musik tradisional Indonesia bagian dari perangkat gamelan. Terbuat dari logam kuningan, dimainkan dipukul menggunakan tongkat kayu atau stik.

Alat musik harmonis
Sumber foto : id.m.wikipedia.org

Terdiri dari seperangkat bonang yang disusun berjajar di lantai pada sebuah rak. Pemain bonang duduk bersila memegang 2 buah stik. Ujungnya dilapisi kain atau karet agar menghasilkan nada yang bulat saat memukul bonang. Pemain bonang yang dengan 2 buah stik memukul bersamaan menghasilkan lebih dari satu nada memberikan ciri fungsi harmonis.

4. Harpa

Adalah alat musik yang tak lekang oleh waktu walaupun keberadaannya sudah sangat lama berabad yang lalu. Berkembang di Eropa sebagai alat musik istana dengan bentuknya menyerupai segitiga dengan 22 hingga 47 dawai.

Alat musik harmonis
Sumber foto : pixabay.com

Ada 3 ukuran utama harpa yang mempengaruhi cara memainkannya. Harpa berukuran kecil dimainkan dengan dipangku seperti bermain gitar. Yang berukuran sedang dimainkan sambil duduk di lantai. Sedangkan yang berukuran besar pemainnya duduk di kursi menghadap ke papan suara harpa.

Cara memainkannya dipetik dengan kedua tangan. Alunan nada yang keluar saat dimainkan menghasilkan harmonisasi yang menjadi ciri sebuah alat musik harmonis.

5. Siter dan Celempung

Dua alat musik ini adalah alat musik petik tradisional Indonesia yang berasal dari Jawa. Keduanya menjadi bagian perangkat musik gamelan. 

Alat musik harmonis
Sumber foto : alatmusiksiter.wordpress.com

Siter dan Celempung terbuat dari kayu dengan masing-masing berdawai 11 dan 13. Celempung berukuran lebih besar dari Siter. Keunikan pemasangan dawainya adalah salah satu dawai disetel dengan nada pelog, sementara dawai yang lain disetel bernada slendro. Kemudian Celempung disetel bernada 1 oktaf lebih rendah dari Siter.

Kedua alat musik ini dimainkan bersamaan dengan tempo yang sama sebagai instrumen yang menghasilkan pola nada yang khas. Hal ini membuat kedua alat musik ini berfungsi harmonis.

6. Keyboard (Kibor)

Keyboard atau Kibor adalah alat musik modern yang bersifat elektronis. Dapat dimainkan menggunakan listrik. Alat musik sentuh ini juga memiliki fungsi sebagai alat musik harmonis.

Alat musik harmonis
Sumber foto : pixabay.com

Keyboard termasuk keluarga piano yang memiliki bentuk dan cara memainkannya hampir sama. Dengan kemampuan teknologi elektronik, keyboard menghasilkan berbagai macam bunyi dan suara. Keyboard dapat menghasilkan suara gitar, terompet, piano, drum dan banyak lagi.

Baca juga: 10 Contoh Alat Musik Ritmis

Keyboard mampu menjalankan semua fungsi alat musik dengan menghasilkan berbagai macam nada ketika dimainkan termasuk nada yang harmonis.

7. Rebab

Alat musik tradisional Indonesia ini dimainkan dengan digesek menggunakan busur. Terbuat dari kayu dan memiliki 1 hingga 3 dawai.

Alat musik harmonis
Sumber foto : commons.m.wikimedia.org

Rebab bagian dari perangkat musik gamelan. Dalam konstruksi musik gamelan, Rebab adalah instrumen penting yang mengelaborasi dan menghiasi melodi dasar. Suara yang dihasilkan tidak persis sama dengan skala nada alat musik gamelan lainnya. Dimainkan dengan memberikan kesan mengarahkan dengan nuansa improvisasi. Biasanya menjadi coda atau akhir sebuah frasa panjang alat musik lainnya. Sering kali juga dimainkan sebagai intro sebuah komposisi musik dalam suatu ensembel.

8. Saksofon (Saxophone)

Alat musik modern kategori alat musik tiup yang memiliki fungsi harmonis. Terbuat dari logam berbentuk corong yang melengkung. 

Alat musik harmonis
Sumber foto : pixabay.com

Memainkannya ditiup dan menekan tuts atau klep yang ada di badan saksofon dengan pernafasan yang bagus. Ada teknik-teknik pernafasan yang harus dikuasai oleh seorang pemain saksofon.

Saksofon adalah alat musik multifungsi. Sebagai pencipta melodi dengan kemampuan improvisasi, alat musik ini memiliki fungsi harmonisasi. Kita dapat mendengar dan perhatikan melalui banyak komposisi musik para musisi mancanegara, seperti Kenny G atau Dave Koz. Eksplorasi yang dilakukan kedua musisi dalam tiap nomor lagunya tidak melepaskan harmonisasi keseluruhan komposisi musiknya.

9. Sasando

Alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari pulau Rote di Nusa Tenggara Timur. Merupakan alat musik petik yang memiliki fungsi harmonis.

Alat musik harmonis
Sumber foto : id.m.wikipedia.org

Bentuknya unik dibuat dari bambu yang dipasang 28 hingga 58 dawai. Kemudian ditaruh dalam sebuah wadah anyaman daun lontar. Dimainkan dengan dipetik menggunakan kedua jari tangan, sekaligus pada 2 atau 3 dawai bersamaan. 

Hal ini yang menjadi ciri sebuah alat musik harmonis, yaitu mampu menghasilkan banyak nada dalam suatu waktu yang sama.

Baca juga: 10 Contoh Alat Musik Melodis

10. Biola

Salah satu alat musik populer yang memiliki fungsi harmonis. Alat musik gesek ini hanya memiliki 4 dawai yang bernada G-D-A-E. Namun nada yang bisa dihasilkan jika dimainkan sangat tidak terbatas. Yang membatasi hanyalah kemampuan pemain biola itu sendiri.

Alat musik harmonis
Sumber foto : pixabay.com

Biola dimainkan menggunakan kepekaan perasaan untuk menghasilkan nada indah dan enak di dengar. Selain digesek menggunakan busur dengan salah satu tangan, dawai biola perlu disentuh atau ditekan menggunakan tangan yang lain. Kombinasi gesek dan tekan dipadukan dengan unsur perasaan inilah yang menghasilkan nada indah nan harmonis dari alat musik ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Apa itu HPP (Harga Pokok Penjualan) dan Penjelasannya

Seorang praktisi bisnis perlu memahami apa itu HPP dan bagaimana cara menghitungnya. Ini akan memberikan keuntungan bagi pebisnis tersebut dalam mengatur sumber daya dan...

Mengenal Apa Itu Jurusan Sastra Indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan Pramoedya Ananta Toer, Buya Hamka, Sapardi Djoko Damono, Chairil Anwar, Kridalaksana, atau Gorys Keraf? Nama-nama tersebut tentunya sudah gak...

Mengenal Teori Motivasi dari Para Ahli Psikologi

Motivasi, sebuah kata yang tidak asing lagi di telinga kita. Secara sederhana, motivasi dapat diibaratkan sebagai dorongan, penggerak, pemicu, atau alasan yang dapat mengarahkan...

5 Langkah Praktis Cara Membuat Anggaran Bisnis

Cara membuat anggaran bisnis sering jarang diperhatikan para praktisi usaha. Apalagi ketika masih berupa usaha mikro atau bisnis kecil. Padahal, sebenarnya ini adalah fondasi...