Home Komunikasi 9 Elemen Jurnalistik Yang Wajib Kamu Ketahui

9 Elemen Jurnalistik Yang Wajib Kamu Ketahui

Di dunia jurnalistik terdapat banyak hal yang harus diketahui oleh seorang jurnalis. Ini diberlakukan dalam menghasilkan sebuah berita dimana kamu harus menggali berita tersebut berdasarkan sumber yang faktual. Begitu pula halnya dengan lingkup besar jurnalistik itu sendiri.

Pernahkah kamu mendengar nama Tom Rosentiel dan Bill Kovach?

Seorang jurnalis seperti kamu tentu sudah mengenal dengan baik siapa mereka dan bagaimana peran mereka terhadap perkembangan dunia jurnalistik.

The Elements of Journalism menjadi pondasi dunia jurnalistik hingga lahirlah riset Committee of Concerned Journalist. Riset tersebut menghasilkan Sembilan elemen jurnalistik di antaranya adalah sebagai berikut.

Kebenaran
Source: theologicaljon.files.wordpress.com

1. Kebenaran

Kamu sebagai jurnalis diharapkan mampu menyampaikan kebenaran untuk setiap berita yang dihasilkan. Jangan sampai demi menaikkan rating berita, kamu menyingkirkan hal ini hingga berujung menjadi sebuah fitnah. Sampaikanlah segala sesuatu dengan memaparkan apa yang terjadi di lapangan secara utuh dan detail.

2. Loyalitas

Mengingat tugas seorang jurnalis itu identik dengan “menyampaikan”, tidak dibenarkan jika seorang jurnalis berpihak kepada kubu tertentu. Sekalipun kamu dinaungi oleh media, kamu harus memegang komitmen bahwa kepercayaan masyarakat adalah bagian dari tugasmu. Kamu di sini berperan untuk menjembatani masyarakat dalam mengungkapkan aspirasi mereka.

Disiplin
Sumber: sloanluckie.com

3. Disiplin

Untuk hal ini, disiplin dikhususkan dalam bentuk verifikasi. Kamu harus cermat dalam melakukan verifikasi setiap sumber berita yang masuk. Ini bisa dilakukan dengan wawancara untuk menyaring informasi bermakna ganda dan belum jelas ujung pangkalnya. Melakukan verifikasi juga berguna untuk menghindari berita hoax, fitnah, makar, dan berita-berita bernada negative lainnya.

Baca juga: 5 Tips Menulis Berita yang Baik dan Benar

4. Independen

Jika kamu mendengar kata independen, mungkin kamu menganggap bahwa kata ini memiliki makna kemandirian. Ya, benar saja bahwa seorang jurnalis tidak boleh bergantung pada siapapun untuk hal menuangkan pikirannya dalam bentuk tulisan. Poin ini juga berkaitan dengan poin loyalitas.

Tanggung jawab
Sumber: fluloyal.com

5. Bertanggung Jawab

Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagai jurnalis, kamu dianggap seperti penyambung lidah masyarakat. Sehingga, apapun yang terjadi di lapangan kamu harus menyampaikannya dengan lugas dan tegas. Jangan pernah ragu untuk tidak berpihak kepada siapapun karena ini adalah masalah prinsip seorang jurnalis yang identik dengan pengabdian masyarakat.

6. Wadah Aspirasi

Sebagai seorang jurnalis kamu harus menyiapkan ruang bagi masyarakat untuk menyampaikan segenap aspirasi mereka. Untuk setiap masalah yang terjadi, masyarakat pasti memiliki uneg-uneg dan kamu diharapkan mampu mengajarkan mereka berfikir kritis.

Relevan
Sumber: jefrylie.com

7. Relevan

Setiap berita yang disampaikan harus memiliki struktur yang baik, bahkan menyisipkan langkah demi langkah bagaimana peristiwa tersebut bisa terjadi. Inilah yang mejadi tugas kamu sebenarnya sebagai seorang jurnalis. Sampaikanlah sebuah berita lengkap dengan pertanyaan 5W + 1H. Kamu juga disarankan untuk menguasai story telling dengan tujuan agar “kemasan” berita terhimpun dengan rapi.

8. Proporsional dan Komprehensif

Ibarat jenis makanan yang kamu makan sehari-hari, kamu pasti lebih banyak memilih makanan apa yang kamu sukai. Padahal makanan dalam jumlah yang pas dan proporsional nilai gizinya adalah sajian makanan yang terbaik.

Begitu juga dengan berita yang akan disampaikan kepada khalayak ramai. Jangan sampai demi mengejar sensasionalnya sebuah berita, kamu menghilangkan nilai-nilai informatif yang seharusnya terkandung dalam berita tersebut. Cerdaslah dalam mengemas fakta sehingga berita tersebut bisa bersifat komprehensif dan sesuai dengan tingkatan pembacanya.

Tulus
Source: paxtandon.com

9. Bekerja dengan Hati

Poin ini adalah poin yang paling penting dari poin-poin sebelumnya. Meskipun kamu harus berkutat di dunia jurnalistik demi uang, kamu tidak boleh melepaskan hal yang satu ini. Banyak kasus di lapangan yang ditemukan bahwa uang bisa membeli kebenaran yang sebenarnya diketahui seorang jurnalis.

Apakah ini legal?

Legal atau tidaknya ini sangat bergantung dengan prinsip masing-masing. Intinya, kamu disarankan untuk bekerjalah dengan hati agar setiap berita yang dihasikan memilliki esensi tersendiri. Kamu juga tidak begitu “kewalahan” jika berbesar hati menjalani pekerjaan yang mulia ini.

Baca juga: Kode Etik Jurnalistik

Nah, itulah sembilan elemen jurnalistik yang harus kamu pedomani ketika bertugas. Meskipun tidak segampang ulasannya, kamu bisa memulai secara perlahan tugas apa saja yang semestinya kamu kerjakan sebagai seorang jurnalis. Selamat bertugas dan sampaikanlah kebenaran!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

10 Suku di Maluku Serta Penjelasannya

Maluku adalah provinsi yang meliputi bagian selatan Kepulauan Maluku. Alam Maluku masih sangat indah, banyak objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Seperti pantai,...

10 Contoh Cerpen Cinta Dengan Berbagai Pesan

Cerpen cinta memiliki tema yang sering diangkat dalam dunia kepenulisan. Cerpen cinta biasanya mengungkapkan perasaan, cinta, kasih sayang, dan juga penderitaan yang telah dialami. Berikut...

13 Suku di Pulau Sulawesi Serta Penjelasannya

Sulawesi menjadi pulau besar di Indonesia yang bentuknya begitu unik. Seolah seperti huruf "K", dan di dekatnya bertebaran pulau - pulau kecil. Selain keunikan...

12 Suku di Pulau Kalimantan Serta Penjelasannya

Kalimantan salah satu pulau terbesar yang ada di Indonesia. Sebagian wilayahnya juga ditempati oleh negara lain, yaitu Malaysia dan Brunei Darussalam. Yang mana kedua...

Mengenal Apa Itu Jurusan Ilmu Sejarah

“Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah!” Kalimat ini pasti sering kamu dengar di berbagai media kan? Yup, kalimat ini adalah ucapan Presiden Soekarno pada pidato kepresidenan pada...