Home Pengetahuan 8 Tips Membeli Laptop Yang Murah dan Tahan Lama

8 Tips Membeli Laptop Yang Murah dan Tahan Lama

Laptop sekarang ini banyak dibutuhkan oleh kalangan remaja, mahasiswa, maupun pekerja kantoran. Selain berfungsi untuk akses internet. Laptop juga bisa digunakan untuk bermain game, mengerjakan tugas kantor, atau fungsi lainnya. Jika ingin mendapatkan laptop yang murah, tahan lama, dan berkualitas, ada baiknya kamu menyimak tips membeli laptop berikut.

1. Lihat Ketahanan Laptop Dari Derajat Engselnya

Derajat Engselnya
Sumber: inilah.com

Sekarang ini ada banyak jenis laptop yang diproduksi oleh beragam vendor, namun demikian tidak semua laptop memiliki tingkat ketahanan yang sama. Jika ingin membeli laptop, akan lebih baik jika memperhatikan derajat engselnya. Model laptop dengan derajat engsel 3600 akan selalu tertutup rapat saat dikatupkan. Hal tersebut membuat laptop memiliki ketahanan yang cukup baik saat tidak sengaja terjatuh.

2. Perhatikan Tingkat Kenyamanan Keyboard

Kenyamanan Keyboard
Sumber: grid.id

Setiap laptop umumnya memiliki model keyboard masing-masing. Model keyboard tersebut akan berhubungan dengan ketahanan tombol pada saat ditekan dengan kecepatan dan kekuatan tertentu. Apabila ingin memiliki laptop yang bertahan lama, perhatikan terlebih dahulu jarak antar tombol keyboard, lampu keyboard, dan model jarak tombol dari dasar struktur penahan.

Baca juga: 5 Tips Memilih Speaker Portable Idaman

3. Fitur Keamanan Yang Yersedia

Fitur Keamanan
Sumber: acerid.com

Dengan teknologi yang makin canggih, tidak mengherankan apabila sekarang ini ada banyak jenis laptop yang dilengkapi dengan fitur pengaman canggih. Apabila intensitas penggunaan laptop cukup tinggi dan ada banyak data penting yang dimasukkan kedalam laptop. Pastikan terlebih dahulu sistem keamanan yang disediakan. Salah satu fitur keamanan yang terbaru berhubungan dengan identifikasi wajah, sidik jari, serta iris pemilik laptop yang tidak memungkinkan orang lain untuk mengakses laptop tanpa seijin pemilik. Dengan akses keamanan yang berkualitas, beragam data yang dimiliki aman dari kegiatan cyber crime atau masalah penyalahgunaan lainnya.

4. Lihat Spesifikasi

Spesifikasi laptop
Sumber: lensawarga.com

Ketika ingin membeli laptop yang bermanfaat untuk jangka panjang, pastikan spesifikasi teknis yang dimiliki sangat berkualitas. Spesifikasi teknis ini berhubungan dengan processor CPU, GPU, RAM, hingga harddisk yang dimiliki oleh laptop. Semakin baik spesifikasi teknis yang dimiliki, laptop bisa digunakan untuk beragam aktivitas yang dimiliki.

5. Perhatikan Daya Tahan Baterai

Perhatikan Daya Tahan Baterai laptop
Sumber: pugam.com

Saat ingin mendapatkan kinerja maksimal sebuah laptop terlebih saat berada di area yang jauh dari sumber listrik, pastikan daya tahan baterai laptop yang akan dibeli. Umumnya laptop memiliki baterai yang tahan 6-8 jam untuk beragam aktivitas. Lama waktu baterai ini juga bisa lebih lama tergantung pemakaian.

6. Spek Portabilitas

Spek Portabilitas laptop
Sumber: gudanggaming.com

 

Jika ingin mendapatkan laptop murah dengan ketahanan cukup baik, lihat dan pastikan aspek portabilitasnya. Aspek ini umumnya berhubungan dengan ukuran dan berat laptop. Dengan ukuran dan berat yang ringan, kamu tidak akan merasa kesulitan saat membawa laptop dalam perjalanan jauh dan kemungkinan untuk rusak karena pemakaian minim.

7. Coba dan Lihat Demo Produk

Demo Produk
Sumber: beritadewata.com

Ketika ingin membeli laptop, tidak ada salahnya melihat katalog, demo produk, dan langsung mencobanya. Dengan langsung mencoba produk, kamu tahu kelebihan dan kekurangan laptop yang akan dibeli.

Baca juga: 7 Tips Memilih Rumah Sebagai Investasi Jangka Panjang

8. Kualitas Layar

Kualitas Layar
Sumber: idntimes.com

Umumnya laptop yang dibeli oleh seorang konsumen agar mudah dibawa kemanapun memiliki layar yang berukuran 14 inch. Kualitas layar tersebut juga bisa menjadi dasar pertimbangan pada saat membeli produk. Dengan mengetahui kualitas layar laptop yang akan dibeli, kamu paham betul kualitas tampilan semua pekerjaan yang simpan didalam laptop. Selain aspek diatas, masih banyak tips membeli laptop yang bisa kamu perhatikan, seperti garansi, layanan purna jual, jenis konektivitas yang dimiliki, dan aspek lain yang setidaknya bisa membantu menentukan mana jenis laptop yang sesuai kebutuhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Apa itu HPP (Harga Pokok Penjualan) dan Penjelasannya

Seorang praktisi bisnis perlu memahami apa itu HPP dan bagaimana cara menghitungnya. Ini akan memberikan keuntungan bagi pebisnis tersebut dalam mengatur sumber daya dan...

Mengenal Apa Itu Jurusan Sastra Indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan Pramoedya Ananta Toer, Buya Hamka, Sapardi Djoko Damono, Chairil Anwar, Kridalaksana, atau Gorys Keraf? Nama-nama tersebut tentunya sudah gak...

Mengenal Teori Motivasi dari Para Ahli Psikologi

Motivasi, sebuah kata yang tidak asing lagi di telinga kita. Secara sederhana, motivasi dapat diibaratkan sebagai dorongan, penggerak, pemicu, atau alasan yang dapat mengarahkan...

5 Langkah Praktis Cara Membuat Anggaran Bisnis

Cara membuat anggaran bisnis sering jarang diperhatikan para praktisi usaha. Apalagi ketika masih berupa usaha mikro atau bisnis kecil. Padahal, sebenarnya ini adalah fondasi...