Home Soft Skills 8 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri yang Mudah

8 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri yang Mudah

Di dunia ini, ada tipe orang introvert, extrovert, serta ambivert. Dimana ada tipe orang pemalu, pemberani, atau gabungan dari keduanya. Tidak masalah untuk menjadi tipe yang mana. Namun terkadang, keadaan mengharuskan kamu untuk menjadi pribadi yang di luar kebiasaanmu, dimana kamu harus menghadapi keadaan dengan diri sendiri.

Untuk menghadapi keadaan dengan diri sendiri, kamu memerlukan rasa percaya diri. Memupuk rasa percaya diri bukan hal yang mudah bagi sebagian orang, terutama bagi mereka yang sering merasa minder. Biasanya, orang yang tidak memiliki rasa percaya diri memiliki trauma di masa lalu. Misalnya pernah di-bully, dilecehkan, perceraian, orang tua yang tidak harmonis, dipandang rendah, kehidupan keluarga, atau alasan lainnya.

Padahal, memiliki rasa percaya diri ini sangat penting. Dimana untuk menghadapi hidup, kamu akan bertemu dengan orang – orang baru. Jika kamu tidak memiliki rasa percaya diri, kamu tidak akan pernah maju, kamu akan menganggap dunia bukanlah tempat yang nyaman untuk ditinggali.

Tapi jangan khawatir, untuk kamu yang gampang minder, ada tips supaya kamu bisa meningkatkan rasa percaya dirimu. Di bawah ini, terdapat beberapa cara meningkatkan rasa percaya diri. Yuk, simak artikel di bawah ini!

Berpikir Positif

Positive Thinking
Sumber: streamline-surgical.com

Kunci mengapa kamu kurang percaya diri adalah selalu berpikir negatif. Ubahlah pemikiran itu, mulailah untuk selalu berpikir positif. Tidak perlu terlalu memperdulikan komentar orang lain, karena tidak semua komentar orang lain baik untukmu. Bahkan, beberapa justru memberikan komentar untuk menjebak dan menjatuhkanmu.

Pikirkanlah apa yang terbaik untukmu, lakukanlah hal yang positif. Kamu bisa memulai dengan bergaul bersama orang – orang yang mendukungmu. Mereka akan memberikan semangat dan dukungan serta pengaruh positif untukmu.

Tunjukkan Kelebihanmu dan Berhenti Membandingkan dengan Orang Lain

Jangan Bandingkan Diri dengan Orang Lain
Sumber: quotefancy.com

Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kelemahan masing – masing. Tunjukkan kelebihanmu, kamu tentu memiliki kelebihan yang tidak dimiliki orang lain. Kamu istimewa, kamu memiliki kemampuan. Misalnya kamu bisa di suatu hal, fokuskan pada hal tersebut untuk menjadi kelebihanmu.

Kelemahan yang kamu miliki, jangan dibiarkan saja. Cari kelemahan yang ada pada dirimu, lawan kelemahan itu. Jangan sampai kamu merasa minder hanya karena kelemahan yang ada pada dirimu. Justru, dengan kamu memperbaiki kelemahan itu, kamu bisa memperbaiki diri.

Yang terpenting, jangan membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Fokuskanlah pada dirimu sendiri. Setiap orang memiliki kehidupan sendiri – sendiri. Jika teman – temanmu sudah sukses sementara kamu belum, jangan iri dan jangan minder. Ingat, setiap orang memiliki fase kehidupan sendiri. Mungkin, memang teman – temanmu sudah mencapai fase kesuksesan. Namun, kamu masih diberi kesempatan untuk berjuang. Dan percayalah, tanamkan pikiran positif bahwa kamu pun akan meraih suksesmu sebentar lagi.

Perbaiki Penampilan

Perbaiki Penampilan
Sumber: shemagazinepk.com

Tidak dapat dipungkiri jika rasa percaya diri berhubungan dengan penampilan. Kamu tidak perlu mengenakan pakaian yang mahal, yang terpenting pakaian itu nyaman dan pantas dikenakan. Kamu juga dapat berekspresi melalui pakaian yang kamu kenakan. Misalnya, kamu menyukai seorang tokoh yang kamu jadikan role model, kamu bisa mengekspresikan penampilannya seperti dia. Hal itu akan menambah rasa percaya dirimu.

Baca juga: Pengertian Soft Skill

Selain pakaian, kamu juga harus memperbaiki tampilan diri. Kamu dapat merias diri dengan baik. Gunakan riasan yang menggambarkan dirimu, jangan terlalu berlebihan. Begitu juga untuk laki – laki, kamu juga harus merias diri. Tidak dengan make up tentunya, setidaknya kamu menjaga wajah supaya lebih bersih. Gunakan juga parfum dan deodoran, karena salah satu yang menyebabkan minder adalah adanya bau badan.

Perbaiki Pola Makan dan Berolahraga

Olahraga
Sumber: shape.com

Selain gaya berbusana, kamu juga harus memperbaiki pola makan dan berolahraga yang rutin. Terkadang, bentuk tubuh seringkali membuat tidak percaya diri, baik itu terlalu gemuk maupun terlalu kurus. Cara yang bisa kamu lakukan supaya percaya diri adalah dengan memperbaiki pola makan. Makanlah dengan teratur dan makan makanan yang bergizi. Selain itu, imbangilah dengan olahraga.

Mungkin tubuh ideal tidak segera kamu rasakan dampaknya, namun yang pasti kamu akan lebih sehat. Selain itu, kamu pun akan lebih bahagia dengan pola makan sehat dan berolahraga. Jika kamu rutin melakukannya, tubuh ideal tentu akan kamu dapatkan.

Perbaiki Postur Tubuh

Perbaiki Postur
Sumber: practicalpainmanagement.com

Tubuh bagus namun postur tubuh tidak bagus juga sangat mempengaruhi rasa percaya diri. Orang yang seringkali minder cenderung menyembunyikan diri ketika berada di keramaian. Postur tubuh pun mengikuti, dimana seringkali membungkuk dengan cara berjalan yang aneh.

Baca juga: 8 Cara Menjadi Pendengar yang Baik

Kamu harus mulai memperbaiki postur tubuhmu. Tegakkan tubuh, jalan dan duduk dengan tegak, jangan membungkuk. Arahkan pandangan ke depan, jangan menunduk. Serta jaga cara berjalanmu supaya terlihat lebih anggun atau gagah.

Perluas Pergaulan

Perluas Pergaulan
Sumber: newsletter.blogs.wesleyan.edu

Orang yang merasa kurang percaya diri biasanya adalah orang – orang yang sering menyendiri. Oleh karena itu, cobalah untuk bergaul. Perluas pertemanan. Cobalah untuk berkomunikasi dengan orang – orang terdekat. Ikutlah komunitas yang kamu sukai, misalnya kamu menyukai otomotif, seni, musik, atau lainnya, kamu bisa ikut komunitas tersebut.

Dengan mengikuti komunitas, teman dan pergaulanmu akan semakin luas. Dengan begitu, rasa percaya dirimu akan semakin tumbuh.

Perlakukan Orang Lain dengan Baik

Menyapa
Sumber: collinsdictionary.com

Kurang percaya diri biasanya membuatmu menjadi pribadi yang pendiam. Ubah hal tersebut, mulailah untuk bersosialisasi dengan orang lain. Jika kamu belum siap untuk berteman dengan mereka, kamu bisa mulai dengan memperlakukan mereka dengan baik. Misalnya menyapa orang – orang di sekitarmu. Dengan menjadi ramah, orang – orang pun akan ramah kepadamu. Dan lambat laun, kamu pun akan semakin mudah untuk bersosialisasi dengan mereka.

Move on

Move on
Sumber: pinterest.se

Rasa percaya diri juga dapat terjadi ketika kamu belum bisa move on. Kamu merasa bersalah atas kejadian di masa lalu dan sulit melupakannya. Jika itu mengganggu dan membuatmu sulit untuk menjadi percaya diri, segeralah move on. Maafkanlah dirimu dan orang lain yang telah menyakitimu. Fokuskan dirimu pada hal – hal yang kamu sukai. Jangan memfokuskan diri pada hal yang membuatmu stres. Kamu masih memiliki masa depan, jadi jangan sia – siakan masa mudamu karena rasa kurang percaya diri.

Baca juga: 10 Cara Membentuk Karakter Diri

Rasa percaya diri tidak datang dengan sendirinya, juga bukan karena faktor keturunan. Semua ada pada diri kamu sendiri, mulailah untuk menumbuhkan rasa percaya diri. Kamu bisa mulai dengan 8 cara meningkatkan rasa percaya diri di atas. Semoga berhasil!

Ratih
Ratih
Penggemar teh yang suka nulis dan jalan - jalan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Bagaimana Kontak dan Komunikasi Yang Baik Dengan Pembimbing

Mahasiswa yang ingin menyelesaikan masa studinya diwajibkan membuat laporan tertulis di akhir semester yang biasa disebut tugas akhir. Tugas akhir dapat dikategorikan sesuai jenjang...

Cara Membuat Kata Pengantar Skripsi

Skripsi adalah karya tulis yang dibuat dengan mengikuti prinsip-prinsip ilmiah yaitu berdasarkan data dan fakta. Dalam penulisan skripsi, terdapat beberapa aturan yang membedakannya dengan...

Yuk Ketahui 6 Macam Gaya Belajar

Gaya belajar adalah karakteristik tertentu yang dimiliki seseorang saat mempelajari dan memproses sebuah informasi. Tahukah kamu, selain memiliki kepribadian yang berbeda, setiap orang juga...

10 Gaya Kepemimpinan dan Pengaruhnya

Setiap pemimpin memiliki gaya kepemimpinannya sendiri. Gaya ini dapat diterapkan sesuai dengan kondisi dari organisasi. Tidak ada satu gaya kepemimpinan yang cocok diterapkan pada...

Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

Daftar isi menjadi hal yang penting, tidak hanya di dalam karya ilmiah tetapi juga karya fiksi. Menurut KBBI, daftar isi adalah lembar halaman yang...