Home Memasak 7 Food Plating yang Mudah Agar Makanan Lebih Menawan

7 Food Plating yang Mudah Agar Makanan Lebih Menawan

Untuk kamu pemilik bisnis kuliner atau chef di restoran, cafe, ataupun rumah makan, sudahkah kamu memberikan perhatian pada tampilan makananmu? Food plating atau seni penyajian makanan di atas piring perlu diberikan perhatian yang cukup besar dan detail. Sebab, bagi pengunjung, food plating ini menjadi pusat perhatian pertama lho!

Dengan tampilan makanan yang cantik, pengunjung juga akan merasa lebih puas karena mendapatkan feedback yang layak atas uang yang sudah dikeluarkan. Dan membuat mereka ingin kembali merasakan kenikmatan makananmu, lagi dan lagi! So, pastikan kamu melakukan food plating dengan baik di setiap piring yang kamu sajikan ya! Berikut 7 cara mudah melakukannya.

Gunakan piring putih

cara food plating
Sumber foto : www.lightspeedhq.com

Menurut Charlie Palmer, seorang chef restoran bernama ‘Charlie Palmer Steak’, latar belakang makanan yang berwarna putih dapat menonjolkan penampilan makanan. Dengan begitu akan terlihat tampilan yang kontras antara makanan dengan piring. Selain itu kamu juga akan lebih mudah mengkreasikan warna-warna bahan makanan yang akan dipadukan diatasnya.

Atur makanan hingga berjumlah ganjil

Menurut Rick Bayless, chef dari Frontera Grill di Chicago, penggunaan jumlah genap memaksa peletakan makanan disajikan simetris selain itu piring akan terlihat penuh. Dengan menggunakan jumlah ganjil, kamu dapat berkreasi dengan leluasa serta membuat tampilan yang lebih estetis dengan tetap menyisakan ruang kosong di piring.

Buatlah layerdengan setiap elemen makanan

cara food plating
Sumber foto : www.lightspeedhq.com

Membuat layer adalah menumpuk elemen-elemen makanan yang ada sehingga tercipta warna atau bentuk tertentu. Elemen-elemen tersebut akan membentuk penampilan makananmu menjadi indah. Tidak hanya indah, food layering juga dapat membuat setiap elemen makanan terkombinasi dalam satu gigitan. Sehingga, rasa makanan lebih kuat dan kaya rasa. Menarik bukan?!

Baca juga: Cara Menumis Bawang Putih Agar Tidak Gosong

Gunakan bahan dasar yang alami pada makanan

Ketika menyajikan nasi goreng, kamu dapat memberi irisan tomat atau timun segar. Selain menambah rasa dan penampilan, bahan-bahan tersebut juga mampu mengesankan makanan yang sehat dan segar lho!

Aturlah ketinggian makanan

cara food plating
Sumber foto : www.lightspeedhq.com

Ketinggian objek makanan pada piring bisa memberikan aksen pada titik-titik tertentu pada makanan. Untuk mengatur ketinggian kamu bisa menyeimbangkan bahan yang lebih tinggi dengan menyandarkan benda yang panjang di sisi yang lain. Sehingga makanan terlihat lebih seimbang dan cantik.

Sesuaikan komposisi elemen makanan

Ketika makanan utama sudah tersaji diatas piring, siapkan pelengkap hidangan dengan garnish (hiasan) atau saus. Garnishing dan saucing yang kamu lakukan pada makanan utama harus sesuai dengan komposisinya, jangan sampai sama atau bahkan lebih banyak dibandingkan makanan utamanya. Aturlah agar makanan utama tetap menjadi focal point, atau elemen yang paling menonjol.

cara food plating
Sumber foto : chefqtrainer.blogspot.com

Variasikan bentuk makanan

Elemen makanan juga dapat menggambarkan suatu objek tertentu. Misalnya, saucing yang dilakukan dapat membentuk gambar helai rambut wanita atau tomat yang dibentuk seperti bunga. Dengan begitu, tampilannya menjadi lebih menarik. Teknik pemotongan yang tepat bisa membuat elemen makanan utama berfungsi ganda yakni sebagai garnish juga.

Baca juga: Cara Membuat Sambal Agar Tidak Terlalu Pedas

Itulah tujuh cara yang bisa jadi panduan kamu untuk membuat food plating yang menarik. Tentunya dibutuhkan ketelitian, kesabaran dan kreativitas untuk menghasilkan tampilan makanan yang orisinal, cantik dan menggugah selera. Teruslah mencoba dan berlatih ya. Selamat berkreasi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Kalimat Persuasif: Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contoh

Kalau sebelumnya telah dibahas mengenai kalimat imperatif dan kalimat deklaratif, kini saatnya kamu menambah ilmu lagi tentang jenis-jenis kalimat berdasarkan isinya. Pembahasan selanjutnya, yaitu...

Kalimat Majemuk: Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contoh

Dulu saat masih duduk di bangku sekolah, pasti selalu ada materi tentang kalimat. Ada banyak materi tentang kalimat yang disampaikan oleh guru, salah satunya...

10 Suku di Bali dan Nusa Tenggara Serta Penjelasannya

Bali dan Nusa Tenggara adalah pulau kecil di Indonesia. Meski begitu, pulau - pulau ini menyimpan keindahan alam yang sangat memukau. Ditambah lagi keberagaman...

Kalimat Efektif dan Tidak Efektif: Pengertian, Ciri, dan Contoh

Membuat suatu tulisan bukanlah hal yang sulit. Semua orang bisa membuat tulisan mengenai hal-hal apa saja yang ingin dibahasnya. Tapi, sayangnya belum semua orang...

10 Suku di Maluku Serta Penjelasannya

Maluku adalah provinsi yang meliputi bagian selatan Kepulauan Maluku. Alam Maluku masih sangat indah, banyak objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Seperti pantai,...