Home Pengetahuan 5 Tips Menerapkan Pola Hidup Sehat

5 Tips Menerapkan Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat yang sekarang ini mulai banyak diterapkan ditengah masyarakat, sebenarnya bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Pola hidup yang benar akan menjauhkan dari penyakit berbahaya maupun permasalahan kesehatan lainnya. Jika ingin menerapkan pola hidup yang sehat dan mendapatkan umur panjang, cobalah untuk melakukan beragam kebiasaan berikut.

1. Konsumsi air putih

Sumber: medicalogy.com

Kamu harus tahu bahwa air putih merupakan cairan yang digunakan untuk melarutkan semua nutrisi yang masuk kedalam tubuh, menjaga cairan dalam tubuh tetap seimbang agar metabolisme sel berjalan lancar, dan pengencer darah yang mengangkut oksigen.

Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup, tubuh akan terasa lebih segar. Pada prakteknya, akan lebih baik jika kamu selalu mengkonsumsi air putih setidaknya 8 gelas per hari atau disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Minum air putih cukup juga menghindarkan dari beragam gejala yang mengurangi rasa percaya diri, seperti nafas berbau tidak sedap, bibir pecah-pecah, atau urin yang berwarna sangat pekat.

Baca juga: Cara Mengatasi Rasa Mual Tanpa Repot

2. Istirahat cukup

Sumber: hellosehat.com

Apapun kegiatan yang dilakukan setiap hari, usahakan untuk memiliki waktu istirahat cukup. Waktu istirahat ini juga perlu diatur agar sesuai dengan jam biologis tubuh. Tidur setidaknya 6-8 jam per hari agar tubuh kamu terhindar dari resiko penuaan dini. Agar kualitas tidur yang kamu miliki baik dan kamu terbangun dalam kondisi segar, ada baiknya melakukan hal-hal berikut:

  • Tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak menjelang waktu tidur, begitupula dengan konsumsi makanan ringan.
  • Merilekskan tubuh dengan memutar musik klasik atau memijat area kepala. Pada saat sirkulasi darah lancar dan tubuh terasa santai, kamu akan lebih mudah tertidur.
  • Membuat tubuh kamu nyaman dengan posisi tidur yang tepat dan menggunakan alas tidur yang rata. Dengan alas tidur yang tepat, tulang tidak akan terganggu dan kamu terhindar dari resiko insomnia.

3. Meditasi

Sumber: kompas.com

Belajar meditasi atau teknik pernafasan sangat penting untuk membantu menenangkan pikiran dan mengembalikan semangat untuk beraktivitas. ketika ingin memiliki tubuh yang sehat, jangan lupa untuk mengusahakan kegiatan meditasi setelah mandi setidaknya 20 menit. Meditasi yang benar akan membantu kamu merilekskan otot-otot tubuh yang mengalami penegangan dan mengembalikan kesehatan tubuh.

4. Olahraga teratur

Sumber: blogspot.com

Saat kamu ingin tubuh yang sehat dan terhindar dari beragam jenis penyakit, jangan lupa untuk berolahraga setidaknya 30 menit per hari. Kamu bisa melakukan beragam jenis olahraga ringan hingga berat dengan melihat kemampuan fisik. Jika merasa tidak punya cukup waktu untuk olahraga diluar rumah, kamu bisa mencoba olahraga yang hemat biaya, seperti naik turun anak tangga, planck, yoga, atau jenis olahraga lainnya.

Baca juga: Menjaga kesehatan dengan olahraga kekinian

5. Makan makanan sehat

Sumber: cloudinary.com

Saat ingin menjalankan pola hidup sehat yang benar, jangan lupa untuk mengkonsumsi beragam jenis makanan yang sehat dan bergizi. Perbanyak konsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin dan mineral untuk metabolisme tubuh. Pada prakteknya, saat memilih bahan makanan sehat dan mengolahnya, cobalah perhatikan beberapa hal, seperti:

  • Memastikan bahan makanan yang digunakan untuk beragam resep masakan bebas bahan aditif maupun pestisida.
  • Memastikan sayur dan buah yang dikonsumsi kaya antioksidan.
  • Meminnimalisir penggunaan minyak goreng yang tinggi kolesterol
  • Mencuci bahan makanan sampai bersih sebelum mengolahnya
  • Memahami takaran kalori yang bisa dikonsumsi per hari
  • Memastikan asupan yang masuk kedalam tubuh memenuhi aspek nutrisi untuk pembakaran energi yang cukup selama beraktivitas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Apa itu HPP (Harga Pokok Penjualan) dan Penjelasannya

Seorang praktisi bisnis perlu memahami apa itu HPP dan bagaimana cara menghitungnya. Ini akan memberikan keuntungan bagi pebisnis tersebut dalam mengatur sumber daya dan...

Mengenal Apa Itu Jurusan Sastra Indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan Pramoedya Ananta Toer, Buya Hamka, Sapardi Djoko Damono, Chairil Anwar, Kridalaksana, atau Gorys Keraf? Nama-nama tersebut tentunya sudah gak...

Mengenal Teori Motivasi dari Para Ahli Psikologi

Motivasi, sebuah kata yang tidak asing lagi di telinga kita. Secara sederhana, motivasi dapat diibaratkan sebagai dorongan, penggerak, pemicu, atau alasan yang dapat mengarahkan...

5 Langkah Praktis Cara Membuat Anggaran Bisnis

Cara membuat anggaran bisnis sering jarang diperhatikan para praktisi usaha. Apalagi ketika masih berupa usaha mikro atau bisnis kecil. Padahal, sebenarnya ini adalah fondasi...