Home Perkuliahan Dunia Kampus 4 Cara Menyimpan Data Skripsi Agar Tidak Hilang

4 Cara Menyimpan Data Skripsi Agar Tidak Hilang

Perlu diketahui cara menyimpan data skripsi yang benar agar tidak hilang. Diketahui bahwa skripsi merupakan data penting yang harus dijaga keamanannya bagi mahasiswa semester akhir yang sedang menanti sidang skripsi. Jangan sampai pada saat H, skripsi tersebut malah tidak dapat ditemukan keberadaannya. Berikut ini cara menyimpan data penting agar tidak hilang:

1. Perbanyak Ke Beberapa Bagian

Jika data yang akan kamu simpan merupakan data penting seperti data skripsi maka jangan sampai hanya menyimpan di satu tempat saja. Copy data tersebut sebanyak mungkin di beberapa bagian penyimpanan seperti partisi pada laptop agar jika kehilangan satu data di bagian penyimpanan laptop yang satu maka masih ada data lainnya di penyimpanan laptop lainnya. Karena laptop yang Kamu miliki mempunyai 3 partisi kan? Yaitu C yang digunakan untuk menyimpan system dan D serta E disediakan untuk menyimpan data.

Jika diperlukan lagi, perbanyak lagi penyimpanannya dalam komputer atau laptop lain yang kamu miliki, sehingga ketika laptop yang satunya hilang maka ada cadangan lain sebagai penyimpan data.

2. Copy Ke Dalam Penyimpanan External

Penyimpanan External
Sumber: blogspot.com

Penyimpanan data eksternal ialah penyimpanan data lainnya di luar komputer atau laptop. Yaitu media penyimpanan seperti flash disk, memory card, hard disk external dan lain sebagainya. Bukan hal yang salah melakukan jaga-jaga agar apa yang dikhawatirkan tidak terjadi. Maka simpanlah data penting semacam skripsi pada penyimpanan eksternal dan diperbanyak agar kemungkinan terjadi resiko bisa diperkecil.

Baca juga: 5 Tips Wawancara Kerja Agar Kamu Diterima

Dengan melakukan hal tersebut juga akan semakin mempermudah kinerja. Jadi saat kamu berpergian kemana saja cukup membawa flash disk, memory card, hard disk external saja tanpa harus memboyong laptop kamu juga. Sehingga kinerja bisa lebih maksimal.

3. Perbanyak Ke CD atau DVD

Ada kalanya, saat penyimpanan eksternal bisa tidak aman karena resiko terkena virus. Maka dari itu, agar data yang dimiliki aman dari bencana kehilangan akibat terkena virus maka perlu di simpan juga dalam CD atau DVD. Penyimpanan dalam CD atau DVD ini adalah dengan cara di burn agar virus tidak dapat masuk kedalam data yang telah disimpan pada media penyimpanan ini.

Setelah disimpan dalam CD atau DVD, maka gkamukan dan perbanyak lagi lalu simpan di tempat yang aman agar tidak hilang. Sebaiknya ditempat yang mudah diingat agar lebih mudah mencarinya sewaktu-waktu.

4. Masukkan Data Dalam Penyimpanan Online

Penyimpanan Online
Sumber: blogspot.com

Media penyimpanan data sekarang semakin canggih. Tidak cuma dengan offline, namun secara online pun bisa dilakukan. Sebut saja email yaitu media penyimpanan data milik google atau disebut juga google drive. Dalam google drive Kamu bisa menyimpan data secara maksimal dan juga tidak dipungut biaya sedikit pun.

Tentu akan lebih mudah, karena kamu tidak perlu khawatir data akan hilang saat laptop sedang rusak, flashdisk hilang atau pun alasan lain, cukup terkoneksi dengan internet maka data tersebut akan dapat ditemukan. Cara ini dianggap paling baik dari sebagian cara yang telah disebutkan sebelumnya. Tapi tidak salah jika semakin banyak data itu disimpan pada media lain maka akan semakin meminimalisir terjadinya kehilangan atau kerusakan data.

Baca juga: Bahaya Smartphone Yang Wajib Diketahui

Itulah tadi cara menyimpan data skripsi agar tidak hilang. Akan lebih bagus jika data penting disimpan dalam banyak media penyimpanan sebagai langkah awal apabila terjadi kehilangan, kerusakan atau lainnya yang dapat membahayakan data tersebut.

Selamat mengerjakan skripsi!

Sumber gambar: unjkita.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

5 Langkah Praktis Cara Membuat Anggaran Bisnis

Cara membuat anggaran bisnis sering jarang diperhatikan para praktisi usaha. Apalagi ketika masih berupa usaha mikro atau bisnis kecil. Padahal, sebenarnya ini adalah fondasi...

Yuk Ketahui Paradigma Penelitian Kualitatif

Masih banyak dari kita yang kurang mengerti apa itu paradigma. Di beberapa bahan bacaan tingkat lanjut dalam jurnal, dalam karya ilmiah tentu beberapa kali...

Mengenal Apa Itu Jurusan Biologi

Setelah lulus SMA ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi tapi masih bingung ke jurusan apa? Suka dengan dunia Biologi tapi ingin mengetahui gambaran kuliahnya seperti...

Mengenal Universitas Jenderal Soedirman

Memilih tempat untuk melanjutkan studi adalah sesuatu yang penting, apalagi untuk kamu yang saat ini merupakan siswa SMA yang sedang memilih perguruan tinggi untuk...