Home Teknologi Fotografi 11 Jenis Lensa Kamera

11 Jenis Lensa Kamera

Lensa merupakan salah satu unsur penting dalam fotografi. Bergantung pada medan, pemilihan lensa yang tepat akan mampu menghasilkan foto berkualitas. Berikut ini adalah 11 jenis lensa kamera yang perlu diketahui fotografer pemula dan profesional.

1. Lensa Kit

Umumnya, lensa kit dikenal sebagai lensa bawaan, artinya lensa yang sudah menempel saat kita baru membeli kamera. Biasanya lensa ini memiliki ukuran 18-55 mm, cocok untuk dipakai foto dengan angle lebar. Untuk fotografer pemula, mereka sudah bisa melakukan trial and error foto menggunakan lensa kit ini.

Lensa Kit
Sumber: tekno.kompas.com

2. Lensa Fixed/Prime

Tidak seperti lensa lain yang bisa diatur kedalaman gambarnya, lensa fixed memiliki nilai focal length dan aperture yang tetap. Terasa kurang fleksibel karena pengaturan fokus bukan dari putaran lensa, melainkan si fotografer sendiri yang harus maju mundur. Tapi, lensa fixed mampu menghasilkan gambar yang sangat tajam.

Lensa Fixed
Sumber: foto.co.id

3. Lensa Standar

Seperti namanya, lensa standar memiliki rentang panjang focal length medium, berkisar 40-60 mm, cocok digunakan untuk memotret keseharian dan landscape. Secara singkat, lensa ini menghasilkan lebar foto sesuai dengan lebar penglihatan manusia.

Lensa Standar
Sumber: studiomatamera.blogspot.com

4. Lensa Wide Angle

Lensa wide angle mampu menghasilkan gambar yang lebih lebar dibandingkan lensa standar, sangat cocok dalam fotografi landscape untuk skala general. Umumnya, lensa ini memiliki rentang panjang 17-40 mm.

Lensa Wide Angle
Sumber: foto.co.id

5. Lensa Wide Angle Zoom

Lensa wide angle zoom memiliki focal length berkisar 21-35 mm. Namun berbeda dengan lensa wide angle, peruntukan lensa ini kebanyakan dipakai untuk memotret interior dan arsitektur.

Lensa Wide Angle Zoom
Sumber: gaptek28.wordpress.com

6. Lensa Ultra Wide Angle

Lensa ultra wide angle biasa juga disebut sebagai lensa fish eye. Lensa ini sangat superior untuk urusan foto landscape, dimana panjang fokus tidak sampai 15 mm dan memiliki jarak pandang nyaris 180 derajat. Kita biasa melihat hasil potret lensa ini dalam foto gedung-gedung bertingkat dari atas.

Baca juga: Jenis Kamera yang Harus Diketahui

Lensa Ultra Wide Angle
Sumber: dpreview.com

7. Lensa Telephoto Zoom

Lensa telephoto zoom memiliki rentang focal length 75-300 mm, cocok untuk fotografer yang menyasar obyek jarak jauh, seperti satwa liar. Lensa ini juga cukup tajam setelah di-zoom, namun memiliki lingkup foto yang sempit.

Lensa Telephoto Zoom
Sumber: pakarkomunikasi.com

8. Lensa Long Focus

Lensa long focus berdimensi besar dan berat, sehingga hanya fotografer profesional yang memiliki lensa jenis ini. Lensa ini biasa kita lihat dipakai oleh fotografer sepakbola dan balap mobil yang memotret atlet dari kejauhan.

Lensa Long Focus
Sumber: infofotografi.com

9. Lensa Extreme Long Focus

Selangkah lebih tinggi, lensa extreme long focus mampu menjangkau obyek yang lebih jauh, dengan focal length yang mencapai 400 mm. Lensa ini biasa dipakai oleh fotografer wildlife yang hobi memotret hewan alam, seperti harimau dan gajah.

Lensa Extreme Long Focus
Sumber: adorama.com

10. Lensa Shift

Seperti namanya, lensa shift dapat digeser menyesuaikan dengan framing film. Lensa ini membuat kamera tetap sejajar dengan obyek, dan lensa bisa mengambil gambar yang diinginkan.

Lensa Shift
Sumber: plazakamera.com

 

11. Lensa Macro

Macro photography memiliki tempat tersendiri di kalangan fotografer, mengingat ini merupakan salah satu aliran foto terpopular. Lensa makro digunakan untuk memotret obyek dengan jarak sangat dekat. Hasil foto makro yang sering kita temukan adalah mata serangga.

Baca juga: Beragam Aliran Fotografi

Lensa Macro
Sumber: foto.co.id

Bagi seorang fotografer, mempelajari dan memahami lensa yang digunakan sangatlah berguna. Hal ini terjadi karena kualitas foto sangat ditentukan oleh pilihan lensa kita. Selamat berburu lensa dan foto!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Contoh Notulen Rapat beserta Pengertiannya

Rapat merupakan kegiatan rutin dimana-pun kita bekerja. Rapat sendiri umumya kita akan membahas berbagai hal seperti masalah-masalah yang sedang dihadapi, penyesuaian data-data yang masuk...

Mengenal Manajemen Risiko Bisnis

Semua risiko, bahkan di dalam bisnis sekalipun umumnya bersifat merugikan dan berdampak negatif. Meskipun begitu, bukan berarti risiko tidak dapat dihindarkan. Risiko dapat dikelola...

8 Teknik Berbicara Efektif Agar Mudah Dimengerti

Setiap orang yang hidup di dunia ini diberikan anugerah untuk dapat berbicara. Namun, tidak semua orang dapat berbicara dengan baik. Berbicara dengan baik artinya...

Contoh Surat Pengunduran Diri

Berbagai hal dapat terjadi di dalam lingkungan kerja. Bukan hanya berbagai hal yang menyenangkan dan baik, namun juga berbagai hal yang tidak menyenang -...